Kredit Foto: Sufri Yuliardi
PT Bukit Asam (Persero) Tbk bakal memprioritaskan penjualan batubara jenis medium range calorie dengan merek dagang GAR4800 dan Bukit Asam-50. Hal ini seiring dengan mulai membaiknya harga batu bara.
Sekretaris Perusahan Bukit Asam, Adib Ubaidillah mengatakan kebijakan perseroan yang memproritaskan batubara dengan kalori medium membuat komposisi penjualan untuk pasar domestik mencapai 60,6% atau menjadi 9,18 juta ton. Angka ini? naik 23% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 7,46 juta ton serta ekspor pun tumbuh 39,4% atau menjadi 5,96 juta ton.
"Hal ini terbukti berdampak positif terhadap perseroan dengan mendapatkan harga jual batubaranya yang lebih tinggi untuk batubara sejenis," kata Adib di Jakarta, Selasa (8/11/2016).
Selain mulai membaiknya harga batu bara langkah ini lanjut Adib dilakukan sekaligus monetisasi aset dari potensi cadangan yang dimiliki perseroan sebanyak 3,33 juta ton. Dengan strategi ini, volume penjualan perseroan selama sembilan bulan pada 2016 meningkat 5,5% atau menjadi 15,14 juta ton dari periode serupa tahun lalu sekitar 14,35 juta ton. Bahkan menurutnya peningkatan volume penjualan ini tak lepas dari peningkatan angkutan kereta api batubara dari lokasi tambang menuju pelabuhan.
? Pengirimian sebesar 6% atau menjadi 12,68 juta ton, dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 11,94 juta ton," urainya.
Ia menambahkan dengan kompisisi sebesar 10,49 juta ton diangkut ke Pelabuhan Tarahan atau naik 2% dari angkutan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 10,27 juta ton. Sedangkan 2,19 juta ton diangkut ke Dermaga Kertapati atau naik 30% dibanding perode yang sama tahun sebelumnya sebesar 1,68 juta ton.
?Untuk volume produksi dan pembelian batubara, sampai dengan September 2016 tercatat sebesar 14,02 juta ton dengan komposisi volume produksi sebesar 12,98 juta ton dan volume pembelian batubara oleh anak usaha sebesar 1,04 juta ton,?jelasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait:
Advertisement