Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kementerian Ekraf Buka Peluang Ratusan Kreator Lokal Tembus Pasar Global

        Kementerian Ekraf Buka Peluang Ratusan Kreator Lokal Tembus Pasar Global Kredit Foto: Dok. Kemenekraf
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kementerian Ekonomi Kreatif (Ekraf) siap mendukung talenta lokal bersaing di pasar global dengan menjalin kemitraan strategis bersama Volkswagen Indonesia.

        Kolaborasi tersebut dilakukan melalui kampanye ID.BUZZ untuk membuka peluang bagi 500+ kreator lokal menembus pasar global yang mencakup kompetisi desain, seni mural, dan pengembangan konten digital.

        Baca Juga: Kementerian Ekraf Akan Perluas Kolaborasi dengan Industri Gim Nasional

        Kolaborasi tersebut berpotensi meningkatkan nilai ekspor produk kreatif Indonesia sebesar 20 persen di sektor otomotif.

        Kolaborasi ini terungkap saat Wakil Menteri (Wamen) Ekraf menerima audiensi PT Garuda Mataram Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen Indonesia, di Autograph Tower Jakarta, Indonesia, Kamis (3/7/2025).

        Pertemuan ini menjadi bagian dari upaya memperluas ruang ekspresi bagi pegiat ekonomi kreatif Indonesia, sekaligus menjembatani karya anak bangsa agar terlibat langsung dalam kampanye internasional produk otomotif dunia.

        “Saya melihat potensi besar dari sinergi ini, di mana kreativitas anak muda Indonesia bisa tampil di panggung internasional. Pemerintah siap menjadi corong dan fasilitator bagi talenta lokal agar karyanya tidak hanya mendapat tempat di negeri sendiri, tetapi juga bisa bersaing secara global,” ujar Wamen Ekraf, dikutip dari siaran pers Kementerian Ekraf, Senin (7/7).

        Langkah ini juga sejalan dengan strategi pemerintah dalam mendorong ekspor produk ekonomi kreatif berbasis kekayaan intelektual lokal. Keterlibatan pelaku industri besar seperti Volkswagen membuka peluang kolaborasi lintas sektor yang berorientasi pada pasar global.

        Kolaborasi ini akan memulai debutnya lewat live painting karya seniman lokal di Jogja Volkswagen Festival (10–13 Juli 2025), sekaligus peluncuran Kompetisi Desain ID. BUZZ untuk pegiat ekraf binaan Kemenekraf. Karya terpilih akan diwujudkan dalam bentuk stiker dari MAXDECAL yang membalut kendaraan listrik ID. BUZZ.

        Puncak kolaborasi ini akan ditampilkan di ajang GIIAS 2025, dimulai dengan pengumuman resmi kerja sama pada 23 Juli (Press Day). Selama pameran (23–31 Juli), akan digelar sesi live painting yang ditutup dengan reveal event pada 1 Agustus. Pemenang utama kompetisi dijadwalkan diumumkan dalam 2–3 bulan setelahnya.

        Chief Operations Officer PT Garuda Mataram Motor, Ahmad Badawi, menyambut positif semangat kolaborasi ini.

        “Dari awal kami ingin menggabungkan semangat kreatif anak muda Indonesia dengan karakter unik ID. BUZZ. Salah satu ide yang kami bawa adalah lomba desain untuk pelukisan mobil, juga kemungkinan kolaborasi merchandise dengan IP lokal. Kami sangat tertarik dengan semangat yang dibawa Ibu Irene dan berharap kolaborasi ini bisa terus berkembang ke depan,” ujar Ahmad Badawi.

        Kampanye New Buzz in Life yang diusung Volkswagen secara global kini dikembangkan dengan pendekatan lokal melalui jalur seni, film pendek, desain produk, hingga game interaktif dalam kendaraan.

        Kementerian Ekraf nantinya akan mendukung open call untuk mural artist dengan tema “New Buzz in Life”, menjajaki kolaborasi IP lokal untuk kebutuhan stiker, merchandise, dan konten digital, serta menghubungkan dengan ruang-ruang strategis seperti bandara, stasiun, hingga kampus. Selain itu, kompetisi ini juga membuka peluang kerja sama dengan asosiasi desain dan kurasi gim lokal untuk menciptakan pengalaman bermain di dalam kendaraan ID. BUZZ.

        Audiensi ini menjadi awalan dari kolaborasi lintas sektor yang lebih luas. Kementerian Ekraf berkomitmen terus membuka jalan bagi karya lokal agar tak hanya menjadi pelengkap visual semata, tetapi benar-benar menjadi bagian strategis dari wajah industri global.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
        Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

        Bagikan Artikel: