Perusahaan rintisan (startup) agregator merek (brand aggregator) yang fokus pada pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Bisa Tumbuh mengumumkan kolaborasinya dengan Rumah BUMN melalui kegiatan bertema Tumbuh Bersama, Bisa Tumbuh. Kolaborasi ini merupakan komitmen kedua pihak untuk memajukan UMKM serta memberikan dorongan nyata bagi pertumbuhan ekonomi bangsa. Apa fokus kolaborasi tersebut?
Pertama, kolaborasi antara Bisa Tumbuh dan Rumah BUMN fokus terhadap pemanfaatan teknologi, khususnya teknologi pemasaran secara digital dan pemanfaatan pembelajaran mesin (machine learning) dan kecerdasan buatan (AI) untuk menaikkan level bisnis UMKM. Kedua, peningkatan kompetensi. Ketiga, peningkatan akses pemasaran UMKM untuk menjangkau pasar lebih luas. Keempat, kemudahan akses permodalan.
Acara ini sempat dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, CEO Bisa Tumbuh Chiko Maradona beserta jajaran komisaris Arief Muhammad (pemilik usaha Rumah Makan Padang Payakumbuah dan cemilan Baso Aci Akang), Najib Wahab (CEO Teguk), Gilang Widya Pratama (pemilik usaha Juragan99), Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, serta Wakil Walikota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan.
Baca Juga: Cara Bisa Tumbuh Menonjol dengan Kompetitor Agregator Merek UMKM: Adaptasi Teknologi
Di awal acara, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan komentarnya bahwa UMKM perlu dijaga untuk menjaga pertumbuhan ekonomi.
“Memang UMKM ini sesuatu yang harus-harus dijaga. Karena kenapa? Kita semua tidak mungkin bicara soal pertumbuhan ekonomi, tetapi kesenjangan makin tinggi,” ujarnya tegas ketika memberi pidato sambutan pada Kamis (7/9/2023).
Ia melanjutkan, untuk menjadi pengusaha UMKM, diperlukan semangat berjuang atau fighting spirit, kemampuan untuk memasarkan dan manajemen, kemampuan untuk mengintrospeksi produk, kemampuan berkolaborasi dengan sesama pengusaha, hingga kemampuan memahami target pasar.
Di samping itu, CEO Bisa Tumbuh, Chiko Maradona mengatakan bahwa untuk mendukung spirit dan semangat UMKM untuk memperluas usahanya, sebagai startup agregator merek, Bisa Tumbuh dapat membuka jalan untuk UMKM.
“[Kami] sebagai brand aggregator ingin turut andil dalam membuka jalan sukses untuk UMKM dengan mempercepat peningkatakn level bisnisnya. Khususnya, dengan pemanfaatan teknologi terbaru yang kami lakukan, kesempatan memiliki komersial bisnis yang unggul, hingga kesempatan menerima aset pendanaan,” beber Chiko.
Kolaborasi Bisa Tumbuh dan Rumah BUMN ini terdiri dari rangkaian kegiatan literasi dan edukasi untuk meningkatkan kompetensi UMKM. Bahkan, ini dapat menjadi langkah awal ke depannya untuk menghadirkan berbagai program dan inisiatif bersama mitra lainnya, mulai dari rekomendasi branding, pemasaran, penjualan, pengelolaan stok, dan lainnya yang disesuaikan kebutuhan masing-masing UMKM.
Disponsori oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pertamina, Cardig, Bank Mandiri, Telkom Indonesia, Angkasa Pura II, MS Glow or Men, Permodalan Nasional Madani, Dinas Koperasi Tangerang Selatan, Teguk Group, dan lain-lain, acara ini digelar untuk mendukung pertumbuhan UMKM.
Baca Juga: AIPF Startup Connect Jadi Wadah Negara ASEAN Buru Peluang Bisnis
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: