Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

3 Tanda Ini Ada di Bisnis Anda? Berarti Bisnis Anda Siap Go Internasional!

3 Tanda Ini Ada di Bisnis Anda? Berarti Bisnis Anda Siap Go Internasional! Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Memperluas bisnis Anda secara internasional bukanlah upaya yang mudah, tetapi sering kali ini adalah langkah penting berikutnya dalam mengembangkan basis pelanggan Anda dan meningkatkan pendapatan. Jika Anda yakin dengan produk atau layanan Anda dan mencari peluang baru, mungkin saatnya untuk melihat melewati pasar lokal dan bisnis Anda siap go international.

Penting untuk diingat bahwa tidak peduli betapa suksesnya bisnis Anda saat ini, Anda tidak akan pernah merasa cukup siap menghadapi kendala yang tampaknya tidak ada habisnya muncul di dunia digital atau terhubung ke internet saat ini.

Berdasarkan rangkuman dari entrepreneur.com, berikut adalah tiga tanda bahwa bisnis Anda mungkin sudah dalam kondisi yang lebih baik untuk go international:

1. Anda bersemangat untuk menjangkau pelanggan internasional

Anda begitu bersemangat untuk mengupayakan bisnis Anda melampaui batas-batas lokal. Pertumbuhan internasional dapat menjadi usaha besar, tetapi pada akhirnya, ia menjanjikan akses ke basis pelanggan yang sangat besar dan potensi pertumbuhan yang signifikan.

Karena itu, sangat penting untuk tidak melupakan dasar-dasarnya. Apakah produk Anda akan disambut di setiap penjuru? Bagaimana Anda akan mengirimkannya? Apakah Anda perlu menerjemahkan materi pengemasan dan periklanan? Bagaimana dengan kepatuhan terhadap peraturan lokal tentang pajak, risiko, dan pembayaran? Semua pertanyaan ini penting untuk dipikirkan dan dijawab sebelum Anda membawa bisnis Anda ke luar negeri.

Apa yang akhirnya Anda temukan adalah bahwa hal-hal kecillah yang paling penting dan yang akan memastikan sumber daya Anda dialokasikan dengan cara yang tidak merugikan penjualan Anda, menyebabkan masalah hukum atau membuat pelanggan tidak puas.

Apabila Anda sudah terbesit pemikiran untuk bermitra dengan pasar yang mapan dan memiliki popularitas yang tinggi, itu sudah tepat. Dengan begitu dapat member Anda peluang terbaik menjangkau pelanggan dengan biaya terjangkau dan memberikan dukungan dengan cara yang mereka kenal.

Pasar juga akan memberi Anda bantuan dalam menangani banyak masalah, seperti logistik pengiriman dan pemasaran lokal. Ini akan mengurangi beban membangun saluran distribusi Anda sendiri di pasar yang tidak dikenal dan pada akhirnya memungkinkan bisnis Anda tumbuh dengan laju yang jauh lebih cepat di lebih banyak wilayah.

2. Anda memiliki kombinasi yang tepat dari operasi tingkat tinggi dan lokal di tempat

Ketika memikirkan rencana ekspansi internasional Anda, Anda yakin bahwa Anda akan dapat beroperasi secara efisien. Ini mengharuskan Anda menentukan berapa banyak kehadiran langsung yang akan Anda miliki di setiap wilayah, jika ada, serta jika Anda memerlukan mitra lokal untuk menangani aspek tertentu dari operasi Anda.

Tidak ada kombinasi yang akan sama untuk setiap perusahaan, tetapi penting untuk menemukan pendekatan yang paling sesuai untuk Anda. Tergantung pada produk atau layanan Anda, kebutuhan akan bervariasi dan keputusan ada di tangan Anda untuk memilih pendekatan apa yang akan paling memungkinkan perusahaan Anda untuk menangani tuntutan penskalaan basis pelanggan Anda yang semakin meluas.

3. Anda merasa nyaman dengan pemasok dan pelanggan Anda akan bekerja dengan luar negeri

Berpikir tentang menumbuhkan daftar pemasok Anda tidak membuat Anda gugup. Meskipun sebelumnya Anda mungkin telah terbiasa bekerja hanya dengan beberapa vendor tertentu, mengambil ekspansi internasional berarti bahwa produksi Anda pasti akan tumbuh. Mampu percaya bahwa pemasok baru Anda akan memberikan produk berkualitas dan mematuhi persyaratan pembayaran yang disepakati akan sangat penting untuk kesuksesan Anda.

Selain itu, Anda harus yakin dengan kemampuan Anda untuk memberikan pengalaman berkualitas bagi pelanggan internasional Anda. Pelanggan baru kemungkinan tidak akan merasa nyaman mengirim uang dalam jumlah besar ke perusahaan asing yang belum pernah dikerjakan, juga tidak akan Anda ingin mengirim produk ke pelanggan di luar negeri tanpa menerima pembayaran sebelumnya.

Meskipun perluasan secara internasional dapat terasa menakutkan, tidak dapat dipungkiri bahwa pertumbuhan eCommerce selama dekade terakhir telah menyebabkan berkembangnya berbagai solusi yang membuatnya lebih mudah untuk melakukan bisnis di luar negeri. Jika perusahaan Anda mengidentifikasi sejak awal di mana masalah potensial akan muncul, atau tugas apa yang akan membutuhkan upaya internal yang signifikan, kemungkinan besar ada solusi yang ada dan dapat memecahkan titik nyeri ini. Bahkan, dengan pertumbuhan sektor pembayaran global dan booming pasar online, setiap perusahaan dengan produk atau layanan yang bagus dapat berhasil memperluas secara global.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: