Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tiga Hari Gelaran, Pertamina SMEXPO 2025 Surabaya Sukses Bukukan Transaksi Rp 1 Miliar Lebih

        Tiga Hari Gelaran, Pertamina SMEXPO 2025 Surabaya Sukses Bukukan Transaksi Rp 1 Miliar Lebih Kredit Foto: Mochamad Ali Topan
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Perhelatan Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2025 Surabaya yang digelar selama 3 hari (10 hingga 12 Oktober 2025) berhasil mencatat nilai transaksi sebesar Rp 1 miliar lebih. Sebelumnya, di hari kedua nilai transaksi mencapai Rp 932,9 juta.

        Senior Supervisor Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Mutiara Evy Junita menjelaskan, bahwa semua total nilai transaksi selama 3 hari tersebut merupakan hasil dari Usaha Mikro, Kecil (UMK) Mitra Binaan Pertamina se-Jatimbalinus yang mencapai 41 binaan.

        "Selama perhelatan tiga hari Pertamina SMEXPO Surabaya 2025 ini cukup mendapat tempat di hati para pengunjung," terang Mutiara di sela acara Closing Pertamina SMEXPO Surabaya 2025, Minggu (12/10/2025) kemarin.

        Menurutnya, Pertamina SMEXPO adalah media bagi para UMK Mitra Binaan Pertamina untuk dapat belajar berjualan secara daring dan mengembangkan pasar melalui platform e-commerce, yakni marketplace SMEXPO.

        “SMEXPO menjadi ajang pameran hybrid yang diadakan setiap tahun, baik di level nasional maupun level lokal atau regional. Adapun pameran hybrid Pertamina,” ujarnya.

        Di sisi lain, Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Ahad Rahedi menjelaskan, SMEXPO merupakan salah satu program Pertamina untuk mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaannya agar naik kelas dan semakin dikenal masyarakat lebih luas melalui pameran yang menyasar di tempat keramaian.

        Baca Juga: Lewat Inovasi Waste to Value, Pertamina Patra Niaga Dorong Ekonomi Sirkular di Balikpapan

        Ia memaparkan, saat ini Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus memiliki sekitar 8.900-an UMKM mitra binaan. Selama ini, Pertamina memiliki peran untuk memberikan pendampingan dan pelatihan mulai dari pembukuan arus keuangan, pemasaran lewat e-commerce hingga business matching. Dari ribuan UMKM binaan yang ada, setidaknya ditargetkan ada 10% hingga 12% UMKM.

        “Hambatan terbesar UMKM untuk naik kelas itu biasanya di business matching, yakni mencocokkan antara UMKM dengan investor karena produknya harus berkualitas, lalu soal kemampuan produksi yang terbatas,” jelas Ahad.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Mochamad Ali Topan
        Editor: Amry Nur Hidayat

        Bagikan Artikel: