Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kantar Worldpanel Rilis Brand footprint, Indomie Pilihan Utama Konsumen Rumah Tangga

        Warta Ekonomi -

        WE Online, Jakarta - Bila secara global Coca Cola adalah merek yang paling sering dipilih oleh konsumen di dunia dimana 43% rumah tangga di dunia pernah membeli Coca Cola atau dapat dikatakan sekitar 13 kali dalam setahun. Di Indonesia Indomie menjadi Merek yang paling sering dibeli oleh konsumen rumah tangga di perkotaan. Demikian hasil Brand Footprint 2014 yang dirilis oleh Kantar Worldpanel perusahaan riset global dalam bidang pengetahuan dan wawasan konsumen, yang menggabungkan monitoring pasar, analisis terkemuka, serta solusi riset pasar yang dapat disesuaikan

        Brand footprint adalah penelitian yang dilakukan oleh Kantar Worldpanel setiap tahun, dasar pengukurannya adalah menggunakan metriks?Consumer Reach Point(CRP),?yaitu seberapa banyak rumah tangga membeli sebuah merek (penetrasi) dan seberapa sering merek tersebut dibeli oleh konsumen (frekuensi). Murhayati, New Business Development Director Kantar Worldpanel Indonesia.

        "Dengan kata lain, Brand Footprint menunjukkan kekuatan berbagai merek dan mencakup 11,000 merek di seluruh dunia atau mencakup 63% dari total populasi rumah tangga di dunia. Brand Footprint juga meliputi sektor- sektor FMCG, seperti sektor makanan, minuman, kebutuhan rumah tangga dan kesehatan serta kecantikan,? ujar Fanny Murhayati, New Business Development Director Kantar Worldpanel Indonesia?di Jakarta, Jumat (5/6)

        Fanny ?megatakan, di Indonesia Brand Footprint 2014 yang merupakan tahun ke 3 menggunakan sampel 5,680 rumah tangga yang mewakili 86% dari seluruh rumah tangga di area Urban Indonesia. Indomie menempati urutan pertama dalam 10 Top Brand Footprint 2014 dengan penetrasi sebesar 99,2% (1.2 miliar bungkus dalam setahun) atau dibeli sebanyak 44,2 kali dalam setahun. Urutan kedua ditempati oleh pesaing beratnya yakni Mie Sedap yang memperoleh penetrasi sebesar 95,2% (820 juta bungkus setahun) atau rata-rata dibeli sebanyak 32,1 kali dalam setahun.

        Namun demikian bila dibanding tahun 2013 kedua merek ini mengalami penurunan CRP yakni Indomie turun 6,9% dan Mie Sedap turun 11,4%.

        Berikut ini adalah ranking dari 10 merek teratas di Urban Indonesia berdasarkan Brand ?Footprint 2014:

        Rank

        Merek

        Penetration

        Frequency

        Consumer Reach Point (juta)

        CRP 2014 vs 2013 %

        1

        Indomie

        99.2

        46.2

        1,230

        -6.9

        2

        Mie Sedaap

        95.2

        32.1

        820

        -11.4

        3

        Royco

        93.3

        23.6

        591

        -4.4

        4

        So Klin

        94.0

        22.5

        567

        5.3

        5

        Frisian Flag

        90.3

        23.4

        566

        -16

        6

        Masako

        79.1

        23.4

        497

        -13.3

        7

        Rinso

        91.1

        19.9

        487

        -6.3

        8

        Lifebuoy

        95.3

        18.8

        480

        -0.6

        9

        Roma

        96.4

        18.5

        479

        -10.7

        10

        Indofood

        90.9

        19.3

        470

        24.1

        Menurut Lim Soon Lee, General Manager Kantar Worldpanel Indonesia, Brand Footprint ini dapat memberikan beberapa manfaat bagi para pelaku di Industri FMCG, seperti dapat melihat kelebihan dan kelemahan dari suatu mere, membandingkan performa suatu merek dengan merek pesaingnya dan untuk merancang strategi yang tepat di dalam meningkatkan performa produk / merek. "Di samping meningkatkan jumlah konsumen , membuat konsumen membeli dengan lebih sering juga tidak kalah penting untuk meningkatkan penjualan."

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Sufri Yuliardi
        Editor: Sufri Yuliardi

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: