Brand Finance, konsultan penilaian merek terkemuka global, baru saja merilis laporan barunya berjudul Food & Drink 2023 pada tanggal 22 Agustus. Laporan ini menyebutkan bahwa brand value Yili mengalami peningkatan 17% yaitu mencapai US$12,4 miliar dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Yili juga berhasil mempertahankan posisinya sebagai produk olahan susu terbaik selama empat tahun berturut-turut dan menunjukkan potensi pertumbuhan bisnis yang kuat.
Seperti yang disebutkan dalam laporan ini, Yili merupakan perusahaan produk olahan susu global ternama yang berfokus pada kualitas, inovasi, dan tanggung jawab sosial.
Dalam laporannya, Brand Finance mengungkapkan bahwa, "Yili berhasil membangun loyalitas pelanggan yang kuat di pasar domestik China dengan memberikan produk berkualitas unggul secara konsisten dan bermanfaat bagi kesehatan. Komitmen ini mampu mendorong pertumbuhan penjualan perusahaan di dalam maupun luar negeri." Baca Juga: Mengenal Susu Grass-fed: Baik untuk Penuhi Gizi Harian Orang Dewasa
Untuk mendorong pertumbuhan bisnis, Yili telah menerapkan strategi dual-engine (mesin ganda) yang memprioritaskan inovasi, digitalisasi, dan mampu mendorong peningkatan brand value perusahaan.
Yili juga menyiapkan platform R&D yang meliputi platform inovasi terbuka, pusat inovasi grup, dan platform inovasi aplikasi tingkat unit bisnis. Yili mengoperasikan 15 pusat R&D dan inovasi di seluruh dunia dan senantiasa menciptakan kolaborasi di seluruh rantai industri yang dimulai dari peternakan hingga pemrosesan produk akhir.
Vice President of Yili Group Zhanyou Yun mengatakan, Yili berkomitmen untuk menyediakan produk makanan yang lebih sehat dan memenuhi permintaan konsumen. Pada tahun 2023, Yili menjadi yang terdepan dengan meluncurkan berbagai produk susu fungsional yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau mengontrol kadar gula darah.
"Salah satu produk yang diluncurkan adalah SATINE, susu murni organik yang mengandung laktoferin aktif. Produk unggulan ini diluncurkan setelah Yili melakukan penelitian dan pengembangan selama tiga tahun untuk meningkatkan tingkat retensi laktoferin dari 10% menjadi lebih dari 90%. Produk baru ini merupakan pionir dalam kategori produk susu yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh," ujarnya yang dikutip di Jakarta, Selasa (29/8/2023).
Yili juga terus mempercepat transformasi digital di seluruh rantai pasokan perusahaan. Di bagian upstream, Yili telah mengembangkan smart farms, sistem pertanian cerdas terkemuka secara global yang mampu beroperasi tanpa campur tangan manusia.
Di bagian midstream, Yili telah meluncurkan berbagai smart factories agar proses produksi dan manajemen perusahaan menjadi lebih efisien. Di bagian downstream, Yili telah menerapkan pendekatan konsumen secara digital yang mencakup konsumsi online dan offline sehingga dapat memenuhi segala jenis kebutuhan konsumen.
"Dengan menerapkan teknologi digital dalam operasional perusahaan, Yili mampu melakukan digital and intelligent upgrading yang efektif secara bertahap di seluruh rantai operasi, termasuk di bidang R&D, manufaktur, rantai pasokan, dan pemasaran," pungkasnya.
Pada bulan April 2022, Yili menjadi perusahaan makanan China pertama yang memiliki target emisi karbon dan netralitas karbon serta roadmap komitmen jangka panjang untuk mencapai netralitas karbon di seluruh rantai industri pada tahun 2050. Sejak itu, Yili secara bertahap merilis rencana pengurangan karbon dan bekerja sama dengan mitra di seluruh rantai industri untuk mengurangi konsumsi energi, emisi gas rumah kaca, dan melindungi lingkungan.
Tahun lalu, Yili mulai berfokus melakukan penghematan air dalam kegiatan produksinya. Pada bulan Maret 2023, Yili mendapatkan sertifikasi water footprint internasional berkat upaya perusahaan dalam mengurangi penggunaan air, baik untuk produksi maupun operasional. Yili juga menjadi perusahaan pertama di Tiongkok yang bergabung dengan UN Water Action Agenda. Baca Juga: Teten Masduki Launching Susu Ikan Pertama di Indonesia Hasil Kemitraan Koperasi dan UKM
Sebagai perusahaan yang memiliki gelar most valuable dairy brand di dunia, Yili berkomitmen untuk mencapai kesuksesan komersial dan mendorong pengembangan berkelanjutan di industri susu. Dalam mengejar mimpinya untuk mewujudkan dunia yang sehat secara merata, Yili akan terus mendorong kolaborasi secara global, inovasi, dan digitalisasi untuk lebih meningkatkan kualitas produk dan layanan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman
Tag Terkait: