Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        BCA Sambut Hari Pelanggan Nasional 2025, BPadukan Inovasi Digital dan Sentuhan Humanis untuk Nasabah

        BCA Sambut Hari Pelanggan Nasional 2025, BPadukan Inovasi Digital dan Sentuhan Humanis untuk Nasabah Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali merayakan Hari Pelanggan Nasional 2025 dengan semangat mempertegas komitmen menghadirkan layanan prima bagi seluruh nasabah. Mengusung tema With You in Every Beat”, BCA ingin menunjukkan bahwa setiap langkah nasabah selalu didampingi melalui layanan perbankan yang inovatif, aman, dan relevan dengan kebutuhan zaman.

        Presiden Direktur BCA Hendra Lembong menegaskan, Hari Pelanggan Nasional menjadi momen penting untuk semakin dekat dengan nasabah. Kepercayaan nasabah adalah motivasi utama bagi kami untuk terus berinovasi. Melalui seluruh kanal layanan BCA, kami ingin menghadirkan pengalaman perbankan yang aman, nyaman, dan terpercaya bagi setiap nasabah tercinta,” ujarnya.

        Komitmen itu diwujudkan melalui pengembangan beragam customer touch points yang memberi keleluasaan bagi nasabah. Mulai dari layanan digital seperti aplikasi myBCA dan BCA mobile, internet banking, hingga kanal tradisional berupa kantor cabang serta jaringan ATM/CRM (Cash Recycling Machine). Seluruh kanal ini diperkuat oleh Halo BCA, pusat layanan terintegrasi yang kini hadir melalui WhatsApp, media sosial, dan aplikasi halo BCA, sehingga nasabah dapat terhubung dengan mudah kapan saja dan di mana saja.

        Baca Juga: Meski Selesai Digelar, Tawaran Promo BCA Expo Bandung 2025 Masih Berlaku, Apa Saja?

        Khusus di kanal digital, aplikasi myBCA dan BCA mobile menjadi menjadi lini terdepan solusi mobile banking BCA. Kedua aplikasi ini terus berjalan berdampingan demi memberikan pengalaman perbankan komprehensif bagi nasabah. Hingga Juni 2025, transaksi mobile dan internet banking BCA tumbuh 19% YoY. Aplikasi myBCA juga terus dilengkapi dengan fitur-fitur baru pada tahun ini, mulai dari fitur QRIS TAP, Investment Goals, transfer outgoing remittance dengan sumber dana di Poket Valas, pembukaan rekening online menggunakan nomor handphone luar negeri, integrasi portofolio saham dan obligasi BCA Sekuritas, hingga penambahan mata uang asing pada fitur Poket Valas.

        Sementara di sisi offline, di tengah perkembangan teknologi, BCA terus berupaya menghadirkan layanan yang optimal melalui 1.264 kantor cabang di Indonesia. Dari jumlah tersebut, lebih dari 80% di antaranya telah menerapkan inovasi perangkat dan aplikasi pendukung digital. BCA juga telah melakukan peremajaan sejumlah mesin ATM konvensional menjadi CRM, sehingga nasabah dapat melakukan setor maupun tarik tunai sesuai kebutuhan. Hingga Agustus 2025, BCA memiliki 19.961 ATM yang tersebar di penjuru Indonesia, dan sekitar 75% dari total ATM tersebut merupakan CRM.

        Kombinasi layanan digital dan fisik ini turut mendorong peningkatan jumlah rekening nasabah menjadi lebih dari 42 juta per Juni 2025. Total frekuensi transaksi yang diproses BCA juga tumbuh 17% YoY pada semester I 2025 atau tumbuh 3,5 kali lipat dalam 5 tahun terakhir. Pada puncaknya, frekuensi transaksi

        yang diproses BCA bisa mencapai sekitar 200 juta per hari. Pada saat yang sama, BCA melakukan penguatan keamanan dengan pendekatan komprehensif mencakup tiga aspek utama, yaitu People, Process, dan Technology yang terus diperbarui sesuai perkembangan lanskap siber.

        Baca Juga: Dana Asing Rp1,39 Triliun Kabur Kala IHSG Naik 1%, Saham BBCA Paling Banyak Dilego

        Selain layanan perbankan, BCA melalui Bakti BCA konsisten memberikan dampak positif bagi masyarakat. Sepanjang 2025, beberapa inisiatif yang dijalankan antara lain program Beasiswa Bakti BCA bagi 700 mahasiswa dari 20 perguruan tinggi; fasilitasi penerbitan sekitar 2.000 sertifikat halal bagi pelaku UMKM; program UMKM BCA Go Export 2025; program BCA Berbagi Ilmu yang menghadirkan Direksi BCA untuk membawakan materi ekonomi, finansial, hingga teknologi di hadapan ribuan mahasiswa di berbagai kampus; pemberdayaan sahabat disabilitas (Teman Tuli) melalui pelatihan make-up artist (MUA), nail art, dan hair do bersertifikat; operasi katarak gratis bagi masyarakat di Halmahera Timur dan Bengkulu; hingga pelaksanaan program Genera-Z Berbakti yang merupakan kompetisi nasional pengabdian masyarakat oleh mahasiswa.

        “Bakti BCA menjadi wujud komitmen kami dalam menghadirkan program-program yang adaptif dan berdampak nyata bagi masyarakat maupun lingkungan. Melalui berbagai inisiatif di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan komunitas, lingkungan, hingga pelestarian budaya, BCA berupaya memberikan nilai tambah yang berkesinambungan serta turut mendorong tercapainya agenda pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” jelas Hendra Lembong.

        Perayaan Hari Pelanggan Nasional 2025 menjadi semakin meriah dengan kehadiran jajaran Direksi BCA yang secara khusus menyambut dan melayani nasabah secara langsung di sembilan KCU BCA pada Kamis (4/9). Secara rinci, Presiden Direktur BCA Hendra Lembong hadir di KCU BCA Mangga Dua Raya dan KCU BCA Asemka, Wakil Presiden Direktur BCA Armand Hartono di KCU BCA Green Garden, Direktur BCA Haryanto T. Budiman di KCU BCA Kebayoran Baru, KCU BCA Matraman, dan KCU BCA Kuningan, Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono di KCU BCA Cibubur, dan Direktur BCA Hendra Tanumihardja di KCU BCA Gading Serpong dan KCU BCA Wisma Asia.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Amry Nur Hidayat

        Bagikan Artikel: