Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Sama dengan Piala Dunia U-20, Wayan Koster Bakal Kembali Tolak Israel di ANOC World Beach Games

        Sama dengan Piala Dunia U-20, Wayan Koster Bakal Kembali Tolak Israel di ANOC World Beach Games Kredit Foto: Antara/Wahyu Putro A
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Gubernur Bali, Wayan Koster tetap menolak kedatangan kontingen Israel, yang akan hadir di ANOC World Beach Games pada 5-12 Agustus 2023.

        Wayan Koster menyatakan bahwa dirinya tetap bersandar pada konstitusi yang masih berlaku di Indonesia.



        Selain itu, kata dia, dalam Permenlu No 3 Tahun 2009 melarang mengibarkan bendera dan lagu kebangsaan Israel sebagai satu entitas di Indonesia.

        Baca Juga: Usai Ganjar Kena 'Rujak' Piala Dunia U-20, Giliran Wayan Koster Dikuliti Habis Media Asing: Apakah Ambil Sikap Sama?

        "Jadi, saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang," tegasnya kepada media di Pura Besakih, Karang Anyar, Bali, Rabu (5/3).

        Konsistensi Wayan Koster untuk terus menolak Israel, dan mencampuradukan antara olahraga dengan politik belum berubah.

        Sebelumnya, dia menolak Timnas Israel berlaga di Piala Dunia U-20 di Pulau Dewata dengan berbagai alasan.



        Mulai dari takut trauma bom hingga membawa nama presiden pertama, Soekarno. Akibatnya, Federasi Asosiasi Sepakbola Internasional (FIFA) memutuskan Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang seharusnya berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023.



        Koster menilai kehadiran Timnas Israel, berpotensi mengancam keamanan di Bali. Oleh karena itu, dia menolak kedatangan Israel ke Indonesia, khususnya ke Bali.

        "Saya tidak mentoleransi potensi gangguan keamanan dan keselamatan masyarakat di Bali, yang lebih lanjut akan berdampak luas atas kerja keras semua pihak selama ini," lanjutnya.

        Koster juga menyebut kehadiran Israel akan menimbulkan pro dan kontra di Indonesia, khususnya terkait konflik dengan Palestina.

        Baca Juga: Piala Dunia U-20 Batal Berlangsung di Indonesia, Pendirian Wayan Koster Teguh Soal Israel: Prinsip Ini Dipegang Bung Karno!

        Dia mengangkat prinsip kemanusiaan sesuai amanat tokoh proklamasi Soekarno dalam menolak Timnas Israel. Menurut Koster, hal itu tidak bisa dipisahkan dari prinsip kemanusiaan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

        Bagikan Artikel: