HUT Ke-8, Bukalapak Komitmen Berupaya Menaikkelaskan UKM Indonesia
Memasuki usia ke-8, Bukalapak merayakan syukuran atas hari jadinya dengan mengangkat tema "Bukalapak Besar Bersama UKM Indonesia" di Jakarta, Rabu (10/1/2018). Hari perayaan ulang tahun tersebut merupakan bentuk syukur Bukalapak atas sinergi yang telah dijalankan bersama para UKM, pengguna Bukalapak, dan juga karyawan Bukalapak.
Founder & CEO Bukalapak Achmad Zaky mengungkapkan bahwa selama delapan tahun ini, Bukalapak terus berupaya untuk menaikkelaskan semua UKM di indonesia sebagai salah satu komitmen untuk membantu memajukan ekonomi digital di Indonesia. Seiring dengan berkembangnya Bukalapak, para UKM pun turut bertumbuh pesat dengan peningkatan pendapatan rata-rata 3 kali lipat di tahun 2017.
Bukalapak telah menjadi sebuah platform online marketplace yang terpercaya di Indonesia yang telah menghubungkan langsung para pelaku UKM dan pembeli dari Sabang sampai Merauke.
Acara HUT Bukalapak ini dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, serta 1000 UKM terbaik Bukalapak, karyawan, dan juga partner.
Saat ini Bukalapak memiliki 35 juta pengguna (monthly active user/MAU) di seluruh Indonesia. Artinya, 30% dari netizen Indonesia pernah berkunjung ke Bukalapak. Di samping itu, jumlah transaksi Bukalapak per hari mencapai 320 ribu transaksi. Ini menunjukkan bahwa Bukalapak semakin dipercaya oleh masyarakat Indonesia.
Zaky menuturkan, "Bukalapak ingin menjadi aset terbaik bangsa indonesia. Kami ingin menjadi pemberi pekerjaan terbanyak di Indonesia, menjadi sumber kesejahteraan UKM di Indonesia, dan pembayar pajak terbesar di Indonesia." .
Bukalapak, lanjut Zaky, tidak hanya fokus pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga ingin terus tumbuh bersama para UKM di seluruh Indonesia. Bukalapak mendorong mereka untuk terus berkarya dan memproduksi kerajinan-kerajinan secara kreatif dan memasarkannya melalui marketplace dengan tujuan memperluas jangkauan pemasarannya karena UKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia.
Namun, Zaky juga menekankan bahwa Bukalapak tidak hanya berupaya untuk memajukan UKM, tetapi juga berupaya untuk memberikan inspirasi kepada generasi muda agar bisa berkarya bagi bangsa, dengan memberikan konten-konten positif yang membangun seperti BukaTalks, BukaMusik, dan tentunya inisiatif-inisiatif baru lainnya.
Menanggapi kesuksesan Bukalapak, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan bahwa Pemerintah memiliki harapan besar kepada Bukalapak sebagai e-commerce nasional yang turut membantu memajukan UKM Indonesia.
"Harapan saya besar sekali kepada Bukalapak. Harapan Pemerintah tentunya, program Presiden yaitu memberikan pemerataan kesejahteraan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi yang diikuti dengan pemerataan kesejahteraan. Tidak boleh lagi pertumbuhan meningkat, namun tidak terjadi pemerataan," harap Menteri Puspayoga dalam sambutannya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ning Rahayu
Editor: Fauziah Nurul Hidayah