Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Alasan WhatsApp Business API Bisa Mengurangi Beban Customer Service

Ini Alasan WhatsApp Business API Bisa Mengurangi Beban Customer Service Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

WhatsApp masih menjadi salah satu aplikasi yang paling populer untuk berkomunikasi. Oleh sebab itu, banyak bisnis atau perusahaan yang mengintegrasikan layanan pelanggan mereka dengan WhatsApp Business API.

Berbeda dengan WhatsApp Business biasa, WhatsApp Business API lebih ideal untuk perusahaan besar atau bisnis dengan beban customer service tinggi. Dengan berbagai fitur dan keunggulannya yang dapat meningkatkan kualitas layanan pelanggan yang lebih baik.

Keunggulan WhatsApp Business API untuk Layanan Pelanggan

Jatis Mobile hadir sebagai salah satu penyedia layanan WhatsApp Business API. Menawarkan solusi bagi bisnis yang ingin mengintegrasikan WhatsApp API untuk mengurangi beban customer service. Bagaimana cara kerjanya?

1. Chatbot

Salah satu keunggulan dari WhatsApp Business API adalah fitur chatbot yang dapat membalas pesan secara cepat. Anda dapat mengintegrasikan chatbot ini dengan alur percakapan yang disesuaikan kebutuhan.

Dengan fitur balas pesan otomatis, tidak perlu khawatir terjadi antrian percakapan dari pelanggan yang menghubungi Anda melalui WA. Chatbot WhatsApp dapat menjawab pertanyaan umum dari banyak percakapan secara real-time.

Tim support hanya perlu fokus pada pesan atau pertanyaan yang kompleks dari pelanggan. Memanfaatkan fitur chatbot, pengalaman pelanggan yang dihadirkan pun akan lebih baik. Fitur unggulan ini dapat menjadi solusi bagi bisnis dalam menyediakan layanan pelanggan 24/7.

2. Chat Panel

Pesan yang masuk melalui layanan pelanggan akan dibantu dijawab cepat oleh chatbot. Namun, tidak semua pertanyaan atau pesan tersebut dapat diberikan jawabannya dari chatbot sehingga tetap membutuhkan customer service agent.

Fitur chat panel melengkapi chatbot yang memungkinkan petugas CS mengambil alih percakapan dengan mudah. Percakapan dapat dilanjutkan dengan petugas manusia jika diperlukan sehingga pelanggan bisa mendapatkan jawaban yang mereka butuhkan.

3. Multi User

WhatsApp Business API memungkinkan satu akun WA diakses dan dikelola oleh lebih dari satu admin. Jika pesan yang masuk ke CS banyak, maka dapat dilayani oleh beberapa admin sekaligus secara real-time.

Hal ini sangat berguna untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan secara konsisten dan cepat. Menghindari keterlambatan dalam menjawab pesan pelanggan sehingga kualitas customer experience bisnis Anda menjadi lebih baik.

Dengan memberikan layanan pelanggan yang baik dapat membantu memperkuat loyalitas pelanggan. Optimalkan potensi tersebut dengan transformasi layanan pelanggan Anda menggunakan WhatsApp Business API yang mudah digunakan, dapat diintegrasikan, dan keamanan yang terjamin.

4. Assign Agent Role

WhatsApp Business API resmi memang lebih ditujukan untuk bisnis besar yang memiliki beban customer service tinggi. WA API ini memiliki fitur Assign Agent Role yang dapat mendistribusikan percakapan secara merata kepada agen customer service.

Bisnis akan lebih mudah dalam mengalokasikan tugas CS secara otomatis maupun manual kepada agen yang memiliki kapasitas untuk menjawab pesan pelanggan. Dengan memanfaatkan fitur ini, bisnis dapat menjaga efisiensi layanan pelanggan, menghindari antrian, dan memastikan respon pelanggan yang cepat.

5. Report

Integrasi dengan WhatsApp Business API dapat meringankan beban customer service melalui berbagai fitur unggulannya. Salah satu fitur WA API ini adalah report yang dapat memberikan kemudahan bisnis dalam memantau seluruh aktivitas pelanggan.

Anda dapat mengidentifikasi jika ada masalah dan mengetahui dengan cepat apabila ada pelanggan yang terabaikan. Membantu meningkatkan kualitas customer experience dengan memastikan semua pesan yang masuk dapat ditangani dengan cepat.

Manfaat Penggunaan Chatbot AI dengan Dukungan WhatsApp Business API

Integrasi chatbot AI dengan WhatsApp Business API yang disediakan oleh Jatis Mobile memberikan solusi komunikasi cerdas bagi bisnis di era digital.

Berbeda dengan chatbot konvensional, chatbot berbasis AI mampu memahami konteks dan memberikan respons yang lebih natural dan adaptif. Ini memungkinkan perusahaan untuk tetap responsif terhadap kebutuhan pelanggan, meski dalam volume interaksi yang tinggi.

Dengan memanfaatkan platform WhatsApp Business API dari Jatis Mobile, chatbot AI menghadirkan berbagai manfaat nyata bagi operasional bisnis, di antaranya:

  • Respon otomatis 24/7 tanpa campur tangan manusia
  • Mengurangi beban customer service dan meningkatkan efisiensi tim
  • Mempercepat waktu tanggapan, meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Meningkatkan akurasi dan relevansi jawaban berkat kemampuan memahami konteks
  • Dapat disesuaikan untuk berbagai skenario, seperti pemesanan, pelacakan, dan keluhan
  • Skalabilitas tinggi untuk menangani ribuan pelanggan secara bersamaan

Dengan pendekatan berbasis teknologi ini, bisnis tidak hanya mempercepat proses layanan, tetapi juga membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan melalui interaksi yang proaktif dan personal. Chatbot AI dari Jatis Mobile menjadikan WhatsApp bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga pusat layanan pelanggan yang efisien dan modern.

Saatnya meningkatkan bisnis dengan WhatsApp Business API dengan berbagai fitur yang menunjang layanan customer service. Jatis Mobile siap membantu Anda dalam mengintegrasikan WA Business API sesuai kebutuhan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: