Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        YLKI dan Pertamina Patra Niaga Pastikan Kenyamanan Masyarakat Selama Libur Natal dan Tahun Baru

        YLKI dan Pertamina Patra Niaga Pastikan Kenyamanan Masyarakat Selama Libur Natal dan Tahun Baru Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) bersama dengan PT Pertamina Patra Niaga meninjau SPBU dan fasilitas layanan di Rest Area KM 57 guna memastikan kenyamanan masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kegiatan ini meliputi pengujian tera pada alat ukur BBM untuk menjamin akurasi, interaksi langsung dengan pelanggan, serta pemberian apresiasi kepada operator lapangan. Selain itu, dilakukan pengecekan kesiapan pada fasilitas Serambi MyPertamina yang disediakan bagi pengendara.

        Niti Emiliana selaku Ketua YLKI memberikan tanggapan positif terhadap berbagai layanan yang disiapkan oleh Pertamina Patra Niaga pada periode akhir tahun ini. Menurutnya, langkah ini merupakan bagian dari tanggung jawab perusahaan untuk menjamin bahwa konsumen menerima produk energi yang memenuhi standar kualitas maupun kuantitas. Pengawasan di lapangan dianggap penting untuk menjaga kepercayaan publik selama masa mobilitas tinggi.

        Pertamina dinilai telah menghadirkan inovasi yang relevan dengan kebutuhan konsumen yang saat ini semakin beragam. Inovasi tersebut bertujuan untuk mendukung keamanan berkendara serta memberikan kemudahan akses terhadap produk dan layanan energi bagi para pemudik. Fokus utama dari penyediaan fasilitas ini adalah memastikan aspek kenyamanan dan keselamatan tetap terjaga selama perjalanan liburan berlangsung

        Baca Juga: Pertamina Salurkan Kembali 6.720 Tabung LPG 3 Kg untuk Masyarakat Aceh Tengah Pascabencana

        Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, menyampaikan bahwa dalam mendukung kelancaran Natal 2025 dan Tahun Baru 2026, Pertamina Patra Niaga membentuk dan mengoperasikan Satuan Tugas (Satgas) Natal dan Tahun Baru hingga 11 Januari 2026. Satgas ini bertugas memastikan ketersediaan dan kelancaran distribusi BBM, LPG, dan Avtur di tengah meningkatnya mobilitas masyarakat.

        “Selama periode Natal dan Tahun Baru, kami hadir dengan semangat Melayani Sepenuh Hati. Satgas Pertamina Patra Niaga bertugas 24 jam, termasuk di hari libur dan pergantian tahun, untuk memastikan masyarakat merasa aman, nyaman, dan ditemani selama perjalanan liburannya,” ujar Mars Ega.

        Untuk mendukung kelancaran distribusi energi, Pertamina Patra Niaga menyiagakan seluruh infrastruktur energi nasional yang terdiri dari 7.885 SPBU, 6.777 Pertashop, 6.634 Agen LPG, 736 SPBE, serta 223 Agen Minyak Tanah di seluruh Indonesia. Distribusi energi difokuskan pada jalur tol, jalur wisata, jalur lintas utama, bandara, dan pelabuhan, serta disiapkan secara adaptif melalui jalur darat, laut, dan udara apabila terjadi kondisi darurat atau gangguan akses.

        Selain itu, Pertamina Patra Niaga juga menyiapkan penguatan layanan berupa 1.866 SPBU 24 Jam, 6.231 Agen LPG Siaga, serta 210 unit mobil tangki siaga. Untuk menjangkau titik-titik padat, disiagakan pula 70 unit modular dan 45 unit Layanan BBM & Kiosk Pertamina Siaga di 53 titik strategis selama periode Nataru.

        Guna menambah kenyamanan masyarakat, Pertamina Patra Niaga menghadirkan berbagai layanan tambahan, antara lain 188 unit Layanan Motoris BBM untuk kondisi darurat di jalur macet, 1.819 outlet PDS Bright Gas, serta 34 titik Serambi MyPertamina yang tersebar di jalur tol, jalur wisata, bandara, dan pelabuhan. Di sejumlah lokasi Serambi MyPertamina juga tersedia ambulans, porter gratis di bandara, hingga layanan pendukung seperti mobil towing.

        Serambi MyPertamina menjadi ruang singgah gratis bagi masyarakat dengan berbagai fasilitas, seperti area istirahat, kursi pijat, layanan medis, nursery, area bermain anak, barbershop, hingga Bright Beauty Bar. Akses layanan ini dapat dinikmati masyarakat dengan menunjukkan digital paspor aplikasi MyPertamina.

        Baca Juga: Siapkan Ancang-ancang, Pertamina Patra Niaga Matangkan Transisi Operasional Jelang Merger Besar

        Salah satu pengunjung Serambi MyPertamina di Rest Area KM 57 yang tengah melakukan perjalanan bersama keluarga, mengaku sangat terbantu dengan fasilitas yang tersedia.

        “Saya sempat mencoba kursi pijat, itu benar-benar membantu setelah lelah menyetir. Waktu istirahat juga bisa dinikmati oleh anak-anak dengan adanya fasilitas playground,” ujar Ari. Ia pun merekomendasikan para pemudik untuk singgah dan memanfaatkan fasilitas Serambi MyPertamina selama perjalanan.

        Pertamina Patra Niaga juga mengimbau masyarakat untuk memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, mengisi BBM sebelum memasuki jalur padat, serta melepas regulator tabung LPG apabila meninggalkan rumah dalam waktu lama. Masyarakat dapat memanfaatkan fitur Trip Planner pada aplikasi MyPertamina untuk merencanakan perjalanan, mengetahui lokasi SPBU, Serambi MyPertamina, dan layanan pendukung lainnya. Apabila membutuhkan bantuan, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Contact Center 135 yang siaga 24 jam.

        Melalui sinergi bersama YLKI dan berbagai pemangku kepentingan, Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan energi yang andal dan berorientasi pada kenyamanan masyarakat, sehingga momen libur Natal dan Tahun Baru dapat dinikmati dengan aman dan tenang.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Amry Nur Hidayat

        Bagikan Artikel: