- Home
- /
- Kabar Finansial
- /
- Bursa
Produsen Gatsby dan Pixy (TCID) Catat Penjualan Rp1,58 Triliun di Kuartal III 2025
Kredit Foto: Mandom Indonesia
PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) mencatat penjualan bersih sebesar Rp1,58 triliun pada kuartal III 2025, tumbuh 17,6% dibandingkan Rp1,34 triliun pada tahun sebelumnya. Pertumbuhan solid ini ditopang oleh kinerja positif dari seluruh segmen produk.
Penjualan produk perawatan kulit dan makeup tumbuh pesat 31,2% menjadi Rp594,3 miliar dari Rp453,1 miliar. Segmen wangi-wangian juga meningkat 17,8% menjadi Rp379,4 miliar dari Rp322 miliar, sementara segmen perawatan rambut naik 5,9% menjadi Rp594,6 miliar dari Rp561,5 miliar pada periode yang sama tahun lalu.
“Sampai dengan September tahun ini, penjualan di seluruh segmen produk mampu mencatatkan pertumbuhan yang positif didukung dengan strategi yang integratif antara pengembangan produk baru dan penguatan penjualan di berbagai saluran termasuk penjualan online yang tumbuh dengan signifikan,” ujar Presiden Direktur/CEO PT Mandom Indonesia, Koichi Watanabe.
Baca Juga: Penjualan Kaveling Meledak! PANI Catat Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah
Meskipun kontribusinya masih kecil, penjualan online mencatat pertumbuhan signifikan dan kini menjadi fokus pengembangan utama perusahaan. Dari sisi efisiensi, Mandom Indonesia berhasil menekan rasio beban pokok penjualan terhadap pendapatan bersih dari 88,5% menjadi 72,4%.
Perbaikan ini mendongkrak laba kotor menjadi Rp436,4 miliar, naik tajam dari Rp154,1 miliar di kuartal III 2024. Adapun laba usaha dan laba bersih turut berbalik positif, masing-masing sebesar Rp23,7 miliar dan Rp33,4 miliar.
“Tahun 2025 menjadi tahun pemulihan di mana target kami adalah untuk bisa mencatatkan kinerja yang positif mulai dari penjualan hingga laba bersih. Kami melakukan upaya perbaikan di berbagai bidang termasuk inovasi produk, manajemen produksi, optimalisasi saluran penjualan dan komunikasi konsumen, serta pengembangan kompetensi karyawan sebagai sumber daya bagi bisnis kami,” tambah Koichi.
Baca Juga: Ekonomi Global Lagi Enggak Karuan, Penjualan Ford Tetap Mentereng
Pasar domestik tetap menjadi tumpuan utama Mandom Indonesia dengan kontribusi 67,1% terhadap total penjualan. Produsen Gatsby dan Pixy ini mencatat lonjakan penjualan domestik hingga 37% menjadi Rp1,06 triliun dari sebelumnya Rp774,7 miliar di periode yang sama tahun 2024.
Meski persaingan di pasar lokal semakin ketat, perseroan menilai potensi pertumbuhan masih besar mengingat populasi Indonesia yang dominan usia produktif.
“Untuk menangkap peluang pertumbuhan konsumen di berbagai segmen dan demografi, kami akan senantiasa berupaya untuk responsif maupun proaktif terhadap perubahan konsumen dan pasar sebagai bentuk komitmen jangka panjang kami kepada pasar Indonesia,” tutup Koichi Watanabe.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri
Tag Terkait: