Kredit Foto: Amry Nur Hidayat
TikTok Shop by Tokopedia mencatat peningkatan lebih dari empat kali lipat jumlah penjual berstatus Mall pada semester I 2025 dibandingkan dengan semester II 2024. Kenaikan ini menunjukkan peran strategis platform dalam memperluas jangkauan pelaku usaha, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), di pasar digital Indonesia.
Penjual berstatus Mall merupakan pemilik merek, distributor resmi, atau toko terverifikasi dengan reputasi tinggi. Lonjakan ini turut mendorong pertumbuhan transaksi, yang pada sejumlah toko tercatat hingga 15 kali lipat dibandingkan periode sebelumnya.
“Pertumbuhan pesat jumlah penjual Mall di TikTok Shop by Tokopedia menunjukkan peran penting platform ini dalam membantu pelaku usaha di seluruh wilayah Indonesia, termasuk UMKM, untuk mengembangkan bisnis mereka,” ujar Senior Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Stephanie Susilo, dalam keterangan resmi, Kamis (17/7/2025).
Baca Juga: Tokopedia dan TikTok Shop Peringatkan Seller Segera Migrasi ke Platform Baru
Stephanie menambahkan, dominasi merek lokal dalam daftar penjual dengan peningkatan transaksi tertinggi menjadi sinyal positif bagi industri. Ia menyebut bahwa konsumen kini lebih mengandalkan toko resmi atau distributor tepercaya untuk memenuhi kebutuhannya.
“Terlepas dari jenis atau harga produk, masyarakat makin mengandalkan toko-toko resmi seperti Mall di TikTok Shop,” jelasnya.
Baca Juga: Afiliator Tembus 8 Juta, Tokopedia dan TikTok Shop Klaim Penjualan UMKM Naik 118%
Menurut data internal TikTok Shop, tiga kategori produk terlaris selama semester I 2025 adalah fesyen, kecantikan dan perawatan diri, serta makanan dan minuman. Produk seperti sneakers wanita, hijab, lipstik, skincare, hingga moringa powder dan sambal mencatat nilai transaksi tertinggi.
Sebagai bagian dari strategi ekspansi, TikTok Shop mengintegrasikan toko-toko Mall dengan Tokopedia melalui peluncuran Tokopedia & TikTok Shop Seller Center. Fitur ini memungkinkan penjual menjangkau konsumen dari dua platform sekaligus.
Dengan performa kuat di paruh pertama 2025, TikTok Shop by Tokopedia memperkuat perannya sebagai kanal e-commerce strategis yang mendukung pertumbuhan brand lokal serta meningkatkan kepercayaan konsumen melalui kurasi produk dan jaminan keamanan belanja.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ida Umy Rasyidah
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait: