Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Agen BTPN Wow! Munculkan Budaya Menabung

Agen BTPN Wow! Munculkan Budaya Menabung Bank BTPN | Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) meyakini masyarakat dari semua lapisan memiliki keinginan untuk mencapai hidup lebih berarti. Melalui unit-unit bisnis yang dimiliki, BTPN menyediakan akses keuangan, informasi, serta pelatihan agar seluruh nasabah dapat meningkatkan kapasitas hidup mereka.

Dalam rangka meningkatkan akses keuangan, terutama bagi masyarakat yang tinggal jauh dari pusat ?kota dan belum terjangkau layanan perbankan, BTPN meluncurkan BTPN Wow! pada Maret 2015. BTPN Wow! merupakan inovasi BTPN dalam Program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (LAKU PANDAI) yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BTPN Wow! adalah layanan perbankan bagi mass market yang memanfaatkan teknologi telepon genggam dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan bank untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok Indonesia.

Dengan dibantu jasa agen, masyarakat bisa menikmati layanan perbankan tanpa perlu jauh-jauh mencari kantor cabang bank atau ATM. Nasabah dapat melakukan pembukaan rekening, tarik, dan setor uang melalui agen bank yang ada di sekitar tempat tinggal mereka dengan biaya sangat murah.

Sementara itu, berbagai transaksi di antaranya mengirim uang, membeli pulsa, serta membayar tagihan listrik/air, telepon, asuransi, TV berlangganan, dan membeli tiket dapat dilakukan melalui telepon genggam. Menggunakan teknologi USSD (Unstructured Supplementary Services Data), BTPN Wowl dapat beroperasi pada segala jenis telepon genggam berbasis GSM (tidak harus smartphone) meskipun dengan sinyal minimum.

"Salah satu faktor kunci kesuksesan produk layanan ini adalah keberadaan dan peran para agen bank. Melaiui para agen inilah kami hadir meiayani masyarakat yang selama ini berada di luar jangkauan bank," ujar Product a Customer Experience Head BTPN Wowl Achmad Nursjirwan Soegondo di Jakarta, Jumat (5/5/2017).

Salah satu agen BTPN Wowl yang sukses melayani masyakat adalah Farida Masrurin, pemilik warung kelontong di Kelurahan Jegu, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar. Farida bergabung menjadi agen BTPN Wow! pada April 2016. Selain berdagang, Farida juga aktif menjadi Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Blitar dan mengelola bank sampah.

"Saya tertarik menjadi agen karena proses pendaftarannya mudah, cukup menggunakan hape dan tidak harus mengandalkan sinyal kuat. BTPN Wow! juga sejalan dengan salah satu pokok tugas saya sebagai Pendamping PKH yang harus mendorong keluarga yang didampingi untuk belajar menabung," katanya.

Saat ini, Farida memiliki lebih dari 1.000 nasabah. Ia juga aktif memberikan edukasi kepada para masyarakat yang ia layani untuk rutin menabung.

"Farida adalah kisah sukses agen bank. la bukan cuma berhasil menghubungkan masyarakat dengan bank tetapi juga aktif menganjurkan para nasabahnya untuk rajin menabung demi kehidupan masa depan yang lebih baik lagi," tambah Nursjirwan.

Sebagai catatan, sejak diluncurkan pada Maret 2015 hingga akhir Maret 2017, BTPN Wow! telah memiliki 3,43 juta nasabah yang dilayani oleh lebih dari 178.000 agen.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gito Adiputro Wiratno
Editor: Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Bagikan Artikel: