Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tak Hanya Olahraga, Cycling de Jabar Berhadiah Total Rp240 Juta!

        Tak Hanya Olahraga, Cycling de Jabar Berhadiah Total Rp240 Juta! Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Dunia olahraga di Jawa Barat disambut dengan antusiasme yang luar biasa dengan kehadiran Cycling de Jabar 2024 dengan menawarkan total hadiah mencapai Rp240 juta. 

        Para peserta dari lokal, nasional maupun berbagai belahan dunia akan berkumpul untuk merayakan semangat olahraga dan persahabatan dalam kompetisi bersepeda terbesar yang pernah ada di wilayah ini. 

        Baca Juga: Cycling de Jabar 2024 Dorong Pariwisata Cirebon Raya

        Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin menyambut baik event ini karena kompetisi ini juga menjadi momentum bagi industri pariwisata lokal. Diperkirakan, ribuan wisatawan akan memadati Jawa Barat untuk menyaksikan pertandingan dan menikmati keindahan alam serta kekayaan budaya yang ditawarkan. 

        "Kami juga ingin mendorong potensi wisata di Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning)," kata Bey kepada wartawan usai konperensi pers Cycling de Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (14/3/ 2024)

        Dia menilai bahwa potensi wisata dalam rute yang dilalui Cycling de Jabar 2024 sangat baik sehingga pihaknya ingin mempromosikan potensi wisata di Kertajati .

        "Kami minta kepada Kadisparbud Jabar Cirebon sebagai lokasi start event Cycling de Jabar 2024  jangan hanya sebatas seremonial pembukaan saja tapi akan diingat oleh para wisatawan," tegasnya 

        Selain Cirebon, rute Cycling de Jabar 2024 akan melewati Waduk Darma yang pesona wisatanya mirip dengan Ubud Bali bahkan serinh disebut sebagai Ubudnya Jawa Barat. Dengan kondisi danau yang sejuk dan meyajinkan pemandangan yang mempesona. 

        "Saya yakin dengan pemandangan yang indah di sana sehingga bisa mendorong wisatawan untuk berkunjung ke sana," ungkapnya

        Baca Juga: Cycling De Jabar 2024 Bakal Dongkrak Okupansi BIJB Kertajati

        Adapun, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat (Dispora Jabar), Asep Sukmana mengatakan kompetisi ini menjadi sorotan utama bagi pecinta sepeda di seluruh Indonesia dan juga di luar negeri. Ribuan peserta dari berbagai kategori usia dan tingkat keahlian akan berpartisipasi dalam event tersebut.

        Dia menilai Cycling de Jabar 2024 yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya ini akan lebih menarik dibandingkan dua event sebelumnya. 

        "Event ini sebagai alat untuk mempromosikan Jawa Barat. Bahkan sebelumnya telah dilakukan survey lokasi ternyata banyak potensiwisata yang bisa digarap dari mulai Cirebon sampai Pangandaran," jelasnya 

        Baca Juga: APINDO Jabar Gugat SK Gubernur Tentang Struktur dan Skala Upah

        Sebelumnya, kata Asep,  Cycling de Jabar menempuh jarak 367 km di dua etape yakni Ciletuh-Ranca Buaya dan Ranca Buaya-Pangandaran. Sedangkan untuk event ke tiga akan menempuh satu etape saja karena akan lebih menantang. 

        "Kalau untuk rute Cirebon-Pangandaran akan berat dulu di awal nanti di akhirnya datar," ujarnya 

        Dia mengaku optimis akan memacu adrenalin para peserta. Pasalnya, mereka  berjuang melewati rute yang menantang, melintasi pegunungan, lembah, dan desa-desa yang indah di Jawa Barat. Mereka menunjukkan kekuatan, ketahanan, dan determinasi yang luar biasa untuk mencapai garis finish.

        "Jadi juara untuk gelaran pertama tidak diperbolehkan lagi ikut serta. Diharapkan tahun ini kita ada juara baru pada event tahun ini," ungkapnya

        Hal ini menunjukkan bahwa pembinaan cabang olahraga sepeda di Jawa Barat dinilai baik tidak hanya didominasi oleh individu tertentu melainkan akan lahir bibit-bibit atlet berprestasi lainnya. Salah satunya atlet asal Kota Bandung yang kini sudah dikontrak oleh tim Eropa.

        Asep berharap, Cycling de Jabar 2024 tidak hanya menjadi ajang perlombaan biasa, tetapi juga menjadi peristiwa yang menginspirasi, menyatukan, dan mendorong semangat kebersamaan di antara semua pecinta sepeda di seluruh dunia.

        Baca Juga: Aliran Stok Beras, Jabar Akan Panen Raya di April-Juni 2024

        "Event ini sebagai bagian dari upaya kita untuk mencoba melahirkan atlet legendaris di Jawa Barat," pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: