Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Layanan Data Jadi Pendobrak Kinerja XL Axiata

Layanan Data Jadi Pendobrak Kinerja XL Axiata Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) hari ini (2/11/2017) menyampaikan berbagai pencapaian positif dari kinerja perusahaan selama sembilan bulan pertama yang berakhir per 30 September 2017. Layanan Data masih memberikan kontribusi yang sangat signifikan, bahkan semakin kuat sebagai kontributor pendapatan utama bagi perusahaan.

Kenaikan pendapatan layanan Data didorong dari adanya peningkatan yang signifikan dari produk layanan data yang inovatif dan didukung dengan jaringan data berkualitas tinggi.?

"Pendapatan layanan Data memberikan kontribusi sebesar 71 persen terhadap pendapatan jasa perusahaan dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dan ini adalah yang tertinggi secara industri,? Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini, di Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Menurut Dian, peningkatan pendapatan layanan Data didorong oleh meningkatnya jumlah pelanggan yang menggunakan smartphone, yakni naik 36 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Di akhir kuartal ini, jumlah pengguna smartphone mencapai sekitar 37 juta, atau sekitar 70 persen dari total pelanggan XL Axiata, tertinggi di antara operator yang ada di Indonesia. Meningkatnya pengguna smartphone juga mendorong meningkatnya trafik layanan sebesar 162 persen (yoy), yang mayoritas dikarenakan kenaikan dari trafik data.

Dari sisi jumlah pelanggan, pada kuartal ini juga mengalami peningkatan sebesar 2 juta pelanggan sehingga secara total jumlah pelanggan XL Axiata mencapai 52,5 juta. "Adapaun ARPU secara kuartal juga meningkat, dengan rata-rata ARPU campuran sebesar Rp35.000," ungkapnya.?

Kinerja perseroan yang tumbuh kuat di kuartal ketiga memperlihatkan bahwa agenda transformasi merupakan strategi yang tepat dan terbukti menghasilkan pencapaian yang sesuai harapan. Bisnis layanan Data menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan yang tertinggi di industri, dengan komposisi pendapatan layanan Data dan pengguna smartphone mencapai 71 persen dan 70 persen.?

"Saya senang XL Axiata berhasil memanfaatkan momentum untuk terus tumbuh selama 4 kuartal berturut-turut,? kata Dian.?

XL Axiata telah berhasil memanfaatkan momentum meningkatnya penggunaan layanan Data di Indonesia dengan terus membangun infrastruktur jaringan Internet kecepatan tinggi yang handal dan memperluas cakupan layanan.? Untuk memperkuat bisnis layanan Data tersebut, jaringan 4G LTE XL Axiata saat ini telah menjangkau 338 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, dengan hampir 16.000 BTS 4G, serta lebih dari 44.000 BTS 3G.?

Selain itu, meningkatnya investasi yang dilakukan di berbagai wilayah di luar Jawa dengan program 3G U900 dan perluasan jaringan internet kecepatan tinggi 4G LTE yang telah mancakup ratusan kota di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok, telah mendorong XL untuk dapat meraih wilayah pertumbuhan baru, selaras dengan semakin meningkatnya trafik Data dan pertumbuhan pendapatan.

"Berbagai penawaran paket Data inovatif kami melalui strategi dual-brand telah menghasilkan berbagai pencapaian yang positif, selaras dengan semakin diminatinya XL bagi segmen pasar white-collar dan blue-collar, serta Axis bagi segmen pasar youth, dimana kedua merek tersebut membedakan penawarannya sesuai fokus dari segmen pasarnya," terangnya.?

XL Axiata juga terus berhasil menarik jumlah pengguna data dan smartphone, dengan laju penetrasi smartphone meningkat 3 persen sejak kuartal sebelumnya menjadi 70 persen. Konsumsi layanan Data juga terus menerus meningkat, dimana trafiknya mencapai dua kali lipat dari tahun sebelumnya sehingga mempercepat konsumsi data per pengguna.

Produk layanan XL Axiata yang berhasil merebut pasar terutama Program Xtra Combo dan AXIS Hitz. Layanan Xtra Combo dengan brand?"XL" terus menjadi favorit pelanggan prabayar XL sejak diluncurkan pertama kali. Program ini memberikan bonus yang sangat menarik, yaitu dengan membeli paket internet, pelanggan akan bisa menikmati akses YouTube tanpa kuota, juga kuota menelpon ke semua operator 24 jam.?

Selain itu, pelanggan juga masih akan mendapatkan manfaat dari kerja sama dengan penyedia konten, berupa bebas berlangganan konten untuk menyaksikan Liga Inggris di Genflix, menikmati serial drama Korea favorit di Tribe, dan streaming musik sepuasnya di Yonder.

XL Axiata juga berhasil mendapatkan sambutan baik dari pelanggan dari program lainnya seperti XL Super Ngobrol Baru yang menawarkan layanan gratis menelpon dan SMS tanpa batas ke semua nomor XL, menelpon R 1/detik ke operator lain, Rp50 per SMS ke operator lain, dan akses internet Rp 50/MB. Selain itu, pelanggan masih akan mendapatkan manfaat berupa gratis nelpon tanpa batas melalui WhatsApp dan LINE, gratis akses YouTube 100MB/bulan, serta gratis berlangganan dan akses ke program "XL Super Nonton".

Sementara bagi pelanggan "AXIS", program AXIS Hitz telah mampu menjawab kebutuhan mereka atas layanan yang sesuai dengan karakter anak muda beserta segala aktivitasnya. Paket AXIS Hitz menjadi produk yang digemari pelanggan muda karena menawarkan keuntungan berupa tarif menelpon irit disertai bonus SMS ke semua operator, serta tambahan bonus tambahan berupa gratis akses ke aplikasi chatting WhatsApp, LINE, dan BBM. Peningkatan kualitas layanan juga terus dilakukan bagi pelanggan AXIS melalui sejumlah inisiatif, antara lain penerbitan voucher AIGO (AXIS Internet On The Go) untuk mempermudah pelanggan mendapatkan paket internet AXIS.

Pada layanan pascabayar, XL Axiata juga terus memaksimalkan layanan XL Prioritas yang menawarkan beragam program menarik, seperti antara lain layanan yang bersifat prioritas hingga bundled data. Daya tarik XL Prioritas ada pada manfaat yang ditawarkan, yaitu antara lain menggunakan jaringan 4G LTE yang diprioritaskan sehingga bisa menghadirkan akses data/internet yang lebih cepat dan stabil dibandingkan non XL Prioritas. Selain itu, ada juga fasilitas "worry free" untuk menelpon dan SMS ke semua operator dan "worry free" untuk layanan Data Roaming dengan tarif flat.

Sekadar informasi, perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp16,90 triliun, naik 5,09 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp16,08 triliun. Laba perseroan pun tumbuh 49,05 persen menjadi Rp238,06 miliar dari Rp159,71 miliar diperiode yang sama tahun sebelumnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Advertisement

Bagikan Artikel: