Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jasa SEO dan Tugasnya dalam Pengoptimalan SEO

Jasa SEO dan Tugasnya dalam Pengoptimalan SEO Kredit Foto: Undercover.co.id
Warta Ekonomi, Jakarta -

Di zaman perkembangan era digital dan media yang didukung dengan banyak teknologi canggih yang selalu mengeluarkan inovasi terbaru, SEO merupakan sebuah kata yang tidak asing lagi. Penggunaan SEO menjadi sangat populer dan terus ditingkatkan, karena adanya pengaplikasian SEO dalam sebuah website dianggap dapat memberikan keuntungan lebih khususnya dalam bidang promosi bisnis. SEO ini kerap juga ditingkatkan dengan hadirnya Jasa SEO yang sangat dibutuhkan saat ini.

Pengertian Jasa SEO

Pengoptimalan sebuah mesin pencari atau kerap disebut dengan SEO memiliki peran yang sangat besar dan penting dalam kepentingan laman situs menempati posisi teratas dalam mesin pencarian. Perkembangan digital menuntut inovasi seperti dengan kehadiran para pakar atau jasa dalam penggunaan SEO. Jasa SEO merupakan sebuah ahli dalam SEO yang memiliki tugas untuk meninjau, menganalisis, menguji, mengoptimalkan halaman situs, dan memaksimalkan sebuah SEO.

Memiliki informasi mengenai dimana tempat target yang dituju dan apa yang diinginkan oleh target tersebut merupakan sebuah strategi dalam meningkatkan SEO. Jasa SEO merupakan penyedia bantuan dalam hal memaksimalkan SEO. Banyaknya ketentuan dalam SEO kadang menimbulkan pemahaman yang sulit, namun dengan kehadiran Jasa SEO tentu akan memudahkan kita, saat memberikan langsung pada ahli yang sudah mengerti caranya.

Beberapa keterampilan harus dimiliki oleh penyedia Jasa SEO, agar dapat dipercaya pengerjaannya. Keterampilan tersebut adalah taktis, kritis, analitis, teliti, integratif, dan berpikir strategis. Adanya jasa SEO ini juga diharapkan dapat mengerjakan jasa secara tepat waktu, agar tidak ada perselisihan antara pengguna jasa SEO dan pakar SEO yang mengerjakannya.

Riset yang dilakukan oleh penyedia Jasa SEO melalui kata kunci (keyword) yang kuat serta memanfaatkan tools- tools yang dianggap mampu mengoptimalkan SEO seperti Keyword Planner, Google Analytics, Google Search Console tentu akan mendorong potensi besar untuk menaikkan tingkat visibilitas halaman situs di mesin pencarian yang juga akan berdampak positif kepada pemilik situs yang mempercayakan jasa SEO tersebut. Umumnya, penyedia jasa SEO dapat bekerja sama dengan para tim pemasaran yang dianggap dapat memperluas ide baru dalam mengelola situs halaman dan sosial media.

Penjelasan lengkap mengenai pekerjaan dan tugas dari penyedia jasa SEO terkait pekerjaan konsultan SEO termasuk dengan pengaplikasian aplikasi Wordpress yang menjadi pilihan yang sangat populer dalam menjalankan sebuah SEO, saat ini memberikan banyak peningkatan termasuk di dalamnya untuk memenuhi syarat dari keterampilan yang berfokus untuk strategi konten serta kata kunci. Jasa SEO dituntut untuk memberikan hasil yang unik, informatif, tidak umum, dan mudah dimengerti.

Seperti yang diketahui di era digital saat ini, persaingan berjalan dengan sangat cepat dan sulit. Hal ini juga berlaku dalam SEO, yang diminta untuk terus bisa memberikan pembaruan terbaru dan mengikuti update terkait segala algoritma mesin pencari dan kinerja para pesaing. Penyedia jasa SEO diharapkan dapat senantiasa mengikuti trend yang sedang berjalan dan diminati pasar saat ini.

Jasa SEO diminta agar selalu sejalan dengan pemakai jasa tersebut. Hal ini agar tidak adanya kesalahan dalam komunikasi dan keinginan yang diharapkan di dalamnya. Penyedia jasa SEO harus mampu memahami struktur yang diinginkan pengguna jasa dan target pasar yang dituju di dalamnya, agar hasil yang diberikan sesuai dan tidak memakan banyak waktu untuk melakukan revisi terhadap pengerjaan.

Keahlian yang harus dimiliki penyedia Jasa SEO

Pada umumnya penyedia jasa SEO akan berkolaborasi langsung dengan divisi- divisi terkait yang ahli dalam bidang sosial media atau pemasaran, sehingga dalam proses pengerjaannya akan ada update dan riset terkait dari tim pemasaran email, pemasaran media sosial, serta yang terpenting adalah tim riset mesin pencari dan insight terkait SEO.

Dalam pandangan yang luas, SEO memiliki peran yang besar dalam sebuah situs web dan memiliki keterkaitan yang tinggi dalam semua bagian. Hal ini menyebabkan kemungkinan penyedia Jasa SEO juga akan bekerja sama dengan tim desain, tim penjualan, tim informatika, desain serta penyedia jasa layanan pelanggan dalam mengoptimalkan pekerjaan dan kegiatan penyelesaian Jasa SEO.

Tanggung jawab dan ketelitian besar tentu dibutuhkan dalam pengerjaan SEO. Spesialis dalam SEO akan diharapkan untuk dapat memberikan hasil kinerja yang memuaskan, serta ada peningkatan yang jelas dalam halaman situs pengguna jasa SEO. Penyedia jasa SEO diharapkan memiliki sejumlah keahlian dan skill yang penting dalam pekerjaannya. Keahlian yang harus dimiliki tersebut adalah :

  • Dapat melakukan analisa dalam sebuah halaman situs
    Kampanye dalam meningkatkan pemasaran dan promosi SEO di sebuah situs akan sangat berkaitan dengan keberhasilan yang akan diterima, baik dalam memenuhi keinginan target atau menyesuaikan standar dalam menempati posisi teratas di sebuah mesin pencari. Faktor- faktor yang mendukung hal ini adalah backlink, judul, sub- judul, kata kunci, dan format artikel. Bagian- bagian penting ini akan menjadi pertimbangan besar bagi penyedia jasa SEO dalam melakukan review, menganalisis dan membangun SEO di sebuah situs website secara maksimal.
  • Mampu mempertimbangkan kata kunci yang tepat
    Kata kunci merupakan bagian yang sangat penting dalam sistematika SEO. Pemilihan kata kunci menjadi faktor penentu apakah sebuah SEO dapat menduduki peringkat teratas dalam sebuah mesin pencari. Penyedia jasa harus memiliki keahlian untuk menentukan sebuah kata kunci. Keahlian ini merupakan keahlian dasar yang sudah seharusnya dimiliki ahli SEO. Kata kunci yang dipilih seharusnya tidak bersifat general (umum) atau menyalin dari situs lain, karena akan dianggap sulit untuk bersaing.
  • Pemahaman dalam grafik parameter mesin pencari
    Keahlian ini merupakan hal yang harus dimiliki oleh spesialis SEO, sebagai orang yang tentunya memiliki kaitan yang penting dengan SEO. Penyedia jasa ini harus dapat memiliki pemahaman yang baik dalam mengikuti perkembangan pasar yang sedang populer saat ini. Pemahaman yang harus dimiliki tersebut mulai dari ketentuan dalam penulisan SERP, hingga melihat apakah hasil akhir sudah cukup baik atau malah sebaliknya. Grafik parameter juga merupakan penghubung antara pemilik website dengan orang- orang yang mengunjungi situs tersebut. Acuan perbaikan akan ditinjau dari aktivitas dalam grafik parameter ini.
  • Mampu melihat proses analitik SEO
    Setiap penyedia jasa SEO juga diharapkan memiliki keahlian dalam menganalisis masalah yang ada dengan penuh pertimbangan dalam mencari solusinya, melakukan riset terhadap sumber yang mengikutinya serta memberikan fokus lebih lagi terhadap perumusan masalah SEO, agar hasil yang diberikan tetap optimal, sehingga memberi kepuasan terhadap pengguna jasa SEO pada situs website yang dimilikinya.
  • Mahir dalam pembuatan sebuah konten
    Konten merupakan hal yang terpenting dalam perkembangan era digital saat ini. Tidak hanya dalam peningkatan SEO, namun juga dalam seluruh unggahan di sosial media. Konten merupakan unggahan yang akan mencerminkan bagaimana artikel kita layak atau tidak menempati posisi pertama dalam mesin pencari. Penyedia Jasa SEO diharapkan dapat memiliki ide konten yang unik dan tidak bertema general, agar dapat mengoptimalkan unggahan hasil akhir dari SEO tersebut.
  • Mampu mengaplikasikan bidang Teknologi Informasi dan Internet
    SEO sangat erat kaitannya dengan internet dan teknologi informasi. Hal ini karena adanya SEO memang digunakan untuk unggahan ke internet, agar dapat dilihat dan dikunjungi oleh banyak pengguna internet. Seorang ahli yang menawarkan jasa mengoptimalkan SEO, sudah seharusnya memahami bidang ini, karena jika tidak tentu akan merasa kesulitan dan tidak maksimal saat pengerjaannya.
  • Memiliki pemahaman mengenai bisnis dan manajemen
    Selain bidang teknologi informasi dan internet, pengetahuan tentang bisnis dan manajemen juga sangat dibutuhkan bagi penyedia jasa ini. Jika tidak adanya pemahaman dalam kedua bidang ini, tentu penawaran jasa SEO akan menyebabkan kerugian sepihak dan tidak sebanding dengan tenaga yang sudah dikeluarkan saat pengerjaan pembuatan SEO untuk klien.

Contoh Tugas yang dilakukan penyedia Jasa SEO

Ahli dalam SEO memiliki tanggung jawab dan tugas yang bervariasi, yang dibagi atas tujuan dan kepentingannya. Umumnya, tugas ini dibagi antara untuk agen promosi perusahaan atau kebutuhan freelance. Dalam penjelasan secara luas, sebagian besar tugas pokok dari penyedia jasa SEO adalah sebagai berikut:

  • Memiliki tanggung jawab yang penuh untuk melakukan optimalisasi situs halaman dan menempatkan posisi situs menjadi teratas dalam mesin pencari.
  • Memperluas strategi penting yang berkaitan dengan pengoptimalan artikel SEO, untuk selalu meningkat secara berkala pada mesin pencari.
  • Melaksanakan kerjasama tim serta komunikasi yang baik dalam bertukar pendapat dengan tim dari bidang pengembangan web, sebagai bentuk kepastian bahwa ketentuan pengoptimalan SEO telah benar dilakukan dan mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.
  • Melaksanakan sebuah uji target pasar, mengumpulkan data serta melakukan analisis antara proses pengelompokkan data dan hasil akhir dari SEO. Diharapkan agar bisa memahami pergerakan trend yang ada dan pengetahuan guna mencapai ROI maksimal khususnya pada campaign yang berbayar
  • Berkolaborasi dengan tim dari promosi serta editorial dan desain untuk mendukung SEO dalam pengerjaannya saat membuat konten dan menghubungkannya dengan cara promosi yang diminati oleh banyak pengguna situs internet di dalamnya.
  • Memantau keuangan dengan cara mampu pengelola pemasukan serta pengeluaran dalam kampanye SEO, agar sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan, serta menetapkan biaya tetap bulanan dan membandingkan perbedaannya secara berkala.

Kehadiran SEO merupakan bentuk nyata yang telah berlangsung beberapa waktu, khususnya saat masa meningkatnya bisnis online dan kehadiran banyak teknologi dengan inovasi canggih. Adanya SEO semakin didukung oleh pengguna pemasaran digital yang telah menjadi pionir pembuka banyak peluang pekerjaan dalam bidang perkembangan teknologi dan internet ini.

Halaman situs yang sering muncul, menjadi penyebab utama banyak perusahaan yang melakukan persaingan untuk mendapatkan perhatian dari seluruh target pasar di internet khususnya pada mesin pencari yang populer seperti Google. Hal ini yang menjadi alasan utama atas peningkatan penggunaan SEO bagi konten yang diunggah dan pencarian organik. Sehingga, menghasilkan banyak penyedia jasa dan penawaran bantuan pengoptimalan SEO yang siap membantu kebutuhan pemilik perusahaan bisnis.

Banyaknya peluang yang tercipta tentu membangkitkan semakin tingginya kehadiran para ahli SEO yang belajar serta berlatih khusus untuk pengerjaan SEO tersebut. Para ahli ini kini sudah memakai peluang mereka untuk menjadi spesialis SEO dengan cara menguasai dan menambah pengetahuan tentang algoritma di dalam mesin pencari, sehingga mereka berani untuk menawarkan jasa SEO pada klien atau perusahaan yang sedang melakukan promosi terhadap barang yang dimilikinya. Keahlian dalam SEO dapat ditingkatkan dengan mengikuti berbagai kursus atau menonton video pelatihan mengenai SEO yang tersedia dan lebih baik jika bisa langsung mengaplikasikannya ke dalam tools, agar lebih cepat memahaminya. Kemahiran dalam SEO dapat ditingkatkan lebih lagi karena di era saat ini, sudah banyak kemudahan dalam mengakses pembelajaran mengenai bidang ini.

Jenis- jenis layanan yang umumnya ditawarkan oleh Penyedia Jasa SEO

Jasa dalam membantu pengelolaan website terbagi lagi atas beberapa jenis, guna untuk memberikan detail pengerjaan yang lebih spesifik atas apa yang diinginkan serta ditujukan oleh klien tersebut. Berikut merupakan rangkuman dari beberapa jenis layanan tersebut yang bisa digunakan :

  • SEO Teknikal

Definisi dari SEO Teknikal adalah sebuah analisis yang merupakan bagian dari faktor teknis halaman situs yang akan memberikan pengaruh besar dalam menentukan rangking sebuah website. Terdapat beberapa faktor yang akan berperan besar dalam pergerakan serta respon situs terhadap penggunaan telepon seluler atau SSL/ HTTPS sesuai dengan yang digunakan para pengakses situs. Hal ini akan mendorong tingkat efisiensi yang berfungsi untuk menentukan layak tidaknya SEO untuk menjadi perangkat teratas dalam mesin pencari. Penggunaan layanan jasa ini pada umumnya digunakan pada situs yang baru dirilis.

  • SEO On- Page

Melakukan pengoptimalan terhadap halaman situs yang dapat dilihat dan dinilai banyak pengunjung situs sangat dibutuhkan, hal ini terkandung seluruhnya dalam SEO On- Page. Penampilan website akan berperan besar untuk menarik perhatian banyak pengunjung situs, agar melakukan interaksi pada halaman website. Pertumbuhan SEO akan berjalan sesuai dengan penampilan yang ada di dalamnya. Faktor- faktor yang harus diperhatikan dalam meningkatkan kualitas SEO- On Page adalah header, meta, serta konten yang terkandung di dalamnya untuk diunggah. Umumnya, penyedia jasa layanan pengoptimalan SEO akan menawarkan faktor tersebut untuk sepaket dijalankan pengoptimalannya.

  • SEO Off- Page

Selain dalam halaman SEO langsung, pengoptimalan SEO juga membutuhkan adanya peran dari pertumbuhan SEO yang tertera di luar website tersebut. Penyedia jasa SEO akan memanfaatkan hal ini untuk meningkatkan SEO dari kedua bagian, yaitu luar dan dalam halaman situs website. Pada bagian ini, faktor- faktor yang paling mendukung adalah backlinks dan sosial media. Backlink merupakan sebuah tautan/ link yang akan mengarah ke situs lain, yang berkaitan dengan pembahasan dalam artikel yang kita unggah. Backlink akan tertera di dalam situs yang kita buat, untuk memudahkan pengunjung situs mendapatkan informasi lain. Kehadiran dari Jasa backlink yang sudah terbukti berkualitas tentu akan sangat membantu pengoptimalan SEO dari berbagai aspek.

  • Jasa SEO Backlink

Penjelasan mengenai bahwa backlink merupakan salah satu faktor yang sangat berperan penting dalam meningkatkan sebuah website menjadi ranking teratas dalam mesin pencari, sudah merupakan hal yang umum. Kisaran harga backlink berada pada 250 ribu hingga mencapai 1 juta untuk setiap backlink. Harga ini akan menyesuaikan pengaplikasian dan kebutuhan dari backlink sendiri.

Jasa backlink media nasional juga memiliki peranan yang sama pentingnya untuk meningkatkan SEO. Para pencari jasa SEO diharapkan tidak memilih penyedia jasa secara terburu- buru dan sembarangan, karena berpotensi menimbulkan kerugian. Pilih penyedia jasa SEO yang memang sudah dipercaya memiliki kualitas dan tanggung jawab yang tinggi untuk melakukan pengoptimalan SEO sesuai yang diminta oleh kliennya. Teknik white hat dapat membantu website untuk selalu aman berada di mesin pencari, dalam kurun waktu yang panjang.

  • SEO Organik

Peningkatan SEO dalam mesin pencari akan semakin maksimal dengan memperhatikan bagian organik utama yang terdapat di dalamnya. SEO Organik memiliki definisi sebagai metode yang tergolong klasik yang memiliki fungsi untuk meningkatkan pengoptimalan dari SEO. Proses tersebut dimulai dari saat pengguna memasukkan kata kunci untuk mencari informasi yang dituju pada halaman mesin pencari. Teknik yang diaplikasikan adalah menyebarkan informasi ke dalam beberapa sosial media. Keberhasilan akan bergantung pada isi konten yang ditulis penyedia jasa dalam website tersebut.

  • SEO Lokal

Peningkatan bisnis akan berkaitan erat dengan lingkungan disekitarnya atau bagian lokal. Cara ini adalah menaikkan perkembangan SEO dengan melakukan aktivitas maksimal di sekitar area yang dekat dengan pelaku usaha pada mesin pencari seperti Google. Fitur map akan memudahkan pencarian ini, yang biasanya akan memberi hasil 3 bisnis yang terdata memiliki peringkat tertinggi dalam halaman Google Map yang telah disesuaikan dengan lokasi dari bisnis kamu secara detail.

  • SEO Suara

Adanya penggunaan suara saat mencari informasi di sebuah mesin pencari, tentu akan sangat memudahkan penggunanya. Jasa layanan yang mengandung suara ini dinamakan Voice Search Optimization merupakan inovasi terbaru dari SEO. Untuk menghemat waktu agar lebih efisien, pengguna akan lebih sering mencari informasi menggunakan unsur suara dibanding dengan mengetik pada mesin pencari.

  • Manajemen Reputasi

Agen penyedia jasa SEO sudah seharusnya menyediakan sebuah manajemen dari reputasi yang tertera dalam bentuk online. Hal ini disebabkan oleh umumnya pengguna internet lebih memanfaatkan ulasan online yang akan membantu mereka mempertimbangkan pilihan akhir dari produk yang akan dipilih. Ulasan produk yang diberikan sangat berguna, karena dapat dijadikan acuan untuk mengubah SEO menjadi lebih baik lagi.

  • Kesimpulan

Jasa SEO akan memiliki peran yang besar dan sangat berguna untuk meningkatkan SEO dalam mesin pencari, ketika klien tidak salah pilih penyedia jasa. Sehingga, sebelum memilih diharapkan klien sudah memiliki informasi yang jelas terlebih dahulu mengenai penyedia jasa SEO tersebut, sehingga dapat memberikan kepuasan terhadap pengguna jasa SEO dan berdampak positif hasilnya.

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Kembali Laporkan Dua Dapen yang Dikelola BUMN ke Kejagung

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: