Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kinerja 2022 Lampaui Target, Komut Termuda SKB Food Beri Apresiasi

        Kinerja 2022 Lampaui Target, Komut Termuda SKB Food Beri Apresiasi Kredit Foto: Ist
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Sari Kreasi Boga Tbk (RAFI) berhasil membukukan pendapatan Rp 375,88 miliar atau melesat 220,96% pada sepanjang tahun 2022 dibandingkan Rp117,11 miliar pada akhir tahun 2021 (Year on Year/YoY). Torehan positif ini dinilai penting sebagai pijakan kuat menuju pertumbuhan bisnis yang fundamental secara berkelanjutan.

        "Kami bersyukur dan mengapresiasi upaya manajemen yang membuahkan hasil sangat positif pada tahun 2022. Bukan hal mudah meraih pertumbuhan signifikan disaat harus beradaptasi pada tahun pertama berstatus sebagai perusahaan publik dan di tengah cukup menantangnya situasi ekonomi," ujar Komisaris Utama (Komut) SKB Food Jadug Trimulyo Ainul Amri, dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (28/4/2023). 

        Pria berumur 27 tahun ini yang menjadi salah satu Komut termuda pada emiten di Indonesia ini menambahkan, manajemen SKB Food mampu bekerja multitasking, mengembangkan bisnis eksisting dan pada saat yang sama melakukan ekspansi sesuai rencana yang telah ditetapkan. "Ekspansi yang dilakukan SKB Food berjalan sesuai harapan. Kami optimistis pada tahun 2023 ini mulai membuahkan hasil dan memberikan manfaat serta nilai tambah kepada para pemegang saham," ucapnya.

        Baca Juga: Jualan Rokok Sampoerna Mild Hingga Marlboro, Hanya Dalam Tiga Bulan HM Sampoerna Raup Untung Rp2,16 Triliun

        Berdasarkan laporan keuangan konsolidasi yang berakhir pada Desember 2022, SKB Food yang bergerak di bidang penjualan bahan baku dan waralaba makanan minuman ini mencatat pendapatan dari lini bisnis bahan baku dan bahan pembantu mendominasi dengan penjualan sebesar Rp354,14 miliar pada tahun 2022. Diikuti pendapatan makanan dan minuman sebesar Rp19,56 miliar, dan pendapatan waralaba sebesar Rp2,17 miliar.

        Direktur Utama SKB Food, Eko Pujianto, mengatakan pendapatan perseroan yang naik kali dua dibandingkan tahun sebelumnya ini juga melebihi sekitar 200% dari proyeksi yang kami sampaikan dalam prospektus saat IPO. 

        Baca Juga: SKB Food Collaboration with Bank Mandiri Facilitates Access to MSME Capital Strengthening

        Overachievement ini terjadi dikarenakan perseroan melakukan penetrasi dan akuisisi market secara masif, terutama untuk penjualan bahan baku sumber makanan protein seperti daging, ikan, dan ayam,” ujar Eko. 

        Selain itu, perseoraan juga melakukan akuisisi dua anak perusahaan sektor strategis pangan dalam waktu kurang dari 1 tahun pasca IPO. Terdiri atas PT Lazizaa Rahmat Semesta dan PT Sumber Alam Sejahtera.

        Seiring dengan kenaikan signifikan pada pos Pendapatan, SKB Food mencatatkan kenaikan laba usaha sebesar 19,64% menjadi Rp23,33 miliar pada 2022 dari tahun sebelumnya Rp 19,50 miliar. Namun seiring dengan kenaikan biaya dalam rangka ekspansi untuk pertumbuhan secara berkelanjutan dan jangka panjang, laba bersih Perseroan sedikit berkurang menjadi sebesar Rp12,42 miliar pada tahun 2022 dibandingkan Rp14,16 miliar pada 2021. 

        ”Pada tahun 2023 ini, perseroan akan terus berkembang dan ekpansif dalam rangka memberikan nilai tambah kepada seluruh pemangku kepentingan terutama para pemegang saham. SKB Food akan melakukan pendirian resto bersama influencer ternama, launching brand resto baru, serta rencana pembukaan cabang di Tanah Suci Mekkah,” ujar Direktur Marketing & PR SKB Food, Nur Arief Budiyanto yang akrab disapa Arbud.

        Menutup laporan keuangan tahun 2022, Total nilai aset SKB Food melonjak sebesar 238,89% menjadi Rp254,60 miliar dibandingkan sebesar Rp75,12 miliar pada tahun 2021.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Annisa Nurfitri
        Editor: Annisa Nurfitri

        Bagikan Artikel: