Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        BNI Bawa Produk Tempe Mendunia, Ekspor Tembus Amerika Serikat (AS)

        BNI Bawa Produk Tempe Mendunia, Ekspor Tembus Amerika Serikat (AS) Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) terus memperkuat komitmennya dalam mendukung peluasan pasar dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Salah satu kisah sukses kali ini datang dari Rumah Tempe Azaki.

        Corporate Secretary Bank Negara Indonesia, Okki Rushartomo, menjelaskan bahwa pihaknya menghadirkan solusi digital yang terintegrasi guna memperkuat daya saing usaha lokal dalam pasar global. Rumah Tempe Azaki dalam kasus ini sukses mengekspor produk tempe hingga sepuluh negara, termasuk Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Arab Saudi.

        Baca Juga: Tumbuh 50 Persen, Transaksi BNIdirect API Tembus Rp1.230 Triliun

        “BNI Xpora dan BNIdirect menyediakan infrastruktur keuangan yang kuat dan terpercaya bagi pelaku usaha seperti Rumah Tempe Azaki,” ujar Okki, dilansir Selasa (1/7).

        Keberhasilan ekspor tersebut tidak lepas dari dukungan platform digital dan layanan dari BNI. Layanan tersebut memudahkan transaksi keuangan internasional secara real-time, aman, dan efisien. 

        BNIdirect memungkinkan usaha lokal untuk memantau transfer dari buyer luar negeri, mengelola kurs valuta asing, hingga membayar gaji karyawan secara akurat. Sementara BNI Xpora menghubungkan mereka dengan calon pembeli internasional melalui business matching, promosi digital, dan market insight.

        Rumah Tempe Azaki kini mengoperasikan pabrik seluas 1.847 meter persegi dengan kapasitas produksi mencapai 4,5 ton tempe per hari. Produk andalannya mencakup tempe beku dan keripik tempe, yang telah memenuhi standar ekspor seperti FSSC 22000, HACCP, Halal, BPOM, dan menerapkan Good Manufacturing Practice (GMP).

        BNI menyebutkan bahwa kesuksesan usaha lokal tersebut menjadi bukti bahwa ekosistem usaha lokal memiliki daya saing tinggi, terutama jika didukung dengan ekosistem digital yang inklusif dan terintegrasi.

        Baca Juga: Didukung BNI, Pameran Tahunan Mommy N Me Kembali Sapa Jakarta Mulai 27 Juni 2025

        Ke depan, pihaknya akan terus memperkuat peranannya dalam mendorong usaha nasional untuk go global, melalui teknologi dan jaringan internasional yang dimiliki, guna mendorong kontribusi usaha lokal terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: