Kredit Foto: Rahmat Dwi Kurniawan
Wakil Menteri Ekonomi Kreatif (Wamen Ekraf) Irene Umar menilai kolaborasi merupakan kunci dalam menghadapi persaingan industri yang ketat, khususnya fesyen.
Sehingga dirinya mendorong para pelaku fesyen lokal untuk berkolaborasi usai menghadiri acara peluncuran merek fesyen lokal MRRY yang digelar di Pondok Indah Mall 2, Jakarta, Sabtu (25/10/2025).
Baca Juga: Pacu Industrialisasi dan Tingkatkan Daya Saing, Kemenperin Gandeng ITB
“Kita semua tahu Merry Riana adalah sosok yang telah menjadi brand tersendiri. Kolaborasi antara personal brand dengan brand fesyen seperti MRRY menunjukkan bagaimana kekuatan identitas dapat berpadu dengan kreativitas,” ujarnya, dikutip dari siaran pers Kemen Ekraf, Selasa (28/10).
Wamen Ekraf menambahkan, nilai sebuah brand bukan hanya ditentukan oleh produk, tetapi juga oleh brand equity dan karakter yang dibangun melalui keaslian serta kepercayaan diri.
“Kita harus mulai menghargai dan membangun citra merek kita sendiri. Semua berawal dari rasa percaya diri, dari self love. Seperti pesan Bu Merry, cintai diri sendiri dan rayakan setiap pencapaian yang kamu miliki,” lanjut Wamen Ekraf.
Wamen Ekraf juga menyoroti pentingnya budaya kolaborasi dalam memperkuat ekosistem ekonomi kreatif nasional. Ia menegaskan bahwa semangat gotong royong menjadi bagian dari nilai dasar bangsa Indonesia dan perlu terus dihidupkan oleh pelaku industri kreatif.
Menurut Wamen Ekraf, semangat kolaborasi tersebut sejalan dengan visi Kementeri Ekraf dalam memperkuat subsektor fesyen melalui strategi The New Engine of Growth, di mana pelaku industri didorong untuk naik kelas, berjejaring, dan membangun produk yang memiliki nilai budaya serta daya saing global.
“Kita ingin mendorong para pelaku brand lokal untuk saling bekerja sama, tidak bersaing secara ego sektoral. Presiden juga berpesan agar kita mengutamakan kolaborasi dan kebersamaan, karena dari sanalah kekuatan ekonomi kreatif Indonesia tumbuh,” ungkap Wamen Ekraf.
MRRY hadir dengan filosofi “From Soul to Style”, yang mencerminkan perjalanan hidup Merry Riana, sosok motivator dan pengusaha yang dikenal luas sebagai figur inspiratif perempuan Indonesia. Perjalanan itu menceritakan dari perjuangan hingga pencapaian menghadirkan fesyen yang tidak hanya mempercantik penampilan, tetapi juga merefleksikan nilai, semangat, dan jiwa penggunanya.
“MRRY bukan hanya tentang fesyen, tetapi tentang fashion with purpose. Karena fesyen sejati adalah cara kita mengekspresikan apa yang kita rasakan di dalam diri,” ujar Merry Riana, Founder MRRY.
Dia berharap kehadiran MRRY dapat menginspirasi generasi muda untuk mencintai karya lokal, menumbuhkan rasa percaya diri, serta menjadikan fesyen sebagai bentuk ekspresi dan pemberdayaan diri.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Tag Terkait: