Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Alva Berhasil Galang Dana hingga US$50 Juta dari Horizons Ventures Dkk

        Alva Berhasil Galang Dana hingga US$50 Juta dari Horizons Ventures Dkk Kredit Foto: Kr-Asia
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Ilectra Motor Group (IMG) dengan merek kendaraan listrik ALVA berhasil menyelesaikan penggalangan dana Seri B, dengan total hingga US$50 juta. 

        Pendanaan ini berasal dari investor terdahulu yang dipimpin oleh Horizons Ventures. Sedangkan investor yang baru ialah Brama One Ventures dan HH-CTBC Partnership LP (Foxconn Co-GP Fund), yang bersama dengan Horizons Ventures dan Indika Energy menjadi investor terbesar hingga saat ini. 

        Direktur Utama IMG, Purbaja Pantja mengatakan, hasil dari pendanaan Seri B akan digunakan untuk terus mengakselerasi pengembangan produk ALVA dan memperluas jaringan untuk melayani lebih banyak konsumen di seluruh Indonesia.

        Baca Juga: Credgenics Raih Pendanaan Seri B Rp764 Miliar dari Westbridge Capital Dkk

        "ALVA memiliki aspirasi untuk menjadi yang terdepan dalam mobilitas kendaraan listrik global dan mendukung keberlanjutan," ujar Purbaja dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (21/8/2023). 

        Sebagaimana diketahui, IMG didirikan pada tahun 2021 untuk membangun solusi mobilitas gaya hidup yang berfokus tidak hanya pada pengembangan produk kendaraan roda dua listrik, tetapi juga ekosistem pendukungnya, yang masih baru.

        Purbaja mengatakan, Indonesia saat ini memiliki penetrasi kepemilikan kendaraan roda dua tertinggi di dunia (sekitar 42%, berdasarkan jumlah kendaraan yang dimiliki per 100 penduduk) dan merupakan pasar terbesar ketiga untuk kendaraan roda dua dengan estimasi 6 juta sepeda motor terjual setiap tahunnya.

        Pasar kendaraan listrik roda dua diproyeksikan tumbuh pesat karena harganya sebanding dengan produk non-kendaraan listrik dengan biaya operasional yang jauh lebih rendah, didukung oleh peran aktif pemerintah dalam mendorong elektrifikasi, menyediakan infrastruktur, dan mempromosikan konversi kendaraan listrik. 

        Melihat potensi yang besar tersebut, IMG memasang target besar untuk menjadi pemain kendaraan listrik roda dua terkemuka di Indonesia.

        “ALVA berusaha menyediakan produk berkualitas tinggi yang disesuaikan untuk konsumen Indonesia di semua aspek transportasi perkotaan termasuk performa, jangkauan baterai, dan keselamatan," ujarnya.

        Lanjutnya, sejak hari pertama, perseroan telah memetakan berbagai kebutuhan pelanggan dan menerjemahkannya dalam pengembangan produk dan layanan, salah satunya dengan mengadopsi teknologi EV terbaru, mengintegrasikannya ke dalam produk sepeda motor listriknya dan aplikasi digital My ALVA.

        "Kami yang menjadi bagian integral dari proposisi nilai kami dalam memberikan pengalaman pengguna yang unik. Karena alasan ini, kedua model kami telah diterima dengan baik oleh pasar. Kami terus menetapkan standar untuk kendaraan listrik melalu R&D dan wawasan pasar domestik kami yang kuat, sementara pada saat yang sama meningkatkan dan mendefinisikan kembali pengalaman pelanggan (CX) saat kami memperluas cakupan kami ke seluruh Jawa dan Bali pada tahun 2023,” ujarnya. 

        Sementara itu, Vice President Director dan Group CEO Indika Energy, Aziz Armand mengatakan, indonesia memiliki potensi yang besar dalam pengembangan kendaraan listrik. 

        Baca Juga: Kewajiban TKDN Mobil Listrik, Apa Indonesia Bisa Benar-benar Untung?

        "Kami berharap dapat terus berinovasi dan mengembangkan ALVA, serta memperluas pasarnya di seluruh Indonesia. Indika Energy menyambut baik kerja sama dengan mitra-mitra luar biasa termasuk Horizons Ventures, HH-CTBC Partnership LP (Foxconn Co-GP Fund), Alpha JWC Ventures, dan Brama One Ventures untuk mendukung tujuan kami menyediakan ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif di Indonesia,” ujar Aziz.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Djati Waluyo
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: