Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gugah Anak Muda Geluti Sociopreneurship, Kopi Kapal Api Gelar Campus Talk

Gugah Anak Muda Geluti Sociopreneurship, Kopi Kapal Api Gelar Campus Talk Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Santos Jaya Abadi melalui Kopi Kapal Api menggelar Campus Talk dengan tajuk Social Enterprise di Universitas Negeri Malang (UNM) sebagai kelanjutan dari rangkaian kegiatan program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu.

Johnway Suwarsono, Group Brand Manager Kapal Api, mengatakan bahwa Campus Talk menjadi kesempatan baik bagi anak muda untuk memahami lebih jauh tentang usaha yang berdampak sosial, baik yang baru berniat terjun maupun yang sudah merintis usaha sosialnya.

"Melalui kegiatan ini, Kopi Kapal Api berharap berkontribusi dalam mendukung peran kelompok muda sebagai penggerak kunci roda sosial dan ekonomi Indonesia di masa depan," jelas dia, Kamis (20/9/2018), di Malang. 

Leonard Theosabrata, Founder Indoestri Makerspace, yang hadir dalam Campus Talk mengungkapkan bahwa membangun bisnis yang dapat memberikan nilai positif dan solusi nyata bagi masyarakat bukanlah hal yang mudah, harus serius dan konsisten.

"Yang paling penting dilakukan sebelum memulai adalah menemukan 'why' terlebih dahulu karena dengan alasan dan tujuan yang kuat akan membuat kita menikmati prosesnya dan tidak cepat menyerah. Selain itu, kita harus percaya pada diri sendiri dan bisnis yang kita jalani," terangnya. 

Senada dengan Leo, Co-Founder Du’Anyam, Azalea Ayuningtyas mengatakan, selain memberikan dampak sosial-ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat, suatu usaha sosial harus dipikirkan dan dirancang secara jangka panjang agar berkelanjutan, sehingga bisnis dapat terus berkembang dan menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Sementara itu, Founder House of Diamonds sekaligus mentor program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu asal Malang, Nur Cholidah dan Noor Fadillah mengutarakan, berbagi wawasan sociopreneurship merupakan salah satu keinginan mereka sejak mendirikan dan menjalankan House of Diamonds.

"Memulai sebuah usaha sosial memang menantang. Anak muda yang ingin menjadi sociopreneur harus pandai menggabungkan visi sosial ke dalam bisnisnya dengan mengamati permasalahan hidup sehari-hari yang dekat dengan mereka," jelas keduanya. 

Program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu masih membuka pendaftaran proposal usaha sosial melalui www.secangkirsemangat.id. Hingga saat ini lebih dari 3.500 proposal telah terdaftar dan 20.000 orang bergabung dalam gerakan secangkir semangat dan masih akan berjalan hingga 30 September 2018. Sementara keseluruhan program akan berjalan hingga Februari 2019 mendatang.

Tiga pemenang dengan proposal terbaik akan mendapatkan hibah modal usaha. Pemenang pertama akan mendapatkan Rp250 juta dan kesempatan mentoring bersama Yoris Sebastian, Founder & Creative Thinker OMG, sementara pemenang kedua akan mendapat Rp100 juta dan pemenang ketiga mendapat Rp50 juta.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: