Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Petani Lokal Naik Kelas! Cokelat Asal Bali Kini Berjaya di Pasar Global

        Petani Lokal Naik Kelas! Cokelat Asal Bali Kini Berjaya di Pasar Global Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menyambut HUT ke-80 Kemerdekaan Republik Indonesia, kisah perjuangan seorang pemuda asal Bali ini menjadi contoh nyata bahwa semangat kemerdekaan tidak hanya diwujudkan dalam kata-kata, tapi juga dalam aksi nyata yang membangun kemandirian bangsa.

        Kadek Surya Prasetya Wiguna, meninggalkan kenyamanan karier di salah satu perusahaan pelat merah demi mengembangkan potensi kakao, salah satu komoditas yang memiliki peluang besar di pasar internasional. 

        Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor kakao Indonesia sepanjang 2024 mencapai US$2,62 miliar, meningkat 118,64% dibanding tahun sebelumnya. Kakao kini menjadi komoditas ekspor penyumbang devisa terbesar ke-4 dalam sub-sektor perkebunan setelah sawit, karet, dan kelapa. Angka ini memperlihatkan besarnya potensi produk kakao olahan Indonesia di pasar global. 

        Kadek menyadari bahwa meskipun Indonesia merupakan salah satu produsen kakao terbesar di dunia, sektor ini masih banyak dikuasai oleh pihak asing. Selain itu, rantai distribusi yang panjang dan minimnya edukasi dalam pengolahan kakao membuat petani lokal belum sepenuhnya merasakan manfaat ekonomi dari hasil panen mereka.

        Baca Juga: Majukan Industri, RI Butuh Generasi Siap Jadi Pemain Global

        Berangkat dari keprihatinan ini, Kadek bersama sang Ayah mendirikan CAU Chocolates dengan semangat membangun ekosistem dari hulu ke hilir, mulai dari pendampingan petani muda dalam proses budidaya dan fermentasi, hingga menghasilkan produk cokelat yang kini berhasil menembus pasar global. 

        Misi Sosial Lewat Pemberdayaan dan Edukasi Cokelat

        Saat ini, CAU Chocolates telah memberdayakan lebih dari 600 petani di Bali, dengan produktivitas yang meningkat signifikan. Dari rata-rata nasional sebesar 600 kg/ha, petani binaan CAU Chocolates mampu menghasilkan produktivitas hingga 2 ton/ha per tahun. 

        CAU Chocolates kini tercatat sebagai satu-satunya brand cokelat Indonesia yang mengantongi tiga sertifikasi organik resmi dari Indonesia, Amerika Serikat (USDA), dan Uni Eropa (EU). Kadek pun mendapat pengakuan nasional sebagai Duta Petani Milenial oleh Kementerian Pertanian RI atas dedikasinya dalam memberdayakan petani lokal.

        “Bagi kami, bisnis bukan hanya soal keuntungan. Ini adalah gerakan sosial untuk memastikan petani lokal bisa merdeka secara ekonomi dan naik kelas. Salah satu langkah nyata yang kami lakukan adalah memangkas rantai distribusi yang selama ini merugikan petani. Kini, petani binaan kami bisa menerima hingga 90% dari harga standar kakao dunia, jauh lebih tinggi dibanding sebelumnya yaitu 70%,” ujar Kadek. 

        Tidak hanya berhenti di produksi, Kadek juga mengembangkan Desa Cokelat Bali dan Choco Land, sebuah agrowisata edukatif yang mengajak wisatawan lokal dan internasional mengenal proses pembuatan cokelat sekaligus merasakan budaya pertanian Bali secara langsung. 

        Baca Juga: Shopee Catat Ekspor 60 Juta Produk UMKM Lokal, Malaysia-Filipina Jadi Tujuan Utama

        Hasil Tanah Lokal Ke Global: Cokelat Bali Tembus Pasar Dunia Lewat Digitalisasi

        Selain pemasaran melalui toko oleh-oleh dan Duty Free di bandara, CAU Chocolates memanfaatkan e-commerce seperti Shopee untuk memperluas pasar. Di paruh pertama 2025, omzet CAU Chocolates tumbuh 365% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

        Pencapaian ini tidak terlepas dari pemanfaatan berbagai fitur Shopee seperti Shopee Ads, Shopee Live, dan Shopee Video. Tak hanya itu, penjualan CAU Chocolates juga meningkat hingga 2x lipat setiap kali mengikuti kampanye bulanan, seperti tanggal kembar, gajian sale, dan flash sale, dibandingkan dengan hari biasa. 

        Partisipasi dalam Program Ekspor Shopee menjadi salah satu gerbang CAU Chocolates yang terbukti efektif untuk menembus pasar internasional ke Malaysia dan Singapura. Dari Januari-Juli 2025, CAU Chocolates berhasil mengalami peningkatan pertumbuhan ekspor hingga 6x lipat dibanding tahun sebelumnya. Tiga produk varian teratas dalam penjualan ekspor CAU Chocolates, di antaranya Organic Raw Cocoa Nib, Organic Sweet Nibs, dan Cokelat Compound.

        Baca Juga: Shopee dan Kemendag Luncurkan Program Ekspor FLEXI, Buka Pintu Lebar untuk UMKM Garap Pasar Ekspor

        “Shopee bukan hanya membuka akses pasar yang lebih luas bagi kami, tapi juga menjadi mitra yang ikut berkontribusi pada misi sosial kami, yaitu memberdayakan petani lokal agar bisa mandiri dan bersaing di pasar dunia. Ke depannya, kami yakin bisa terus berkembang bersama Shopee, membawa nama baik Indonesia, dan memperbesar dampak positif bagi petani lokal agar naik kelas,” tutup Kadek. 

        Perjalanan CAU Chocolates menjadi bukti bahwa semangat kemerdekaan dapat diwujudkan melalui kemandirian ekonomi. Dengan dukungan platform digital seperti Shopee, produk lokal tidak hanya menguatkan perekonomian nasional, tapi juga membawa harum nama Indonesia di pasar dunia.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Belinda Safitri

        Bagikan Artikel: