Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pentingnya Kualitas Layanan Purna Jual di Era Digital

        Pentingnya Kualitas Layanan Purna Jual di Era Digital Kredit Foto: Ist
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Di era digital yang terus berkembang dan meluas seperti saat ini, perangkat PC baik laptop ataupun desktop telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi banyak orang. Baik untuk keperluan pekerjaan, belajar, bermain game, hingga berinteraksi dengan dunia maya.

        Intinya, dalam keseharian, laptop dan PC desktop memainkan peran sentral. Oleh karena itu, kualitas layanan purna jual dan perbaikan terkait perangkat-perangkat tersebut menjadi sangat penting.

        Kualitas layanan yang optimal akan memberikan pengalaman positif bagi pengguna dan mendukung produktivitas serta efisiensi manusia modern.

        Bisnis Indonesia berkesempatan mewawancarai Agustinus Mulyawan, Service Center Director ASUS Indonesia.

        Menurutnya, dari sisi layanan purna jual, ada beberapa faktor utama yang perlu diperhatikan dan menjadi pedoman operasional perusahaan. Beberapa faktor tersebut sangatlah signifikan, demi menjaga dan meningkatkan layanan purna jual.

        Pemahaman yang Mendalam tentang Kebutuhan Pengguna

        Pentingnya kualitas layanan perangkat PC desktop dan laptop dimulai dengan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan pengguna.

        Setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda terkait perangkat ini, seperti spesifikasi yang sesuai dengan kegiatan yang mereka lakukan atau kecepatan yang dibutuhkan.

        “Layanan yang baik harus mampu memahami kebutuhan konsumen dan memberikan solusi yang tepat,” sebut Agustinus.

        Sebagai contoh, Agustinus menggambarkan, bayangkan seorang pebisnis yang membutuhkan laptop yang kuat untuk melakukan presentasi dan analisis data. Atau seorang mahasiswa yang memerlukan PC desktop dengan spesifikasi yang mendukung rendering grafis untuk tugas desain kuliahnya.

        “Pemahaman yang baik tentang kebutuhan para pengguna yang berbeda-beda tersebut akan memungkinkan penyedia layanan untuk menawarkan saran yang terbaik dan sesuai untuk memastikan kepuasan pengguna,” sebutnya.

        Pemeliharaan dan Perbaikan yang Tepat Waktu

        Kita tahu bahwa perangkat PC baik desktop dan laptop memerlukan pemeliharaan dan perbaikan secara berkala. Kualitas layanan yang baik mencakup kecepatan dan ketepatan waktu dalam merespons permintaan perbaikan atau pemeliharaan.

        "Dalam era digital seperti saat ini, di mana waktu sangat berharga, pengguna mengharapkan layanan yang cepat dan tepat untuk memastikan perangkat mereka tetap berfungsi dengan baik,” sebut Agustinus.

        Saat ini, sebut Agustinus, konsep realtime atau critical SLA (Service Level Agreement) untuk commercial product sedang dalam proses penggodokan dengan partner. Harapan kita, layanan ini akan segera siap dalam waktu dekat.

        Sebagai gambaran, ASUS saat ini bekerjasama dengan partner untuk menyediakan layanan khusus untuk corporate customer. Layanan yang disediakan mulai dari technical support, stand-by onsite, sampai ke suku cadang di persiapkan di lokasi corporate customer tersebut.

        Teknisi Terlatih dan Profesional

        Kualitas layanan yang baik juga memerlukan teknisi yang terlatih dan profesional. Teknisi yang kompeten akan dapat memberikan solusi yang tepat dan efektif atas masalah yang dihadapi pengguna.

        Mereka juga mampu memberikan saran dan rekomendasi yang bermanfaat untuk memaksimalkan kinerja perangkat dan mencegah masalah di masa mendatang.

        Kita ambil contoh lain. Ada kasus yang terjadi pada seorang pengguna laptop yang mengalami masalah kompleks dengan sistem operasi laptopnya.

        Didukung dengan Asus Diagnostic Tools dan ASUS AI - Repair Inteligence, seorang teknisi yang terlatih dapat dengan cepat menganalisis masalah tersebut, memberikan solusi yang tepat, dan menjelaskan cara mencegah masalah serupa di masa mendatang.

        "Dengan Asus Diagnostic Tools dan ASUS AI- Repair Inteligence, serta memberikan update kepada teknisi terhadap isu-isu terbaru terkait troubleshooting dan cara menangani serta memberikan respons yang tepat bagi pengguna sangatlah signifikan untuk perusahaan penyedia layanan purna jual,” sebut Agustinus.

        Kesesuaian dengan Perkembangan Teknologi

        Dunia teknologi dan era digital selalu berkembang, dan perangkat PC juga mengalami perkembangan teknologi yang pesat. Kualitas layanan yang baik harus mampu beradaptasi dengan perkembangan yang terjadi.

        Layanan yang tidak hanya sesuai dengan teknologi saat ini, tetapi juga mampu memberikan wawasan tentang perkembangan mendatang akan memberikan nilai tambah bagi pengguna.

        Jika sebuah perusahaan mengalami kendala karena perangkat operasional mereka tidak dapat mengakomodasi aplikasi terbaru yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas, tentu ini akan mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan tersebut.

        Pihak penyedia layanan yang memahami tren teknologi dapat memberikan solusi yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Misalnya dengan menyarankan pembaruan perangkat keras atau cukup pembaruan perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang bersangkutan.

        Dukungan Pelanggan yang Ramah dan Responsif

        Di sisi lain, layanan yang ramah dan responsif terhadap pertanyaan atau keluhan pengguna sangat penting. End user tentunya ingin merasa didengar dan didukung saat mereka menghadapi masalah atau ketidaknyamanan dengan perangkat yang mereka miliki.

        Dukungan layanan pelanggan yang baik sudah seharusnya mampu menciptakan rasa percaya dan kenyamanan. Mendapat respons cepat dan bantuan yang efektif dari layanan pelanggan akan membantu pengguna menyelesaikan masalah dengan lebih cepat dan efisien.

        Ini membuat pengguna merasa dihargai dan akan cenderung untuk memilih kembali ke produk dan layanan yang sama di masa depan.

        Keamanan dan Keandalan

        Terakhir, kualitas layanan purna jual juga mencakup aspek keamanan dan keandalan. Pengguna harus merasa yakin bahwa data dan informasi mereka aman ketika menggunakan perangkat ini.

        Layanan yang menjamin keamanan dan keandalan akan memberikan ketenangan pikiran kepada pengguna.

        "Seorang pengguna yang menggunakan laptop untuk menyimpan data klien dan proyek sensitif membutuhkan jaminan keamanan agar data tersebut tidak terancam risiko kebocoran atau akses yang tidak sah,” sebut Agustinus.

        "Inilah mengapa kita menawarkan layanan seperti HDD retention (khusus untuk perangkat-perangkat commercial) kepada pengguna yang memiliki data-data sangat sensitif dan tidak bisa jatuh ke tangan pihak lain,” sebutnya.

        Akhir kata, pentingnya kualitas layanan perangkat laptop ataupun PC desktop di era digital tidak bisa diabaikan. Layanan yang baik setidaknya mencakup faktor-faktor di atas.

        Mulai dari pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan pengguna, pemeliharaan dan perbaikan tepat waktu, teknisi yang terlatih, kesesuaian dengan perkembangan teknologi, dukungan pelanggan yang responsif, serta keamanan dan keandalan.

        Dengan kualitas layanan yang optimal, pengguna akan mendapatkan pengalaman yang memuaskan dan produktif dalam menggunakan perangkat PC mereka.

        "Kami sebagai penyedia layanan di bidang ini harus terus berupaya meningkatkan kualitas layanan mereka demi kepuasan dan kepercayaan pengguna,” sebut Agustinus. “Dalam dunia digital yang terus berubah, kualitas layanan adalah kunci untuk memenangkan kepercayaan dan loyalitas pengguna,” sebutnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: