Mbloc Academy Luncurkan Jenama Lab, Kolaborasi dengan Kadin Indonesia, GreatNusa, BINUS, dan SIRCLO
Mbloc Academy bekerja sama dengan Kadin Indonesia, GreatNusa, INUS Business School, dan SIRCLO, meluncurkan platform pengembangan UMKM, Jenama Lab.
Lahirnya Jenama Lab didasarkan atas kurangnya pemahaman penggerak UMKM terhadap jenama atau merek, pengembangan merek, dan pemasaran.
Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kadin Indonesia, Triawan Munaf mengatakan bahwa merek merupakan salah satu kunci penting dalam pengembangan UMKM. Triawan juga menegaskan Kadin Indonesia mendukung perkembangan Jenama Lab, mengingat pentingnya branding dan pengembangan produk terhadap profitabilitas UMKM jangka menengah dan panjang.
Baca Juga: Manfaatkan AI, The Trade Desk Luncurkan Platform Baru ‘Kokai’
“Keberadaan Jenama Lab ini akan membantu UMKM juga para pelajar dan institusi pendidikan untuk mendapatkan pengetahuan dalam memasarkan produknya dan juga berinovasi dalam mengembangkan sebuah produk,” ucap Triawan dalam keterangan tertulisnya yang dikutip, Jumat (9/6/2023).
Handoko Hendroyono, Direktur Utama MBloc Group, menyampaikan bahwa dalam pengembangan Jenama Lab, Mbloc Academy berperan sebagai pusat pengembangan studi jenama yang menyediakan ilmu, keterampilan, juga studi kasus nyata terkait jenama. Penerapan dari materi-materi dalam program akan dipandu dan didampingi oleh mentor yang merupakan praktisi.
“Program ini didukung oleh berbagai pihak, dari pemerintah, industry leaders, akademisi, hingga komunitas wirausaha se-Indonesia dengan materi-materi yang dibawakan berupa sharing session oleh ahli praktisi dan alumni Mbloc Academy, lab praktikum jenama, blended learning, dan studi kasus untuk membantu pengembangan jenama UMKM,” ucap Handoko.
Menyambut kemitraan strategis ini, Ferry Tenka, CEO Entrepreneur Solutions SIRCLO, mengatakan, “lewat SIRCLO Store dan layanan teknologi terpadu yang diberikan pelaku UMKM dapat berjualan melalui kanal penjualan website, marketplace, dan chat commerce. Hal ini semakin memberikan nilai tambah dan menjadikan pendampingan yang diberikan Jenama Lab bersifat holistik sehingga strategi pengembangan jenama menjadi semakin efektif dan efisien."
Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi UMKM, khususnya terkait pengembangan merek dan pemasaran. Selanjutnya, kerja sama ini juga diharapkan dapat mewujudkan ekosistem pelatihan merek dan pengembangan kompetensi bisnis yang memiliki sistem pembelajaran terstruktur.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tara Reysa Ayu Pasya
Editor: Rosmayanti