Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        PDIP Masih Teratas di Survei Elektabilitas Parpol, Masinton: Kami Dipercaya Masyarakat Indonesia

        PDIP Masih Teratas di Survei Elektabilitas Parpol, Masinton: Kami Dipercaya Masyarakat Indonesia Kredit Foto: Instagram/Masinton Pasaribu
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Politisi PDI Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu merespons hasil survei yang dikeluarkan Indikator Politik Indonesia terkait Pemilu/Pilpres 2024.

        Salah satu temuan Indikator adalah elektabilitas PDIP yang masih menempati urutan pertama di antara parpol lainnya. Disebutkan PDIP memeroleh 24,1 persen suara dari responden survei.

        Mengenai temuan tersebut, Masinton mengungkapkan masyarakat telah memercayai PDIP sebagai pilihan mereka.

        “PDI Perjuangan di berbagai lembaga survei kami menjadi yang teratas dipercaya oleh masyarakat Indonesia,” ungkap Masinton dalam pemaparan hasil survei Indkator Politik yang disiarkan daring, Minggu (12/11/23).

        Baca Juga: Ramai Aksi Bela Palestina, Relawan: Ganjar Pranowo Sudah Tolak Israel di Piala Dunia U-20

        Mengikuti PDIP di posisi kedua ada Gerindra dengan elektabilitas 14,4 persen, Golkar 9,3 persen, PKB 7,7 persen, NasDem 7,2 persen, PKS 6,2 Persen, Demokrat 5,2 persen, PAN 4,3 persen, dan PPP 3 persen.

        Dibandingkan survei Indikator terakhir pada 2-10 Oktober 2023, survei terbaru yang dilakukan menunjukkan adanya tren penurunan tipis elektabilitas PDIP yang awalnya 25,2 persen ke 24,1 persen.

        “Tidak banyak perubahan dibanding temuan sebelumnya,” demikian bunyi rilis Indikator terkait hasil survei elektabilitas Partai Politik.

        Untuk diketahui, Survei Indikator kali ini dilakukan pada 27 Oktober sampai 1 November 2023 menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 1.220 orang. Sampel berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.220 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

        Baca Juga: Anies Baswedan Akui Sulit Indonesia Bisa Selesaikan Konflik Israel-Palestina: Jauh Sekali!

        Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan responden seluruhnya warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bayu Muhardianto
        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: