Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menpar Promosikan 10 Bali Baru di WTM London -

Menpar Promosikan 10 Bali Baru di WTM London - Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, London -

Kementerian Pariwisata Indonesia mempromosikan 10 destinasi baru selain Bali atau disebut "10 Bali Baru," dengan memasang iklan di empat bus tingkat dan 400 taksi di London, Inggris.

Kemenpar juga menjadi sponsor pendaftaran dan memasang iklan "Wonderful Indonesia" (Pesona Indonesoa) di komplek gedung ExCel yang menjadi tempat penyelenggaraan World Travel Market (WTM) di London pada 7-9 November 2016.

Kepada Antara London, Menteri Pariwisata Arief Yaya, Kamis (10/11/2016) mengatakan dalam mempromosikan 10 Bali Baru, ada tiga besar bursa pasar pariwisata yang harus diikuti yakni WTM London dan ITB Berlin-Jerman, juga CITM Shanghai-Tiongkok.

"ITB dan WTM itu bursa pasar pariwisata terbesar pertama dan kedua di dunia. Sedang CITM itu pasar utama wisman dan sudah diproyeksikan 10 juta di 2019," katanya.

Arief menjelaskan 10 Bali Baru itu adalah Danau Toba Sumut, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu Jakarta, Borobudur Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru Jatim, Mandalika Lombok, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Maluku Utara.

Promosi wisata yang dilakukan Kementerian Pariwisata dengan membuat Paviliun Wonderful Indonesia di WTM berada di zona Asia, mengusung tema kapal Pinisi menonjol di antara 182 partisipan dari negara lain di seluruh dunia.

Didukung lebih dari 50 industri pariwisata, Paviliun Indonesia menyediakan pojok kafe (coffee corner) dengan aneka minuman tradisional seperti wedang jahe (minuman jahe), wedang uwuh (minuman isi rempah-rempah) dan kopi yang menjadi favorit.

Arief Yahya saat tiba di ExCel London mencoba menaiki taksi yang mempromosikan branding Wonderful Indonesia dengan ditemani Duta Besar RI di London Rizal Sukma, Deputi Pemasaran Mancanegara I Gde Pitana, dan beberapa pelaku industri.

Taksi yang dinaiki adalah "black cab" yang legendaris di ibu kota Great Britania itu.

"Tahun lalu ada 200 'black cab' taxi yang kami branding. Tahun ini ada 400 taxi yang keliling London dengan bungkus Wonderful Indonesia. Juga ada beberapa bus double decker wisata keliling London yang kami branding," ujar Arief Yahya.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata Nia Niscaya mengatakan kementerian mentargetkan kenaikan transaksi sebesar 10 persen dari tahun lalu.

Ia mengatakan pihaknya membuat paket-paket baru yang menarik, di Joglosemar, lalu Coral Wonders segitiga emas Indonesia, Raja Ampat, Wakatobi dan Bunaken Manado, juga Kepri, Danau Toba, Blue Fire Crater Banyuwangi, dan lainnya yang dulu sudah dikenal di Eropa. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: