Hari ini Google mengumumkan sepuluh iklan YouTube Teratas untuk Paruh pertama 2017. Daftar ini menunjukkan iklan YouTube di Indonesia yang paling menarik perhatian penonton dari bulan Januari hingga Juni tahun ini. Selain itu, Google juga mengumumkan serta mereka yang performanya paling baik dengan audiens Indonesia berkat popularitas sekaligus promosi. ?
Daftar ini menampilkan beberapa tren menarik dalam video online di Indonesia, yang terutama terlihat dalam iklan Unilever, 1001 Inspirasi Ramadan, yang menempati posisi teratas. Hal pertama yang dapat dilihat adalah kampanye ini tidak terdiri dari hanya satu melainkan serangkaian iklan pendekatan ini juga digunakan oleh Smartfren dan Tropicana Slim. Iklan dalam format berseri semacam ini akan sulit diwujudkan secara offline. ?
Seri iklan ini juga menampilkan pembuat konten YouTube, Arief Muhammad. Hal ini menunjukkan bahwa Unilever menyadari cara yang baik untuk menarik penonton YouTube adalah dengan melibatkan orang yang kehidupan sehari-harinya sangat dekat dengan YouTube, yaitu pembuat konten. Terakhir, Unilever dan agensinya membuat iklan yang relevan dengan orang Indonesia melalui cerita yang menyentuh tentang pasangan muda saat bulan puasa.
Kemudian cerita yang emosional. Pengiklan sudah tahu bahwa apa yang membuat sebuah cerita mudah diingat adalah emosi. Tanpa emosi audiens tidak akan peduli. Kesamaan iklan-iklan dalam daftar ini adalah semuanya memicu emosi penonton, entah itu nostalgia dalam iklan web berseri Tropicana Slim, pemandangan indah yang mengagumkan di iklan Blibli.com, atau keseruan aksi kung fu di iklan KitKat.?
Selain itu, panjang atau pendek tidak masalah. Keunggulan video online adalah sifatnya yang fleksibel. Mereka tidak dibatasi oleh durasi atau format iklan dan bebas berkreasi untuk membuat video dengan durasi yang sesuai untuk menyampaikan pesannya. Mulai dari iklan Smartfren sepanjang hampir 5 menit sampai iklan Tokopedia yang hanya 30 detik, YouTube dapat mengakomodasi semua gaya bercerita. ??
?Merek-merek dalam daftar ini berhasil merebut perhatian audiens Indonesia. Daftar iklan terpopuler ini menampilkan kreativitas dan kemampuan bercerita orang Indonesia, dan menunjukkan bahwa merek memahami kekuatan video digital untuk menyampaikan pesannya,? demikian kata head of marketing Google Indonesia, Veronica Utami.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi
Tag Terkait:
Advertisement