Hampir Seminggu Gangguan, Kominfo Sampaikan Permohonan Maaf Soal Lumpuhnya Pusat Data Nasional
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meminta maaf terkait dengan gangguan sampai dengan ketidaknyamanan akibat terganggunya Pusat Data Nasional (PDN).
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan pihaknya paham akan keresahan publik dan sedang berusaha untuk memulihkan layanan terkait, terbaru kondisinya sudah berangsur pulih.
Baca Juga: Update Terbaru Gangguan Pusat Data Nasional, Ini Perkembangan Pemulihan oleh Kominfo
"Kami kembali menyampaikan permohonan maaf atas penurunan kualitas layanan yang terjadi akibat gangguan tersebut," ucap Semuel, dilansir Senin (24/06/2024).
Kominfo terus melakukan upaya terbaik, pemulihan berangsur secara bertahap seperti yang terlihat dari pulihnya beberapa layanan yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Imigrasi.
"Direktorat Jenderal Imigrasi terus melakukan pemulihan layanan keimigrasian sehingga sistem berangsur pulih. Sistem autogate maupun counter petugas imigrasi sudah dapat berfungsi, baik di pintu keberangkatan maupun pintu kedatangan," ujar Semuel.
Disampaikan, Semuel untuk sistem layanan lainnya, saat ini masih terus dilakukan upaya pemulihan dan langkah mitigasi untuk mencegah dampak yang lebih luas.
Baca Juga: Perkembangan Pusat Data Nasional, Ini Tindakan Lanjutan dan Pemulihan Kominfo
Sebelumnya, PDN mengalami gangguan sejak Kamis (20/6/2024). Akibat gangguan tersebut, sejumlah layanan publik lumpuh, salah satunya layanan keimigrasian. Adapun yang mengalami gangguan ini adalah Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Aldi Ginastiar
Editor: Aldi Ginastiar