Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kinerja Mengkilap Allianz Utama: Premi Bruto Mencapai Rp803,52 Miliar di 2023

        Kinerja Mengkilap Allianz Utama: Premi Bruto Mencapai Rp803,52 Miliar di 2023 Kredit Foto: Allianz Utama
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) membukukan premi bruto atau Gross Written Premium (GWP) sebesar Rp803,52 miliar di tahun 2023 atau tumbuh 20,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

        Pertumbuhan ini didorong oleh tiga lini asuransi andalan, yaitu asuransi properti dengan kontribusi sebesar Rp251,41 miliar, asuransi perjalanan sebesar Rp93,18 miliar, dan asuransi kendaraan bermotor sebesar Rp78,71 miliar. Hasil positif ini juga diikuti dengan peningkatan laba sebesar Rp16,99 miliar, meningkat 274% dari tahun sebelumnya.

        Baca Juga: Terapkan Lingkungan dan Budaya Kerja yang Positif, Allianz Indonesia Raih Sertifikasi Great Place to Work 2024

        Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, Sunadi menuturkan, perseroan memfokuskan produknya pada segmen ritel. Hal itu sejalan dengan salah satu komitmen Allianz untuk terus memenuhi kebutuhan proteksi nasabah yang beragam. 

        "Berkat komitmen ini dan dengan dukungan seluruh karyawan dan mitra bisnis, Allianz Utama berhasil terus bertumbuh di 2023,” kata Sunadi dalam keterangan tertulisnya, Jum'at (24/5/2024).

        Sunadi juga menuturkan, Allianz Utama terus mengembangkan bisnis ritel di Indonesia dalam upayanya memberikan proteksi yang terjangkau kepada masyarakat, dengan meningkatkan penetrasi melalui kanal-kanal distribusi yang dimiliki. 

        Dalam hal keagenan, Allianz Utama telah menyediakan AZNet, digital sales tool untuk para agen yang dapat diakses kapan pun, di mana pun mereka berada selama 7x24 jam.

        Baca Juga: Kolaborasi, Allianz Utama dan Garuda Indonesia Hadirkan TravelPro Insurance

        Dengan begitu, Allianz dapat lebih mudah membantu nasabah dalam mendapatkan perlindungan asuransi. Hingga akhir tahun 2023, Allianz Utama memiliki lebih dari 6.000 mitra bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia. 

        Allianz Utama juga memanfaatkan jalur distribusi affinity dengan mitra terpercaya, seperti bekerja sama dengan lebih dari 100 travel agent, sebagai salah satu strategi untuk memberikan perlindungan yang lebih luas dengan premi asuransi yang terjangkau. Di sisi technical excellence, Allianz Utama akan tetap menjalankan bisnis secara selektif sesuai dengan prinsip kehati-hatian serta dengan mengacu kepada pedoman dan kebijakan Allianz Grup. 

        Allianz Utama juga menghitung risiko dengan kecukupan premi yang ada, sehingga dapat melakukan kewajiban untuk membayar klaim. Pada 2023 Allianz Utama membayarkan klaim sebesar Rp171,01 miliar. 

        Baca Juga: Allianz, GIFT dan doctorSHARE Perkuat Rumah Sakit Kapal untuk Percepatan Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Pulau-Pulau Terpencil

        Allianz Utama juga kuat secara finansial dengan rasio kecukupan modal atau Risk-Based Capital Ratio (RBC) 448%, yang jauh di atas ketentuan minimum yang ditetapkan regulator.

        Sepanjang tahun 2023, Sunadi juga menyebut, Allianz Utama terus melakukan serangkaian inovasi yang meliputi pengembangan produk asuransi perjalanan TravelPro untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan terbaru yang berlaku.

        Di samping itu, Allianz juga meluncurkan Claim Hub untuk asuransi perjalanan yang berfungsi sebagai layanan yang dapat memberikan proses klaim yang lebih cepat dan efektif untuk nasabah. 

        Claim Hub membantu para mitra bisnis memonitor dan memandu nasabah dalam hal klaim. Sejak diluncurkan, para mitra bisnis telah merasakan layanan yang lancar dan memudahkan proses klaim, khususnya untuk asuransi perjalanan

        Baca Juga: Allianz Syariah Luncurkan Produk Asuransi untuk Generasi Muda Siapkan Warisan Sejak Dini

        “Optimalisasi teknologi telah terbukti menjadi cara terbaik untuk menerapkan operasi secara paperless dan menyederhanakan proses operasional untuk kenyamanan nasabah dan mitra bisnis. Selain itu, kami juga terus meningkatkan perlindungan data nasabah sebagai bentuk komitmen kami menjaga kepercayaan nasabah kepada Allianz,” kata Sunadi.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Andi Hidayat
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: