Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2018 Diprediksi 30 Persen Lebih Pekerja Indonesia Bakal Resign

2018 Diprediksi 30 Persen Lebih Pekerja Indonesia Bakal Resign Kredit Foto: Wordpress.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mencari suasana dan tempat kerja yang baru diprediksi akan meningkat dalam pergantian tahun menuju 2018. Studi bertajuk Global Leadership Study?(2016) yang digagas Dale Carnegie mengatakan lebih dari 30 persen tenaga kerja di Indonesia akan mencari pekerjaan baru dalam waktu dekat akumulasi dari angka 20 persen karyawan yang berencana berpindah tempat kerja tahun depan.

Selanjutnya, 13 persen bahkan mengaku saat ini sedang dalam pencarian pekerjaan baru. Sementara, hanya 28 persen karyawan di Indonesia yang berniat bertahan dalam jangka waktu cukup panjang di perusahaannya. Cara kepemimpinan atasan langsung (immediate supervisor) ternyata berperan signifikan terhadap kepuasan kerja dan keinginan karyawan untuk bertahan di sebuah perusahaan.

"Kepuasan dalam bekerja (job satisfaction) dan keinginan untuk bertahan di suatu perusahaan (intention to stay) dipengaruhi oleh perilaku atasan di tempat karyawan tersebut bekerja," tutur Joshua Siregar selaku Director National Marketing Dale Carnegie Indonesia dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (29/12/2017).

Data dari Global Leadership Study?menunjukkan bahwa 85 persen karyawan menganggap apresiasi dan pujian dari atasan terhadap pekerjaan yang mereka lakukan sangatlah penting. Namun, pada praktiknya hanya 36 persen atasan yang melakukannya. "Belum sesuainya cara kepemimpinan atasan di Indonesia seperti inilah yang menjadi salah satu faktor karyawan berniat mencari pekerjaan baru," jelasnya.?

Dale Carnegie sebagai thought leader menginisiasi studi ini untuk mengetahui pengaruh cara kepemimpinan terhadap motivasi dan retensi kerja karyawan.

Digelar di 14 negara termasuk Indonesia, studi ini melibatkan sekitar 3.300 pekerja dengan rentang usia 22?61 tahun, mulai dari level karyawan hingga direktur. Di Indonesia, studi menyertakan 205 pekerja dari perusahaan kecil hingga menengah, dengan tujuan mengetahui cara kepemimpinan yang efektif di Tanah Air.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Advertisement

Bagikan Artikel: