Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Startup Berkembang dengan Kritikan

Startup Berkembang dengan Kritikan Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kritik harus memiliki tujuan dan fokus, tidak sembarangan dan bermuatan emosi.

Pada hakikatnya, startup bangga menjadi unik. Dan ketika bisnis Anda benar-benar menonjol dari pesaing Anda, mudah untuk mulai mengkritik cara mereka berbisnis.

Ada garis yang bisa Anda lewati saat hal yang Anda kritisi mulai ke arah yang terlalu negatif. Bahkan jika sebuah perusahaan layak untuk analisis kasar yang Anda berikan kepada mereka, berbicara seperti itu dapat mengubah citra Anda sendiri. Itu bisa membuat orang mempertanyakan karakter Anda dan ditakutkan bahwa mereka akan ragu bekerja dengan Anda.

Bukan berarti Anda tidak dapat berbicara tentang pesaing Anda. Bahkan, Anda dapat dengan mudah menyampaikan maksud Anda hanya dengan mengakui perbedaan di antara Anda berdua.

Dalam keadaan inilah mengkritisi kompetisi dapat benar-benar menguntungkan startup Anda:

Ketika Anda dapat dengan jelas menjelaskan mengapa perusahaan Anda lebih baik dan berbeda

Setiap investor akan bertanya apa yang membedakan perusahaan Anda dengan yang lainnya? Mengapa itu bisa terjadi? Mereka ingin tahu mengapa mereka harus berinvestasi pada Anda.

Anda tidak dapat menghindari pertanyaan dalam situasi itu. Anda harus mampu mengartikulasikan mengapa Anda lebih baik, berbeda, dan siap untuk berhasil.

Namun, Anda masih tidak ingin memikirkan aspek negatif dari apa yang dilakukan pesaing Anda. Anda ingin fokus pada hal-hal positif yang menjadikan Anda unik. Ketika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membicarakan apa yang salah dalam persaingan, orang mulai bertanya-tanya apakah ini benar-benar tentang Anda atau perusahaan yang tidak dapat Anda hentikan untuk dibicarakan.

Akui apa yang tidak disukai orang tentang kompetisi, dan jelaskan apa yang Anda lakukan dengan lebih baik.

Ketika kritik menghubungkan kembali ke nilai merek Anda

Ada saat-saat ketika sedikit kritik dapat membantu membangun suara dan cerita merek Anda, terutama di awal ketika menetapkan diri Anda terpisah.

Kritik terhadap kompetisi itu baik-baik saja jika Anda memastikan merek Anda masih sesuai dengan yang Anda inginkan. Itu harus memiliki tujuan dan fokus pada cerita, bukan sembarangan dan melibatkannya dengan emosi. Karena ketika Anda mulai keluar untuk mengkritik, ia mulai melukiskan visi publik tentang bisnis Anda yang belum tentu menyanjung.

Jika Anda melewati batas menjadi kritik keras atau terus-menerus, ceritanya menjadi tentang kenegatifan Anda daripada titik yang ingin Anda sampaikan.

Ketika itu berdasarkan fakta dan tidak menyakiti hubungan yang sudah terjalin

Pasti ada saat-saat ketika bermanfaat untuk memiliki hubungan dengan pesaing Anda. Namun, sekarang hal ini sangat langka. Anda mungkin tidak akan memiliki hubungan dengan pendiri semua startup. Tetapi sebenarnya, mereka itu bukan pesaing Anda.

Pesaing Anda adalah perusahaan yang didirikan dengan pangsa pasar besar di mana Anda mencoba untuk membuat terobosan. Jika Anda dapat menemukan cara untuk hidup berdampingan secara damai dengan startup lain, itu mungkin benar-benar membuat hidup lebih mudah.

Ingat saja, akan selalu ada persaingan. Di penghujung hari, Anda harus fokus untuk mengeksekusi dan membuat pelanggan Anda senang.

Jadi, akui pesaingmu. Ketahuilah apa yang mereka lakukan dan bagaimana itu bisa mempengaruhi Anda. Namun perlu diingat satu-satunya hal yang Anda kendalikan adalah perusahaan Anda dan strategi Anda. Dalam beberapa kasus, kritik dapat dibenarkan, tetapi berfokus pada pesaing Anda biasanya sangat menghabiskan waktu Anda.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: