Memanfaatkan Passion untuk Menghasilkan Uang dan Berikan Dampak Positif Lewat Creators Economy
Seiring perkembangan zaman, tuntutan kebutuhan dan gaya hidup semakin tinggi. Sementara itu, banyak dari anak muda Indonesia, terutama dari kalangan generasi Millennial dan Z, dihadapkan pada tantangan ekonomi yang tak terduga.
Data dari Indonesian Millennial Report (IMR) 2024 menyatakan bahwa lebih dari setengah Millennial yang disurvei memiliki pendapatan di bawah Rp5 juta.
Lebih lanjut, hasil riset Indonesian Gen Z Report (IGR) 2024 menunjukkan bahwa Generasi Z menghadapi situasi serupa, dengan lebih dari setengah jumlah responden yang disurvei memiliki penghasilan di bawah Rp2,5 juta.
Angka-angka ini memberikan gambaran bahwa tantangan finansial, terutama bagi kaum muda, adalah kenyataan yang sulit dihindari.
Namun, dalam keadaan sulit ini, creators economy muncul sebagai peluang untuk mengatasi tantangan ekonomi saat ini. Creators economy mengacu pada pemanfaatan keterampilan dan kreativitas seseorang untuk menghasilkan pendapatan.
Cara menghasilkan pendapatan ala creators economy ini begitu beragam, bisa berupa subscription konten eksklusif per bulan, memonetisasi konten video melalui melalui ads di platform YouTube, mengembangkan komunitas penikmat konten yang luas sebagai content creator hingga dapat bekerja sama dengan brand.
Dengan platform-platform digital dan media sosial, siapa saja dapat menjadi content creator yang menghasilkan uang.
Potensi creators economy menjadi semakin nyata dengan dukungan dari berbagai platform. Salah satu contohnya adalah platform-platform yang ada di dalam ekosistem IDN Media, yang mendukung anak muda Indonesia agar bisa berkreasi dan menghasilkan pendapatan tambahan.
IDN Media berkomitmen mengembangkan creators economy di unit-unit bisnis yang ada di dalam ekosistemnya demi mendorong dan mendukung kreativitas anak muda menuju Indonesia emas tahun 2025.
Hal ini terbukti pada tahun 2023 saat IDN Media menjadikan MORF sebagai bagian dari ekosistemnya.
MORF merupakan talent management platform yang menaungi beragam talenta eksklusif. Didirikan oleh Deddy Corbuzier, saat ini MORF memiliki dan membina sejumlah talent eksklusif yang terdiri dari para content creator berbagai niche antara lain Janes CS, Karen Kurniawan, Sabila Rian, Gilang Seiya Rama, Jesslyn Nathania, Ilham Bachtiar #BapakCanggih, Gesya Shandy, Nadia Soekarno, Fajar Nugros, dan banyak lainnya.
Baca Juga: Transformasi Digital: Pemberdayaan UMKM Perempuan Menuju Keunggulan Bisnis
MORF memiliki beberapa layanan yaitu proses pencarian talenta potensial, membantu para talent dalam mengelola jadwal, mengkoordinir kampanye perusahaan, negosiasi, serta meninjau kontrak kerja sama antar pemangku kepentingan, mengelola hubungan kerja sama dengan brand, melakukan pelatihan dan pendampingan para talent untuk mengoptimalkan personal branding para talent, serta melibatkan talenta MORF dalam proyek komersial seperti iklan, sponsor, live shopping, dan kegiatan lainnya.
Tentunya, para talent MORF ini juga tidak hanya membuat konten demi mendapatkan banyak pengikut dan akhirnya dapat berkolaborasi dengan brand.
Mereka secara konsisten memproduksi konten yang bermanfaat, mengedukasi, dan membawa dampak positif bagi masyarakat. Salah satunya adalah Yusuf Hendratno, seorang content creator yang selalu mengedukasi audiensnya untuk hidup sehat melalui konten-konten progres olahraga yang dia bagikan di Instagram. Dia juga berusaha menerapkan gaya hidup sehat yang menginspirasi audiens untuk mengikuti jejaknya.
Lalu, ada Karen Kurniawan, seorang content creator yang rutin memberikan tips kecantikan dan makeup.
Para talent MORF menunjukkan bahwa passion dalam bidang tertentu dan kreativitas merupakan modal yang kuat untuk berkecimpung di bidang creators economy. Selain berorientasi terhadap penghasilan, content creator juga merupakan agen yang dapat menyebarkan semangat serta dampak positif bagi masyarakat, sejalan dengan visi IDN Media.
Head of MORF, Madasakti Octobiyanto mengungkapkan rencana MORF ke depan untuk terus menggali potensi dan memberdayakan talenta lokal.
Baca Juga: Mengenal Charles Wijaya, Konten Kreator yang Menyebarkan Kebaikan Melalui TikTok
“Saya pribadi sangat antusias dengan perencanaan dan kesempatan yang dihadirkan dalam mengembangkan potensi MORF bersama IDN Media. Visi kami sekarang dan seterusnya adalah memberdayakan bakat-bakat lokal dan menciptakan kreator-kreator yang berkualitas, serta mendukung pertumbuhan industri ekonomi kreatif di Indonesia. MORF berkomitmen untuk terus mencari dan mengembangkan talenta-talenta berbakat di berbagai platform media sosial, dan melalui dukungan dari IDN Media, kami percaya akan banyak potensi kolaborasi yang dapat kita gali bersama ke depannya,” ungkap Mada.
Dengan adanya berbagai dukungan platform dari IDN Media, Millennial dan Gen Z dapat menjembatani kesenjangan finansial mereka melalui creators economy. Mereka dapat mengubah hobi, minat, atau keterampilan mereka menjadi sumber pendapatan tambahan yang berkelanjutan.
Dalam menghadapi tantangan ekonomi, penting bagi kita untuk terbuka terhadap peluang baru dan memanfaatkan perkembangan teknologi. Millennial dan Gen Z dapat mengatasi kendala finansial mereka serta mengembangkan potensi kreatif mereka dengan menjadi bagian dari creators economy.
Dengan adanya fasilitas dan dukungan dari platform-platform seperti yang ada di bawah IDN Media, masa depan creators economy di Indonesia akan lebih cerah sehingga bisa membawa harapan bagi mereka yang berjuang untuk mengatasi keterbatasan finansial.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement