Bukalapak, pasar online terbesar di Indonesia, berhasil memenangkan penghargaan Citra Pariwara 2017, salah satu penghargaan bergengsi bagi insan kreatif dan karya iklan terbaik di Indonesia. Perusahaan startup asli Indonesia ini sukses meraih 3 piala sekaligus untuk iklan yang berjudul Nego Cincai dan Gilanya Belanja di Bukalapak. Bukalapak memenangkan kategori Film Craft yang meraih Silver Citra Pariwara, Viral and Email Marketing meraih Bronze Citra Pariwara, dan Digital Integrated Campaign meraih Silver Citra Pariwara.
Sementara itu, Vice President of Marketing Bukalapak Bayu Syerli mengaku bangga dengan keberhasilan ini. Kampanye Gilanya Belanja di Bukalapak yang diluncurkan saat Harbolnas Bukalapak 2016 dan Nego Cincai yang diluncurkan pada awal 2017 telah berhasil mencetak prestasi dan mengharumkan industri kreatif Indonesia. Bukalapak selalu mengedepankan kreativitas dalam setiap materi komunikasi visual maupun audio visual.
"Kami selalu berusaha agar semua materi komunikasi kami dapat hadir di masyarakat dengan selalu atraktif sehingga kami tidak hanya mengedepankan aspek promosi tapi kami juga selalu berusaha untuk memberikan nilai lebih kepada masyarakat," ujar Bayu Syerli.
Kategori Film Craft?mencakup beberapa aspek penilaian seperti kualitas penyuntingan, animasi, efek visual, sinematografi atau gaya pemilihan artistik, pemotretan, teknik sinematik, dan lain sebagainya, serta kreativitas penggunaan suara/audio.
Sementara kategori Digital, Bukalapak termasuk yang terbaik dalam hal Viral dan Email Marketing yaitu segala bentuk komunikasi viral yang tidak hanya berupa plain digital video post, tetapi juga?interactive video, YouTube channels, dan juga profil di media sosial.
Kampanye Gilanya Belanja di Bukalapak telah berhasil membuat jutaan pengguna Bukalapak berpartisipasi dalam kegilaan belanja online di Harbolnas Bukalapak tahun 2016. Bukalapak juga telah berhasil menaikkan pertumbuhan sebesar 377% pengguna baru melalui kampanye ini, serta meningkatkan nilai transaksi di Harbolnas Bukalapak tahun 2016 sebanyak 5 kali dibandingkan tahun 2015.
Program kampanye ini juga telah berhasil meningkatkan jumlah pelapak di Bukalapak, dari semula pada akhir 2015 sebesar 500 ribu pelapak hingga saat ini telah mencapai lebih dari 2 juta pelapak. Sementara persebaran jumlah jejaring komunitas pelapak Bukalapak telah berkembang menjadi sebanyak 200 kota di Indonesia, dan jumlah Penggerak Pelapak yang tersebar di 130 daerah di Indonesia. Pengguna Bukalapak saat ini juga telah mencapai lebih dari 14 juta pengguna di seluruh Indonesia.
"Kami sangat bangga telah berhasil meraih penghargaan ini. Penghargaan ini kami persembahkan kepada semua pelapak maupun pengguna di Bukalapak. Dengan penghargaan ini, Bukalapak menunjukkan komitmen nyata untuk semakin mendukung UKM Indonesia untuk tumbuh dan berkembang bersama Bukalapak," ujar Bayu Syerli.
Bukalapak juga terus menciptakan inovasi-inovasi baru untuk terus meningkatkan kualitas aplikasi agar memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan pengguna Bukalapak dalam berbelanja online sekaligus membuka akses bagi para pelaku UKM di Indonesia untuk berjualan ke seluruh Indonesia lewat aplikasi Bukalapak dengan mudah.
Selain itu, tercatat bahwa aplikasi Bukalapak telah terpasang di sebanyak 15,5 juta perangkat Android dan hampir 1 juta perangkat yang menggunakan iOS. Bukalapak terus melakukan peningkatan dan telah berhasil menjadi aplikasi e-commerce dengan rating terbaik di Google Play Store maupun di App Store.
"Dengan pencapaian-pencapaian ini, kami berharap masyarakat Indonesia akan terus semakin banyak menggunakan Bukalapak, bersama-sama memajukan ekonomi digital Indonesia dengan saling bergotong-royong, dan memberdayakan pelaku UKM di Indonesia," tambah Bayu Syerli.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ning Rahayu
Editor: Fauziah Nurul Hidayah
Tag Terkait:
Advertisement