Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perang Medsos Cagub DKI 2017, Siapa yang jadi Pemenang?

Perang Medsos Cagub DKI 2017, Siapa yang jadi Pemenang? Kredit Foto: Tri Yari Kurniawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Funlitic merupakan akun media sosial yang fokus untuk memberikan edukasi politik ke anak-anak muda lewat medium gambar. Baru-baru ini Funlitic merilis tentang perang Pilkada DKI 2017. Dari 7.108.589 total Daftar Pemilih Tetap pada pemilihan Gubernur tahun 2017, sekitar 10,7% nya adalah pemilih pemula yang berusia 17-30 tahun. Maka dari itu, sudah selayaknya calon Gubernur memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media kampanye.

Dari data yang dikeluarkan oleh We Are Social, pada 2016 jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia adalah sekitar 79 juta, atau 30% dari jumlah penduduk. Jakarta sendiri menempati posisi pertama sebagai kota dengan pengguna Twitter tertinggi di dunia, hampir 90% warganya menggunakan media sosial ini.

Penelitian ini kami lakukan untuk mengidentifikasi dan membandingkan performa media sosial dari calon Gubernur DKI jakarta tahun 2017, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono, Basuki Tjahaja Purnama dan juga Anies Baswedan. Media sosial yang diteliti adalah Instagram dan Twitter. Ada tiga parameter yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, jumlah follower, rata-rata interaksi yang didapatkan dan jumlah post. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa setiap pasangan memiliki kekuatan masing di masing-masing media sosial.

Pada jumlah follower, Agus unggul pada Instagram yaitu sebesar 1.8 juta. Di sisi lain, Ahok unggul di Twitter dengan follower sebesar 6.3 juta, unggul jauh dari Cagub lain. Ini karena Ahok telah aktif memanfaatkan media sosial Twitter secara maksimal sejak pilgub Jakarta tahun 2012 lalu.

Di sisi rata-rata Interaksi, Ahok unggul di kedua media sosial Instagram dan juga Twitter. Di Instagram, rata-rata interaksi (love) yang didapatkan setiap postingan foto adalah 55.778. Sedangkan di Twitter, rata-rata interaksinya sebesar 5.784.?

Pada parameter jumlah post, Agus unggul pada Instagram yaitu 695 post. Di Twitter, jumlah tweet Anies jauh mengungguli calon lain, yaitu sebanyak 10.200 tweet. Karakteristik Twitter dan Instagram yang membuat selisih jarak jumlah post nya jauh. Di Twitter, Calon Gubernur terbatas dengan 150 karakter, sehingga ketika pasangan ingin menyampaikan gagasan, mereka harus melakukan 5-10 tweet. Sedangkan di Instagram, mereka cukup mengirimkan 1 foto ditambah dengan caption lengkap.?

Jika kedua media media sosial ini digabungkan, Ahok unggul dalam total jumlah Follower dan total rata-rata Interaksi. Jumlah follower Ahok adalah 7.980.000, disusul Agus, 2.091.000 dan Anies pada posisis terakhir 1.429.000. Rata-rata interaksi yang Ahok dapatkan adalah sebesar 30.781. Sedangkan, Anies unggul pada total jumlah post, sebesar 10.592.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Vicky Fadil
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: