Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Puncak Arus Balik Terjadi pada 24 April 2023 di Daop 2 Bandung

        Puncak Arus Balik Terjadi pada 24 April 2023 di Daop 2 Bandung Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Puncak arus balik di wilayah Kantor Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung diprediksi terjadi pada Senin, 24 April 2023, dengan jumlah pelanggan yang datang mencapai 17.718 pelanggan.

        Manager Humas Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono, mengatakan Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong menjadi dua stasiun dengan kedatangan terbanyak mencapai 8.732 dan 4.050 pelanggan KA Jarak Jauh. 

        Baca Juga: Jasa Marga: One Way Arus Balik Akan Mulai Dibuka Jam 14.00 WIB

        "Pantauan sementara, sebanyak 89.367 pelanggan KA Jarak Jauh akan tiba di kedua stasiun tersebut pada periode arus balik, 24 April - 2 Mei nanti," kata Mahendro kepada wartawan di Bandung, Senin (24/4/2023).

        Menghadapi arus balik, Daop 2 Bandung terus menyiagakan petugas posko untuk pelayanan dan pengamanan, baik dari internal maupun eksternal. Pelanggan juga tetap diimbau menjaga protokol kesehatan selama menunggu di stasiun dan selama di perjalanan. 

        Selain itu, Daop 2 Bandung juga mengimbau para pelanggan untuk dapat mengatur waktu dengan tidak datang terlalu awal ke stasiun keberangkatan. Hal ini untuk mengantisipasi kepadatan pelanggan di stasiun-stasiun keberangkatan. 

        Baca Juga: Puncak Arus Balik Lebaran 2023 Diprediksi Hari Ini, Pemerintah Himbau Kembali Mudik 26 April!

        "Pelanggan juga tetap diimbau untuk mengalokasikan waktu yang cukup agar jika terjadi kemacetan saat menuju stasiun, pelanggan tidak tertinggal keretanya," katanya.

        Sementara itu, satu hari setelah Lebaran (H+1), volume pelanggan yang menggunakan moda transportasi KA justru semakin meningkat dan mencapai puncaknya. 

        Mahendro mengatakan, dari pantauan sementara data penjualan tiket, ada 17.934 pelanggan KA Jarak Jauh yang akan berangkat dari seluruh stasiun wilayah Daop 2 Bandung pada Senin (24/4/2023).

        Stasiun Bandung menjadi yang tertinggi dengan jumlah keberangkatan mencapai 8.508 pelanggan KA, disusul Stasiun Kiaracondong dengan 4.058 (pelanggan KA), serta Stasiun Tasikmalaya dengan 1.847 (pelanggan KA).

        Baca Juga: Arus Balik Lebaran 2023, Pemerintah Jokowi Kembali Berikan Diskon Tarif 20% di 12 Ruas Tol, Simak!

        "Puncak keberangkatan dari Daop 2 Bandung justru terjadi setelah Lebaran karena dipengaruhi pelanggan KA Argo Parahyangan (Gopar). Berdasarkan pantauan data sementara, terjadi peningkatan sebesar 30% dari rata-rata harian pelanggan KA Gopar selama 3 hari ini (22 - 24 April)," jelasnya.

        Mehendro menambahkan, Daop 2 Bandung, pada masa Angkutan Lebaran 2023 yang dimulai 14 April sampai 2 Mei mendatang, mengoperasikan 505 perjalanan KA Jarak Jauh terdiri dari 448 perjalanan KA reguler dan 57 perjalanan KA tambahan. 

        Selama 19 hari pelaksanaan masa Angkutan Lebaran 2023, Daop 2 Bandung menyediakan 260.078 tiket tempat duduk. Sampai saat ini, sudah 224.988 tiket tempat duduk atau mencapai 87% yang telah terjual dengan rata-rata keberangkatan per hari mencapai 11.841 pelanggan KA.

        Baca Juga: Kapolri ke Jajaran saat Arus Balik: Sosialisasikan Rekayasa Lalin Secara Cepat

        Daop 2 Bandung, pada periode 14 - 23 April, telah melayani 136.799 pelanggan KA Jarak Jauh. Angka ini meningkat 37% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya sebanyak 99.555 pelanggan. Adapun, kota tujuan favorit pelanggan KA Jarak Jauh pada masa Angkutan Lebaran 2023, yakni Surabaya, Malang, Solo, Semarang, serta Kutoarjo.

        "Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan untuk kembali ke kampung halaman pada masa mudik Lebaran tahun ini," pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Ayu Almas

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: