Kisah Orang Terkaya: Chris Xu, Miliarder Fast Mode yang Kaya Raya Berkat Gen Z dan TikTok
Salah satu orang terkaya dunia, Chris Xu adalah pendiri perusahaan, Shein pada tahun 2012. Ia mengubahnya menjadi fenomena fast mode bersama Gen Z, menjual pakaian trendi di lebih dari 150 negara.
Didukung oleh Sequoia China, ini adalah salah satu aplikasi belanja terpopuler di dunia yang penggunanya menyukai harganya yang murah.
Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Alice Schwartz, Wanita Tertua dan Terkaya di Amerika
Perusahaan mengumpulkan uang dengan valuasi USD100 miliar (Rp1.509 triliun) pada paruh pertama tahun 2022. Di tahun itu pula, Shein membuka fasilitas distribusi AS pertamanya di Whitestown, Indiana. Shein membuka pusat distribusi pertamanya di wilayah Toronto pada November 2022.
Chris Xu lahir pada tahun 1984 di provinsi Shandong, China. Xu lulus dari Universitas Sains dan Teknologi Qingdao pada tahun 2007 dan pindah ke Nanjing untuk bekerja di perusahaan konsultan pemasaran terpadu, Nanjing Aodao Information Technology Co, pada tahun 2008, di mana dia berspesialisasi dalam SEO.
Setelah mempelajari tentang nilai komersial dari menjual barang-barang China ke pasar internasional dengan markup, dia keluar dari perusahaan dan mulai membangun toko ritel online untuk barang-barang murah dengan dua pendiri.
Saat itu, Xu menemukan bahwa gaun pengantin adalah salah satu produk yang paling banyak dicari di pasar internasional. Menurut berita QQ, begitu Xu menyadari bahwa satu-satunya hal yang menghentikan pelanggan internasional untuk membeli produk adalah konversi mata uang, dia 'menghilang' bersama seluruh tim SEO-nya.
Dengan menggunakan uang yang didapat dari menjual gaun pengantin, dia mulai fokus membangun SheInside, yang sekarang dikenal sebagai SHEIN.
Di bawah kepemimpinan Xu, Shein mulai mengembangkan rantai pasokannya sendiri, yang oleh analis teknologi dan pendiri Tech Buzz China Rui Ma disebut sebagai "pekerjaan kotor" yang diabaikan oleh pesaing lain yang kurang sukses.
Mereka mempekerjakan lulusan perguruan tinggi teknis untuk menjelajahi internet untuk desain populer. Itu juga membentuk tim desain internal, dan membeli pesaing Romwe, sebuah perusahaan e-commerce yang didirikan oleh Li dan pacarnya saat itu. Iklan dan produk Shein ada di mana-mana, membanjiri internet dan menjadi pengguna utama iklan yang didorong oleh influencer, selebritas, dan media sosial, terutama TikTok.
Tak aneh Forbes memproyeksikan Xu memiliki kekayaan USD10,5 miliar (Rp158 triliun).
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: