Kredit Foto: Unsplash/Martin Sanchez
Setiap iPhone resmi yang baru dibeli memang sudah dibekali garansi standar Apple selama 12 bulan. Tapi, banyak pengguna yang belum sadar kalau perlindungan ini punya batasan besar. Tidak menanggung kerusakan akibat jatuh, terkena cairan, atau hilang karena pencurian.
Garansi resmi ini sebenarnya hanya untuk meng-cover cacat produksi atau kerusakan teknis dari pabrik. Jadi, kalau masalahnya muncul karena kelalaian atau insiden sehari-hari, jangan harap bisa klaim lewat garansi standar ini.
Di Indonesia, iPhone resmi tersedia melalui berbagai jalur distribusi, mulai dari marketplace hingga reseller resmi. Semua produk diakui orisinal oleh Apple, tetapi layanan purnajual dan perlindungan tambahannya bisa berbeda.
Baca Juga: Penjualan Iphone secara Global di Kuartal Ketiga 2025: Naik Tipis
Misalnya, penjual resmi di Tokopedia menawarkan garansi pihak ketiga yang bisa dibeli terpisah dan mencakup risiko seperti layar retak atau kerusakan karena cairan hingga dua tahun. Di Shopee, sejumlah toko resmi menyediakan paket proteksi opsional seperti device protection plan, tapi pembeli biasanya harus menambah biaya saat checkout untuk mendapatkannya.
Beberapa distributor bahkan berlomba memberikan nilai tambah. Salah satu yang menonjol adalah Blibli, yang menawarkan perlindungan lengkap gratis selama 12 bulan untuk semua produk Apple berstiker resmi mereka mulai dari iPhone, iPad, Mac, Watch, hingga AirPods. Perlindungan ini mencakup risiko tak terduga seperti kerusakan akibat cairan, kebakaran, ledakan, kerusuhan, hingga perampokan dengan bukti laporan kepolisian. Proses klaimnya pun fleksibel, bisa dilakukan secara daring atau langsung ke service center resmi, dan aktivasi cukup dengan memindai barcode di kemasan.
“Demi ketenangan dan kenyamanan setiap pelanggan, kami berkomitmen memberikan lebih banyak nilai tambah bagi pecinta produk Apple. Salah satunya melalui perlindungan ekstra dan lengkap gratis selama 12 bulan yang mudah didapat hanya dengan membeli produk-produk resmi Apple terkini dengan stiker resmi kami,” ujar Alvin Harirahardjo, Director of Retail Operations Global Teknologi, dalam konferensi pers Garansi Perlindungan Lengkap pada tahun 2024 silam.
Baca Juga: Beli Mahal-mahal, Pengguna iPhone Geram Dapat Iklan di Aplikasi
Nilai tambah lainnya yang patut dipertimbangkan konsumen sebelum membeli adalah penawaran seperti program cicilan 0% hingga 24 bulan, nilai tukar tambah (trade-in) yang kompetitif, dan diskon untuk pembelian aksesori.
Pada akhirnya, para ahli menyarankan konsumen untuk tidak hanya membandingkan harga perangkat, tetapi juga mempertimbangkan kelengkapan paket perlindungan dan kemudahan layanan purnajual yang ditawarkan oleh setiap distributor resmi.
Memahami cakupan garansi secara mendalam menjadi langkah cerdas untuk mendapatkan rasa aman jangka panjang.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: