Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Strategi Manfaatkan WhatsApp Business untuk Tingkatkan Penjualan Selama Ramadan

        Strategi Manfaatkan WhatsApp Business untuk Tingkatkan Penjualan Selama Ramadan Kredit Foto: Merdeka
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Untuk menjaga agar bisnis tetap dapat berjalan lancar menjelang bulan Ramadan, para pelaku usaha perlu terus terhubung dengan para pelanggannya.

        WhatsApp dapat menjadi sarana bagi bisnis untuk dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara aman, andal, dan personal, terutama karena masyarakat Indonesia juga lebih menyenangi mengirimkan pesan melalui WhatsApp dibandingkan dengan email.

        Adapun Lima Strategi WhatsApp untuk Meningkatkan Penjualan dan Memastikan Bisnis Berjalan Lancar antara lain:

        Baca Juga: UMKM Wajib Catat! Tips Binis Online & Ide Jualan Ramadan ala Tokopedia

        1. Membangun pengalaman perpesanan yang menyenangkan bagi pelanggan

        "Bagi pelaku bisnis kecil di Indonesia, WhatsApp telah menjadi bagian penting dari aktivitas mereka sehari-hari. Mereka dapat menggunakan WhatsApp sebagai situs web dan konter toko virtual untuk menampilkan produk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan mendorong tingkat penjualan," tulis WhatsApp dalam artikelnya seperti dikutip pada Kamis (9/3/2023).

        Sebagai contoh, pelaku bisnis dapat memperbarui informasi jam kerja di profil bisnis pada aplikasi WhatsApp Business untuk memberitahukan bahwa bisnis tetap buka selama bulan Ramadan, terutama jika jam operasional berbeda dari biasanya, atau mengirimkan pesan untuk menyampaikan kepada pelanggan ketika sedang tidak bisa dihubungi atau sedang melaksanakan shalat.

        2. Membuat pelanggan merasa lebih terhubung dengan bisnis atau merek

        Mengirim pesan yang dipersonalisasi menciptakan koneksi dan meningkatkan relevansi pesan, mengarahkan pengguna menggunakan tombol (balasan cepat, list, call to action), dan menggunakan pesan produk dengan keranjang dan pilihan produk adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh berbagai bisnis untuk menciptakan pengalaman interaktif yang meningkatkan keterikatan dan kualitas.

        Jika Anda memiliki produk, penawaran, atau promosi khusus selama bulan Ramadan, ada baiknya menyorotnya di katalog agar pelanggan dapat dengan mudah menemukan apa yang ingin mereka beli.

        3. Menarik pelanggan baru

        Untuk usaha kecil, menemukan pelanggan baru adalah hal yang sangat penting. Setelah Anda berhasil menawarkan pengalaman yang berharga kepada pelanggan Anda, penting untuk mengarahkan lebih banyak orang untuk mengunjungi kanal WhatsApp Anda.

        Tambahkan kode QR ke etalase, situs web, kemasan produk, dna materi pemasaran Anda agar dapat dengan mudah dipindai dan ditautkan ke WhatsApp. Kode QR dapat ditemukan melalui pilihan Alat Bisnis --> Pintasan. Anda juga dapat dengan mudah berbagi kode QR dengan orang lain melalui aplikasi.

        4. Meningkatkan kunjungan dari media sosial

        Banyak pelaku bisnis kecil dan menengah yang kini hadir di Instagram dan Facebook. Menggunakan Alat Bantu Bisnis, Anda dapat menambahkan tombol WhatsApp ke akun Facebook atau Instagram sehingga ketika pelanggan mengklik tombol tersebut, percakapan di aplikasi WhatsApp bisnis akan segera dimulai.

        Hal ini akan memungkinkan pelanggan yang menjelajahi bisnis Anda di platform tersebut untuk memulai percakapan dengan Anda di WhatsApp, mengajukan pertanyaan, atau melakukan pemesanan dengan mudah. Untuk menemukan pelanggan baru, Anda bisa membuat iklan Facebook dan Instagram yang ketika diklik akan membuka percakapan WhatsApp. Iklan ini merupakan cara yang sangat efektif dan ampuh untuk menarik pelanggan baru dan memudahkan mereka untuk berkirim pesan dengan bisnis Anda.

        5. Pastikan bisnis tetap terorganisir dengan baik

        Sangat penting untuk menjaga bisnis dan percakapan tetap terorganisir di tengah potensi arus percakapan pelanggan baru selama bulan ramadan. Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan Koleksi katalog untuk mengelompokkan dan mengatur produk Anda ke dalam ketegori tertentu sehingga memudahkan pelanggan untuk menelusuri produk Anda.

        Untuk melacak percakapan, tandai percakapan tertentu dengan deskripo yang dapat disesuaikan untuk melacak hal-hal seperti pembayaran yang tertunda, pelanggan baru, dan lainnya, di mana label hanya dapat dilihat oleh Anda, bukan oleh pelanggan. Seiring dengan peningkatan jumlah pesanan, pelaku usaha dapat beralih dari aplikasi WhatsApp Business ke WhatsApp Business Platform yang lebih efektif untuk membantu berinteraksi dengan konsumen dalam skala yang lebih luas.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Tri Nurdianti
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: