Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page yang Perlu Anda Ketahui!
Kehadiran website menjadi vital bagi individu maupun bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Namun, persaingan di dunia online pun tak kalah sengitnya.
Di sinilah peran Search Engine Optimization (SEO) menjadi kunci untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari seperti Google. Bagi Anda yang baru memasuki dunia SEO, penting untuk mengetahui perbedaan SEO on page dan SEO off page.
Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page
Apa perbedaan SEO on page dan SEO off page? Tentu saja ada perbedaan SEO on page dan SEO off page. Memahami perbedaan dan fungsinya secara mendalam menjadi krusial untuk merancang strategi SEO yang efektif dan mengantarkan website Anda ke puncak peringkat pencarian.
SEO On Page
SEO On Page adalah strategi atau teknik yang berfokus pada optimasi elemen-elemen internal website, serta dapat dikontrol langsung oleh pemilik website. Ibarat mendekorasi rumah, SEO On Page memastikan rumah Anda menarik dan mudah dipahami oleh tamu, dalam hal ini, mesin pencari.
Berikut beberapa elemen penting dalam SEO On Page.
1. Konten
Mengoptimasi konten adalah salah satu aktivitas dari SEO on page. Salah satu strategi optimasi konten adalah membuat konten yang berkualitas, informatif, dan relevan dengan target audiens. Selanjutnya menggunakan keyword yang tepat dan optimalkan meta description dan title tag.
2. Struktur Website
Pastikan website memiliki struktur yang jelas dan terorganisir dengan baik. Gunakan heading (H1, H2, H3, dll.) dan internal link untuk membantu navigasi dan pemahaman mesin pencari.
3. Kecepatan Website
Pastikan website Anda memiliki kecepatan loading yang optimal. Gunakan gambar yang terkompresi dan hindari kode yang berlebihan.
3. Optimasi Mobile
Pastikan website Anda responsive dan mobile-friendly untuk mengakomodasi pengguna perangkat mobile.
4. Keamanan Website
Gunakan sertifikat SSL untuk memastikan keamanan website dan meningkatkan kepercayaan pengguna.
SEO Off Page
Apa itu SEO Off Page? Apa perbedaan SEO on page dan SEO off page? Berbeda dengan SEO On Page, SEO Off Page berfokus pada faktor eksternal website yang tidak dapat dikontrol langsung oleh pemilik website.
SEO Off Page dapat diibaratkan sebagai pembangun reputasi di lingkungan sekitar website. Selain itu, SEO Off Page juga bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas dan popularitas website di mata mesin pencari dan pengguna.
Apa saja fokus dari SEO Off Page?
1. Backlink
Maksudnya, kita harus mendapatkan backlink dari website lain yang berkualitas dan relevan. Backlink ibarat rekomendasi dari website lain yang meningkatkan kredibilitas website Anda di mata mesin pencari. Backlink dari situs web yang memiliki otoritas tinggi dan konten yang relevan dengan niche Anda memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan backlink dari situs web dengan otoritas rendah atau yang tidak relevan.
Selain itu, backlink berkualitas juga dapat membawa lalu lintas organik yang lebih banyak ke situs web Anda, meningkatkan visibilitas dan eksposur bisnis Anda di dunia digital. Proses mendapatkan backlink ini sering disebut link building, dan melibatkan strategi seperti guest blogging, kerja sama dengan influencer, dan partisipasi aktif dalam komunitas online yang relevan. Anda bisa membuat backlink yang berkualitas dengan Metode Link Building.
Dengan membangun profil backlink yang kuat dan berkualitas, Anda tidak hanya meningkatkan peringkat di mesin pencari, tetapi juga membangun jaringan dan koneksi yang bermanfaat dalam jangka panjang. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mendapatkan atau membangun backlink yang berkualitas, Anda bisa membayar jasa penyedia backlink berpengalaman misalnya, seperti Garuda Backlink.
2. Social Media Engagement
Bangun interaksi dan engagement di media sosial untuk meningkatkan visibilitas dan koneksi dengan audiens. Bagikan konten website Anda secara rutin di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn untuk menjangkau lebih banyak orang.
Selain itu, ikuti akun media sosial yang relevan dengan industri atau niche Anda untuk tetap terhubung dengan tren terbaru dan memperluas jaringan Anda. Tanggapi komentar dan pertanyaan pengguna dengan cepat dan ramah untuk membangun hubungan yang lebih erat dan menunjukkan bahwa Anda menghargai interaksi mereka.
Berpartisipasilah dalam diskusi, buatlah postingan yang mengundang dialog, dan adakan sesi tanya jawab atau kontes untuk meningkatkan engagement. Dengan membangun kehadiran aktif di media sosial, Anda tidak hanya meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda, tetapi juga memperkuat hubungan dengan audiens dan menciptakan komunitas yang loyal.
3. Brand Mention
Dorong brand mention, yaitu sebutan nama website atau brand Anda di berbagai platform online. Brand mention meningkatkan awareness dan kredibilitas website.
4. Guest Blogging
Tulis artikel di website lain yang berkualitas dan relevan dengan niche website Anda. Sertakan backlink ke website Anda di artikel tersebut.
5. Forum dan Komunitas Online
Berpartisipasi aktif di forum dan komunitas online yang relevan dengan niche website Anda. Berikan jawaban yang informatif dan bermanfaat, dan sertakan link ke website Anda secara natural.
SEO On Page dan SEO Off Page bagaikan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. SEO On Page memastikan website Anda memiliki pondasi yang kuat dan konten yang berkualitas, sedangkan SEO Off Page membantu website Anda mendapatkan popularitas dan kredibilitas di mata mesin pencari dan pengguna.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: