PT Hassana Boga Sejahtera Tbk (NAYZ), produsen makanan bayi organik terkemuka, semakin memperkuat komitmennya dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. NAYZ bersama Bank BJB (BJBR) hadir memberikan edukasi dan inspirasi bagi para pelaku UMKM lokal dalam sebuah seminar bisnis yang digelar di Kecamatan Cibodas, Tangerang.
Seminar ini memfokuskan pada bagaimana UMKM dapat memanfaatkan era digital untuk mengembangkan bisnis mereka secara berkelanjutan.
Direktur PT Hassana Boga Sejahtera Tbk, Bambang Setiadji, menegaskan pentingnya kolaborasi antara korporasi besar seperti NAYZ dan UMKM untuk memperkuat perekonomian nasional. "UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia. Melalui seminar ini, kami ingin memastikan mereka memiliki akses ke pengetahuan dan strategi yang dibutuhkan untuk bertahan dan tumbuh di era digital ini," ujar Bambang, Kamis (26/9/2024).
Baca Juga: Kisah Bos SKBFood Eko Pujianto Diyakini MenkopUKM Berkontribusi Terhadap Kemajuan UMKM Nasional
Selain itu, NAYZ menekankan pentingnya penggunaan strategi pemasaran digital yang efektif, dengan memanfaatkan platform seperti TikTok dan LinkedIn untuk meningkatkan kesadaran merek. Dengan berbagai panduan praktis, NAYZ memberikan wawasan tentang cara memaksimalkan potensi digital untuk memperluas pangsa pasar UMKM di tengah persaingan yang ketat.
Kolaborasi ini juga didukung oleh Bank BJB yang berperan penting dalam memberikan akses pembiayaan inklusif bagi para pelaku usaha kecil. "Dengan dukungan dari Bank BJB, kami berharap pelaku UMKM lebih mudah mendapatkan akses perbankan yang dapat membantu mereka mengembangkan bisnis," kata Bambang.
Bank BJB melalui kolaborasinya dengan PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera), berfokus pada pemberdayaan perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro. Hingga 30 Juni 2024, Bank BJB telah menyalurkan kredit kepada sektor ultra mikro di Jawa Barat dan Banten mencapai Rp5,30 triliun.
Baca Juga: JULO dan eFishery Perkuat Pembiayaan UMKM Sektor Produktif Akuakultur
Selain memberikan dukungan pada UMKM, PT Hassana Boga Sejahtera Tbk juga terus menunjukkan kinerja keuangan yang positif. Per 30 Juni 2024, perseroan membukukan penjualan senilai Rp25,39 miliar, naik dari Rp22,29 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Kontribusi terbesar berasal dari distributor dengan angka Rp14,29 miliar, sementara segmen ritel dan mitra menyumbang masing-masing Rp3,73 miliar dan Rp7,69 miliar.
Ke depan, NAYZ optimis dapat terus berkolaborasi dengan UMKM untuk menciptakan ekosistem bisnis yang sehat dan berkelanjutan, sejalan dengan perkembangan pasar digital yang semakin pesat.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait: