Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ekosistem Kreatif Tanpa Batas, Roposo Resmi Meluncur di Indonesia!

        Ekosistem Kreatif Tanpa Batas, Roposo Resmi Meluncur di Indonesia! Kredit Foto: Roposo
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Roposo, platform siaran langsung atau live, resmi meluncur di Indonesia. Ini merupakan platform yang dirancang untuk mentransformasi ekosistem konten Indonesia dengan menyediakan kesempatan unik melalui pengalaman live.

        Senior Vice President & GM Roposo Mansi Jain mengatakan, platform live ini memungkinkan para konten kreator mendapatkan beragam pengalaman baru yang berbeda dari platform live lain.

        Baca Juga: Usung Visi Menuju Indonesia Unggul, Ganjar Pranowo-Mahfud MD Janji Percepat Pembangunan Sistem Digital Nasional

        “Konsumen menginginkan pengalaman live yang memungkinkan mereka tetap terhubung dengan apa yang paling tren dan menjadi bagian dari percakapan luas di sekitar mereka. Sebagai platform berbasis tren, Roposo melakukan hal tersebut dan memberi konsumen wadah di mana mereka benar-benar merasakan vibe di momen sekarang," kata Mansi Jain, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (30/10/2023).

        Roposo, kata dia, menghadirkan fitur live dalam Glance, platform lock screen pintar terkemuka di dunia yang memiliki lebih dari 30 juta pengguna aktif di Indonesia. Roposo juga akan tersedia sebagai aplikasi di Android Play Store dan Apple App Store.

        Pengalaman live Roposo berbasis kreator, interaktif, dan mengajak konsumen kepada momen budaya pop dan sosial yang paling ngetren di bidang hiburan, fesyen, gaya hidup, makanan dan memasak, kebugaran, olahraga, keuangan dan banyak lagi. Pengalaman live ini akan mengubah konsumen dari penonton pasif menjadi partisipan aktif.

        Di platform Roposo, konsumen dapat saling terhubung dan menghasilkan pengalaman live bersama dengan kreator favorit mereka dan mengekspresikan diri mereka di komunitas yang memiliki minat sama. Di Indonesia, Roposo sudah diuji coba sebanyak lebih dari 40 streams setiap hari di Glance selama lebih dari 5 bulan terakhir, dengan rata-rata penonton harian lebih dari 1 juta dan hampir 2 juta jam konten Roposo ditonton setiap bulan.

        Bagi konten kreator, Roposo memberikan ekosistem yang sangat nyaman dan mendukung agar konten kreator bisa menonjol, membangun merek, mendapatkan pengakuan dan bisa segera mendapatkan penghasilan (monetisasi) dengan mudah.

        Sebagai tambahan, Roposo juga menawarkan bimbingan (mentorship) kepada konten kreator, mulai dari bagaimana cara menampilkan diri hingga menghasilkan konten dengan performa terbaik berdasarkan data, preferensi penonton dan lainnya. Lebih dari 200 kreator telah bergabung dengan platform Roposo dan berencana mengajak lebih dari 1.000 kreator di 3-4 kuartal mendatang.

        Baca Juga: Janji Ciptakan Lapangan Kerja: Ganjar Pranowo-Mahfud MD 17 Juta, Anies Baswedan-Cak Imin 15 Juta

        "Teknologi dan fitur kami menjembatani jarak antara kreator dan penonton sehingga memungkinkan hubungan yang mendalam dan membuat pengalaman LIVE terasa seperti kehidupan nyata. Untuk memberi konsumen konten LIVE trending terbaik, kami bermitra dengan beberapa pembuat konten paling luar biasa di Indonesia," jelas Mansi Jain.

        Sementara itu, Direktur Pengembangan Pasar Glance di Indonesia Dalip Shahri menyampaikan tentang komitmen Roposo bagi para konten kreator.

        “Bagi Roposo, menghadirkan konten berkualitas dan pengalaman LIVE menarik yang konsumen sukai adalah hal utama. Kreator bertalenta bisa menonjol di keramaian dan mulai mendapatkan hasil monetisasi dari hari pertama perjalanan mereka dengan Roposo, terlepas dari jumlah pengikut mereka. Ini adalah pembeda utama bagi para konten kreator dibandingkan dengan platform lain sekaligus menunjukkan komitmen Roposo untuk membantu kesuksesan para konten kreator Indonesia," paparnya dalam kesempatan yang sama.

        Baca Juga: YLKI Apresiasi Digitalisasi Layanan PLN pada Pelanggan

        Bagi merek dan pengiklan, Roposo menyediakan kesempatan unik untuk terhubung dan terlibat dengan penonton yang tepat melalui pengalaman LIVE. Kesempatan ini termasuk menjangkau konsumen di lock screen pintar Glance, platform bertenaga kecerdasan buatan/Artificial Intelligence (AI) sehingga memungkinkan konsumen untuk menemukan pengalaman konten premium di lock screen Android mereka.  Pengalaman konsumen di Glance dipersonalisasi sehingga konsumen menemukan apa yang paling cocok bagi mereka hanya dengan “glancing” atau melihat lock screen mereka, tanpa membuka kunci ponsel atau menghabiskan waktu melakukan pencarian. Glance telah memiliki lebih dari 30 juta pengguna aktif di Indonesia.

        Untuk merayakan peluncurannya di Indonesia, Roposo mengadakan festival ‘Feel the Vibe’ selama sepekan, mulai dari 30 Oktober–5 November 2023 di Lotte Mall Jakarta, Kuningan. Lebih dari 100 konten kreator Roposo akan berpartisipasi di acara tersebut dalam berbagai tantangan seperti Mukbang, Hot Wheels Drag Race, Halloween, tantangan kebugaran, dan sebagainya. Festival ini juga akan disiarkan langsung di Roposo sepanjang minggu.

        Sebagai informasi, Roposo adalah platform live berbasis tren terbesar di India, dan telah memiliki lebih dari 80 juta pengguna aktif. Setelah Indonesia, platform ini berencana untuk memperluas jangkauan ke pasar lain, termasuk Amerika Serikat (AS), Brasil, Jepang dan lainnya di masa mendatang.

        Roposo Ciptakan Lingkungan Nyaman dan Positif

        Roposo menurut para konten kreator seperti Angela Lee menciptakan lingkungan nyaman dan positif. Alasannya, Roposo memiliki standar keamanan dan moderasi yang tinggi untuk memastikan kualistas dari konten tersebut.

        “Sebagai seorang konten kreator berpengalaman, saya mengalami langsung lingkungan nyaman dan positif yang dihadirkan Roposo. Artinya, ini bisa menjamin standar keamanan dan moderasi yang tinggi untuk memastikan bahwa konten, komentar dan lainnya aman untuk penonton dan situasi yang beragam. Bagi konten kreator, khususnya bagi kreator baru dan perempuan, rasa keamanan mampu mendorong lebih banyak ekspresi kreatif dan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi,” kata kreator yang populer dengan konten kulinernya ini.

        Sementara itu, Aditya Bagas, pegiat fitness yang bebera bulan menjadi konten kreator di Roposo menyebut, platform live teranyar ini memberikan kesempatan kerja sama dengan sejumlah sponsor dan brand.

        Baca Juga: Arahan Jokowi, Menkop Teten Akan Temui CEO TikTok Bangun Paltform Baru

        “Hidup saya seputar tips berolahraga dari rumah serta tutorial pergerakan. Saya ingin mengubah passion saya membantu orang menjadi lebih sehat sebagai karir. Sejak saya memulai LIVE dengan Roposo beberapa bulan lalu, saya sudah mendapatkan sponsor dari brand dan telah bisa memonetisasi bakat saya dengan sangat cepat. Saya merasa jika saya bisa melakukan ini, konten kreator baru juga bisa melakukannya," papar Aditya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: