Ninja Xpress Perkuat Dukungan untuk Industri Ritel dengan Solusi Logistik Terintegrasi yang Praktis dan Ekonomis Melalui Ninja B2BR
Sebagai bentuk dukungan dan untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh dinamika industri ritel di Indonesia, Ninja Xpress sebagai perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia berkomitmen untuk menjadi mitra logistik yang terpercaya.
Dengan fokus utama pada efisiensi operasional untuk mendukung solusi komersil, Ninja Xpress menawarkan ekosistem logistik terintegrasi yang komprehensif, dari hulu hingga hilir, membantu perusahaan menjaga kelancaran operasional bisnis mereka.
Kementerian Perdagangan menilai prospek bisnis ritel modern saat ini masih sangat menjanjikan. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Suhanto mengatakan prospek bisnis ritel modern tahun ini secara umum masih menunjukan tren yang positif.
Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress menyatakan, “Perkembangan bisnis ritel dapat terlihat dari perkembangan pertumbuhan konsumsi barang yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Sejalan dengan Suara UKM Negeri Vol III, dimana barang yang paling banyak dibeli oleh pembeli online atau e-shopaholics adalah Food and Beverages. Melihat salah satu kebutuhan dalam mendukung operasional bisnis ritel yang terletak pada efisiensi pengiriman logistik, Ninja Xpress dengan fokus utama pada efisiensi operasional mendukung solusi komersial menawarkan ekosistem logistik terintegrasi yang komprehensif, dari hulu hingga hilir, membantu perusahaan menjaga kelancaran operasional bisnis mereka.”
Hanya saja, meskipun memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan, sektor ini masih menghadapi berbagai tantangan. Salah satu tantangan utama yang dihadapi perusahaan ritel adalah memastikan ketersediaan stok di toko sekaligus menghindari penumpukan stok di gudang.
Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Business Review menunjukkan bahwa perusahaan ritel dapat kehilangan hampir setengah dari penjualan yang diharapkan ketika konsumen menghadapi situasi kehabisan stok.
Baca Juga: SPSL Customer Hearing 2024, Langkah Nyata Tingkatkan Layanan Logistik & Hinterland
Mengingat kebutuhan dan tantangan tersebut, Ninja Xpress hadir sebagai mitra logistik terpercaya melalui layanan Ninja B2BR (Business-to-Business-Restock), dengan tagline “Antaran Praktis dan Ekonomis” yang bertujuan untuk mengoptimalkan proses pengiriman operasional bagi bisnis ritel. Dalam hal ini penyebutan antaran praktis didukung oleh kelebihan Ninja Xpress yaitu:
- Pengantaran Multi-Parcel hanya dengan satu airwaybill.
- Proses Multi-drop yaitu pick up dan pengiriman ke banyak titik dalam satu kali pengantaran
- Teknologi Polygon Routing yang membantu memperkirakan waktu pengiriman sesuai SLA yang telah ditentukan, sehingga dapat menjaga kualitas produk
Selain itu, antaran ekonomis didukung oleh kelebihan pengiriman Ninja Xpress yaitu:
- Customized handling sesuai kebutuhan ritel seperti pengembalian Delivery Order (DO) atau Bukti Kirim Barang yang tidak dipungut biaya tambahan.
- Hub and spoke, dimana ekosistem logistik Ninja Xpress memungkinkan ritel mempersingkat beberapa step pengiriman per poin, sehingga biaya menjadi lebih murah.
Rifani Budi, VP of Corporate Sales Ninja Xpress menambahkan, “Ninja Xpress berkomitmen untuk menghadirkan solusi logistik yang inovatif dan disesuaikan dengan kebutuhan klien kami, membantu mereka mengatasi tantangan dalam manajemen stok dan distribusi barang. Yang pada akhirnya dapat memberikan solusi komersil bagi bisnis klien kami.”
Salah satu contoh sukses dari layanan B2BR Ninja Xpress adalah kolaborasinya dengan Kopi Kenangan dalam pengiriman “Cerita Roti”. Tantangan dalam pengiriman roti, seperti menjaga kesegaran dan kualitas produk termasuk juga tantangan penjemputan dan pengiriman barang, dapat teratasi dengan Layanan Ninja B2BR.
Baca Juga: Tingkatkan Layanan Logistik, PosIND Terapkan Teknologi Ramah Lingkungan
Welderson Napitupulu, Supply Chain Senior Manager Kopi Kenangan menyampaikan, “Kemitraan kami dengan Ninja Xpress telah menjadi game-changer bagi operasional logistik kami. Dengan pendekatan just-in-time mereka, kami telah melihat transformasi yang luar biasa dalam operasional kami. Sebelumnya jam pick up kami adalah di jam 6 pagi dimana pengantaran roti ke oulet dilakukan pada siang menuju sore hari. Dengan menggunakan Ninja Xpress penjemputan dilakukan pada malam hari saat roti baru jadi, dan pengiriman dilakukan paling lambat jam 12 siang. Dalam hal ini kami dapat memaksimalkan penjualan kami. Selain itu customized solution seperti pengembalian tray setelah roti diantarkan juga dapat membantu kami menjaga biaya operasional pengiriman kami.".
Dalam kerja sama dengan Kopi Kenangan, Ninja Xpress memastikan bahwa roti diantarkan mulai pukul 6 pagi setiap hari ke 188 gerai Kopi Kenangan di Jabodetabek dalam waktu 4-6 jam dan saat ini berhasil mencapai Service Level Agreement (SLA) hingga 95%. Selain itu Ninja Xpress juga terus menjaga kualitas pengiriman, yang terbukti dengan rendahnya Damage rate atau kerusakan yang timbul dalam pengiriman Food Category. Pada akhirnya, kerja sama ini membantu Kopi Kenangan mempertahankan kesegaran produk dan opportunity bisnis.
Tidak hanya logistik terintegrasi yakni Ninja B2BR, Ninja Xpress juga menawarkan berbagai solusi, termasuk Ninja Fulfillment, untuk mendukung layanan pergudangan, meminimalkan biaya penyimpanan inventaris, dan menyediakan tenaga profesional untuk manajemen gudang. Informasi lebih lanjut mengenai Ninja B2BR, hubungi Cendana/0878-7924-4170.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: