Kredit Konsumer BRI Tumbuh Dua Digit, Bukti Keberhasilan Strategi Retail Banking
Kredit Foto: Istimewa
Kepercayaan masyarakat yang solid dan kebutuhan konsumsi yang terus meningkat menjadi fondasi utama pertumbuhan kredit konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI). Sebagai cerminan dari perannya dalam mendukung ekonomi nasional, BRI mencatatkan pertumbuhan kredit konsumer sebesar 10,65% secara tahunan (year-on-year/yoy), atau mencapai total Rp216,26 triliun per Agustus 2025 (bank only).
Menurut Corporate Secretary BRI, Dhanny, pertumbuhan tersebut secara spesifik didorong oleh dua produk unggulan yang menjawab kebutuhan berbeda. Di satu sisi, pinjaman karyawan BRIguna tetap menjadi andalan dengan kenaikan 9,8% yoy menjadi Rp143,4 triliun. Di sisi lain, untuk memenuhi impian masyarakat memiliki rumah, penyaluran KPR menunjukkan lonjakan impresif sebesar 13,5% yoy hingga mencapai Rp63,7 triliun.
Dhanny menambahkan bahwa BRI akan terus mendorong pertumbuhan segmen konsumer dengan selektif. “BRI berkomitmen untuk menumbuhkan portofolio konsumer dengan prinsip kehati-hatian dan tata kelola yang baik. Dengan kualitas kredit yang terkendali, kami optimis penyaluran kredit konsumer akan terus tumbuh sehat sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” ujar Dhanny.
Baca Juga: Wujudkan Kemandirian Ekonomi, BRI Peduli Gelar Program Pemberdayaan Eks Pekerja Migran di Lombok
Seiring dengan pertumbuhan kredit yang solid, BRI pun tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam penyaluran kredit. Hal ini tercermin dari kualitas pembiayaan di segmen konsumer yang terjaga dengan baik. Dengan kualitas kredit yang terjaga, BRI pun optimis dapat terus menumbuhkan portofolio kredit konsumer secara sehat.
Adapun secara berkelanjutan, BRI terus memperkuat kapabilitas di segmen retail banking, termasuk melalui produk BRIguna yang telah menjadi market leader. Dalam hal ini, BRI melakukan akuisisi nasabah payroll berkualitas guna mendukung pertumbuhan BRIguna, serta memperluas portofolio KPR dengan mengakuisisi nasabah new to bank (NTB) yang berorientasi pada profitabilitas. Di sisi lain, BRI juga tengah melakukan revamping layanan Wealth Management untuk menarik nasabah affluent dan high net worth individual (HNWI).
“Pertumbuhan kredit konsumer BRI mencerminkan kepercayaan masyarakat yang semakin kuat terhadap layanan BRI. Melalui produk unggulan seperti BRIguna dan KPR, BRI tidak hanya menyalurkan pembiayaan, tetapi juga menghadirkan solusi keuangan yang inklusif, berkelanjutan, dan berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat,” pungkas Dhanny.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: