Dalam bisnis waralaba Anda, penulis dan konsultan waralaba, Mark Siebert memberikan panduan cara terbaik untuk menggunakan salah satu strategi pertumbuhan terbesar yang pernah ada - waralaba. Siebert berbagi pengalaman puluhan tahun, wawasan, dan saran praktis untuk membantu mengembangkan bisnis Anda secara eksponensial melalui waralaba sambil menghindari perangkap.
Dalam kutipan yang dilansir dari Entrepreneur.com ini, Siebert menawarkan beberapa saran untuk membuka lokasi perusahaan kedua sebelum waralaba dapat membantu Anda atau malah melukai Anda.
Satu hal yang mungkin Anda dengar dari waktu ke waktu ketika Anda mengevaluasi waralaba sebagai pilihan untuk mengembangkan bisnis Anda adalah Anda tidak dapat waralaba kecuali Anda memiliki setidaknya dua unit operasi. Namun, anggapan itu tidak terbukti kebenarannya jika ditelik dari kasus yang menarik, yakni Massage Envy, yang memulai waralaba ketika hanya memiliki satu unit operasi dan saat ini sudah memiliki lebih dari 1.000 lokasi.
Tentu saja, membuka lokasi kedua memiliki sejumlah keunggulan. Ini akan memungkinkan Anda menguji berbagai aspek bisnis, demografi, dan jenis situs. Ini juga akan meningkatkan arus kas Anda. Tentu juga akan meningkatkan kredibilitas Anda.
Dua unit usaha hampir selalu lebih baik daripada satu. Dan tiga hampir selalu lebih baik daripada dua. Lima lebih baik dari tiga. Dan 10 lebih baik dari lima. Begitu seterusnya..
Tetapi Anda tidak dapat menjawab pertanyaan apakah Anda harus membuka unit perusahaan kedua sebelum waralaba? Dan mengatakan bahwa membuka lebih banyak unit yang dimiliki perusahaan secara empiris keputusan yang lebih baik gagal untuk memperhitungkan masalah persaingan, waktu, dan fokus.
Meskipun memiliki lebih banyak lokasi operasi dapat meningkatkan kredibilitas Anda, dampak pada tingkat penutupan Anda kemungkinan akan relatif kecil. Dengan tingkat penutupan rata-rata pada waralaba sekarang mencapai sekitar 2 persen, peningkatan kredibilitas ini dapat membuat tingkat menutup hingga 2,2 persen.
Ketika Anda mempertimbangkan bahwa seorang pemilik waralaba yang ingin menjual 12 waralaba setahun perlu menghasilkan sekitar 600 prospek untuk mencapai tujuan itu, peningkatan bertahap itu akan bertanggung jawab atas hanya satu penjualan waralaba tambahan di tahun pertama. Atau, itu akan memungkinkan Anda untuk mengurangi anggaran pemasaran waralaba Anda sekitar 10 persen - menghemat sekitar $ 9.600 di pasar saat ini.
Ukur penghematan itu terhadap biaya memulai usaha waralaba Anda setahun lebih cepat, dan pilihan finansial dengan cepat beralih mendukung waralaba lebih cepat. Ini khususnya benar ketika mempertimbangkan di mana masing-masing pilihan ini akan membawa Anda di tahun kedua.
Seorang pengusaha yang menghabiskan satu tahun membuka lokasi kedua mereka akan memiliki dua lokasi operasi dan sekarang bisa menawarkan waralaba dengan harapan tingkat penutupan 2,2 persen. Sebaliknya, seorang pengusaha yang menghabiskan satu tahun waralaba dengan tingkat penutupan 2 persen lebih rendah akan memiliki satu lokasi perusahaan tetapi mungkin 10 hingga 12 lokasi waralaba - memungkinkan mereka mendapatkan tingkat penutupan yang lebih tinggi, lebih banyak publisitas, dan lompatan lebih cepat pada pesaing.
Dan ini bahkan tidak memperhitungkan kemungkinan bahwa unit kedua bisa berakhir menjadi pengalih perhatian, berkinerja buruk, atau memungkinkan pesaing untuk mendapatkan keuntungan "penggerak pertama" di industri Anda atau di pasar yang ingin Anda kembangkan.
Kami sering melihat orang menunda keputusan untuk waralaba karena mereka memiliki kesempatan untuk memanfaatkan situs tertentu atau ada alasan lain untuk kenyamanan. Tetapi sekali lagi, pertanyaan yang harus mereka tanyakan adalah apakah sumber daya yang mereka butuhkan untuk dibelanjakan di lokasi operasi kedua pada akhirnya akan memberikan hasil tambahan terbaik atau memungkinkan mereka untuk mengejar strategi pertumbuhan alternatif terbaik mereka.
Yang mengatakan, ada saat-saat tertentu ketika membuka unit kedua atau ketiga bisa menjadi strategi terbaik Anda. Dalam beberapa kasus, seorang wirausahawan mungkin perlu menguji berbagai jenis lokasi atau memperbaiki aspek bisnis yang berbeda sebelum melanjutkan dengan waralaba. Tetapi ketika melihat pertanyaan secara obyektif, jika waralaba adalah strategi ekspansi yang Anda pilih, memulai lebih cepat akan sering memiliki keuntungan jangka panjang tambahan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: