Kepala UKM Center FEB UI TM Zakir Machmud menyampaikan bahwa kesiapan para UKM untuk go digital masih rendah. Kesiapan tersebut menurutnya harus dibarengi dengan perbaikan kualitas produk dan kesiapan dalam memenuhi permintaan pasar.
"Karena ketika masuk ke dunia digital itu kan ya harus siap ada order setiap hari atau datang order banyak. Sementara dia kapasitasnya sedikit atau orang yang mengerti e-mail dan sebagainya tidak ada. Makanya, itu yang semestinya didorong," jelasnya, Kamis (5/4/2018) di Jakarta.
Zakir juga membenarkan bahwa sudah banyak program yang dikeluarkan pemerintah dalam mendorong para UMKM go digital. Maka yang perlu dilakukan hanya bagaimana menggandeng para UKM untuk mau memnafaatkan teknologi digital.
"Kadang-kadang UKM ini sudah bisa membuat ya sudah puas. Jadi, mindset-nya ini yang harus diubah kalau ingin maju. Apa lagi yang mesti diperbaiki? Apakah rasanya, kemasannya, atau pengirimannya? Nah, itu kadang-kadang masih sedikit yang punya ke arah sana," katanya.
Sementara berdasarkan kualitas produk, menurut Zakir, UKM Indonesia sudah layak bersaing dengan produk-produk impor yang terlihat mendominasi pasar Indonesia, khususnya melalui e-commerce.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ning Rahayu
Editor: Fauziah Nurul Hidayah