Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Modal Ide Berujung Bisnis, Smesco Indonesia Ajak Calon Pengusaha Meriahkan IDM23

        Modal Ide Berujung Bisnis, Smesco Indonesia Ajak Calon Pengusaha Meriahkan IDM23 Kredit Foto: Kemenkop UKM
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Smesco Indonesia kembali mengadakan acara Indonesia Digital MeetUp 2023 (IDM23) pada tahun ini dengan tema khusus Festival Wirausaha Mudah, yang akan diselenggarakan di Gedung Smesco Indonesia pada 5-6 Oktober 2023.

        Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata di Jakarta mengatakan kegiatan ini menjadi satu-satunya acara di Indonesia yang berisikan solusi-solusi digital bagi UKM yang ingin melakukan scaling-up bisnis.

        Baca Juga: FIKSI 2023, SMESCO Indonesia Kurasi Karya Inovatif Generasi Muda Tanah Air

        Tahun ini dengan edisi khusus Festival Wirausaha Mudah, IDM23 membawa tema "Datang Bawa Ide, Pulang Punya Bisnis." Dikarenakan adanya tema khusus, IDM23 tidak hanya membidik audience wirausaha mapan digital seperti tahun lalu, tetapi juga wirausaha pemula dan calon wirausaha.

        Acara ini akan terdiri dari Exhibition Day dan Conference Day. Di mana Exhibition Day di IDM23 akan menjadi tempat showcasing ekosistem kemudahan berwirausaha untuk mendukung target pencapaian rasio 4 persen jumlah wirausahawan pada tahun 2024.

        “Jadi kalau kita mau masuk ke dalam kategori negara maju, jumlah wirausaha harus dinaikkan rasionya, oleh karena itulah mengapa Smesco Indonesia bersama Kementerian Koperasi dan UKM menciptakan ekosistem yang mendukung,” katanya dalam keterangannya, Selasa (3/10/2023).

        Lebih lanjut, Leonard menambahkan, pentingnya ekosistem bagi UKM tersebut akan mempermudah UKM dalam mengelola usaha yang ada di dalam ekosistem tersebut terdapat enabler (penggerak) dari mulai hulu sampai hilir.

        “Ini menjadi penting karena teman-teman UKM yang mau membuka usaha kalau bisa mendapatkan fasilitas seperti ini, baik itu akses ke bahan baku, manufaktur, logistik, marketing, sampai kemudian channel digital ke penjualan, ini akan menjadi lebih mudah dan produk bisa lebih kompetitif,” kata dia.

        Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia Wientor Rah Mada menambahkan IDM23 bertujuan untuk menjadi titik temu para pelaku UKM guna saling bertukar strategi, bertukar pikiran, berdiskusi mengenai kondisi yang sekarang maupun kondisi yang akan datang, dan lain-lainnya.

        Baca Juga: Komitmen Bisnis Kian Agresif Memperluas Ekspansi, Begini Strategi MRBI

        Terdapat 80 booth perusahaan yang menawarkan 6 jenis kemudahan yang akan didapat on the spot oleh pengunjung di antaranya kemudahan perizinan, kemudahan produksi, kemudahan logistik, kemudahan marketing, kemudahan enabler, dan kemudahan pembiayaan.

        “Conference Day berupa talkshow, firechat, monotalk dari para praktisi atau UKM yang telah berhasil dengan strategi digital yang akan menjadi topiknya. Beberapa yang dibahas antara lain live streaming, video ads, video organic viral, Facebook ads, Instagram Ads, SEO, Google ads, copywriting, landing page, email marketing, strategi IPO untuk UKM, social media guerilla marketing, dan lain-lain,” kata Wientor.

        Dalam acara ini, dilangsungkan juga peluncuran buku branding oleh Arto Biantoro yang merupakan Indonesia Brand Activist, konsultasi hukum gratis untuk UKM, foto produk gratis untuk UKM, serta konsultasi iklan dan branding di sosial media.

        Baca Juga: Kesaksian Sri Mulyani Pertama Kali Menemui Jokowi: Dulu Walikota Penerima Insentif Fiskal...

        Sementara Rudi Kurniawan, Head of commercials of Southeast Asia Snack Video menambahkan, kehadiran Snack Video dalam IDM23 bertujuan meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM di Indonesia.

        “Sebagai aplikasi Video ke-2 terbesar di Indonesia, Snack Video bisa digunakan untuk konten kreatif, memperluas konten video pendek. Kami akan berpartisipasi dalam mengedukasi para pelaku UMKM,” ujar Rudi.

        Dia menegaskan, Snack Video berbeda dengan Tiktok Shop dan senantiasa menaati ketentuan pemerintah dalam hal ini untuk mendukung UKM.

        Tidak kalah menarik, Evermos sebuah platform connected commerce yang memberdayakan brand lokal dan underserved communities juga akan menandatangani nota kesepahaman dalam komitmennya mendukung pemerintah dalam memajukan ekonomi bangsa.

        Menurut VP of Business Strategy & Operations Evermos Azlan Indra, pihaknya akan mendukung pemerintah dalam acara IDM 2023 dengan menghadirkan berbagai pandangan hasil riset data terkait potensi pelaku Internet Marketing sebagai salah satu pemeran penting penggerak roda perekonomian.

        "Selain itu, akan ada peluncuran dua solusi layanan terbaru berbasis fitur di platform Everpro, sebuah unit bisnis milik Evermos yang berfokus untuk menyediakan solusi lengkap bagi para pelaku bisnis, yaitu Everpro Funnel dan Everpro CRM untuk mempermudah pembuatan aset digital dan pengelolaan data pelanggan untuk meningkatkan jumlah pesanan bagi UKM," kata Azlan.

        Baca Juga: Giat Bina Pengusaha Lokal, Wamenkeu Suahasil Nazara Puji Kinerja PNM

        IDM23 ini diharapkan akan dihadiri oleh lebih dari 3.000 UKM dari seluruh Indonesia dan akan dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang akan memberikan pidato kunci dan dimoderatori oleh Dirut Smesco Indonesia.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: