Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tahun 2015, BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Dekati Batas Bawah

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2015 diperkirakan berada di batas bawah dari kisaran target BI, yaitu di angka 5,4%. Namun, hal tersebut bakal berbeda bila pemerintah tepat dalam merealokasi dana subsidi ke pembangunan lain.

Deputi Gubernur BI Hendar mengatakan BI memiliki perkiraan pertumbuhan ekonomi di kisaran angka 5,4% sampai dengan 5,8% di tahun 2015. Namun, dengan situasi dan kondisi yang ada maka kecenderungan pertumbuhan akan mendekati batas bawah di 5,4%.

"Namun, situasi dan perekonomian Indonesia masih baik sampai dengan saat ini. Kami akan memastikan pertumbuhan ekonomi sesuai dengan target," ungkap Hendar di Jakarta, Kamis (4/12/2014).

Sementara itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan Indonesia patut bersyukur sejak era krisis keuangan Asia pada akhir tahun 1990-an, perekonomian Indonesia telah berangsur pulih dan mampu kembali mencapai pertumbuhan yang positif. Namun demikian, tidak dipungkiri masih terdapat berbagai tantangan.

Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro menyatakan perbaikan kinerja ekonomi Indonesia tersebut juga diikuti dengan menurunnya angka kemiskinan dan pengangguran secara konsisten serta dtandai dengan inflasi yang secara umum cukup terkendali. Bahkan, lanjut Bambang, dari sisi fiskal pemerintah juga telah mampu mengelola APBN secara lebih berhati-hati.

"Hal ini ditandai dengan tingkat defisit yang terus terjaga pada level yang aman, yakni di bawah angka 3% dari PDB," ungkap Bambang.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: https://wartaekonomi.co.id/author/angga
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: