Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perpanjang Merek Bisnis Anda dengan Lisensi, Berikut Keuntungannya...

Perpanjang Merek Bisnis Anda dengan Lisensi, Berikut Keuntungannya... Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setiap orang yang hendak membangun bisnis tentu memikirkan merek dagang apa yang sebenarnya pas dan dirasa cocok untuk produk bisnisnya. Ternyata, lisensi dari merek yang Anda miliki itu juga tidak kalah penting dari filosofinya.

Filosofi dari nama merek tersebut biasanya begitu dipikirkan oleh sang pencetus. Namun, ada pula yang hanya selewat saja terlintas dan kemudian menjadikannya merek yang berkepanjangan. Jika pemilik merek dagang ada yang bertanya, “Mengapa saya harus melisensikan merek saya ini?” menurut Entrepreneur.com, jawaban berikut mungkin akan membantu menjawab:

Mengapa lisensi?

Ada berbagai alasan mengapa pemilik merek harus melisensikan merek mereka. Jika merek memiliki preferensi tinggi, pemberian lisensi memungkinkan pemilik merek untuk membuka kunci nilai latennya dan memenuhi permintaan terpendam.

Melalui lisensi, merek memiliki kemampuan untuk memasuki kategori baru dalam hitungan bulan, mendapatkan kehadiran merek besar pada rak-rak toko dan sering di media. Perizinan juga memberi pemilik merek untuk mencoba bisnis baru yang potensial atau pasar geografis belum dimanfaatkan dengan risiko muka relatif kecil, hampir menghilangkan biaya yang terkait dengan bangunan dan kepegawaian operasi internal.

Keuntungan lain dari perizinan termasuk transfer pengetahuan dari satu sumber (penerima lisensi) ke yang lain (pemilik merek). Selain itu, pemilik merek mendapatkan akses ke spesifikasi operasi pemegang lisensi. Kemitraan ini memberikan pandangan dalam metodologi dan proses di seluruh organisasi penerima lisensi, banyak di antaranya mungkin lebih baik daripada di dalam organisasi pemilik lisensi itu sendiri.

Apakah perizinan mendorong pertumbuhan?

Lisensi, jika dilakukan dengan benar, akan mendorong pertumbuhan perusahaan dan mereknya di pasar yang belum dimanfaatkan terlepas dari ukurannya. Tindakan menyewakan merek ke pemegang lisensi meningkatkan kehadiran merek dan mendorong loyalitas merek melalui paparan konstan. Kombinasi ini mendorong pertumbuhan dan meningkatkan kesadaran.

Memperluas merek melalui lisensi memungkinkan pemilik merek untuk mendedikasikan fokus mereka terhadap bisnis inti mereka. Lisensi, pada gilirannya, dapat fokus pada pembuatan produk bermerek baru dalam kategori yang mereka miliki izin masuknya. Ini adalah aspek yang sangat menguntungkan dari perizinan yang mendasar bagi keberhasilannya.

Akankah perizinan mengurangi nilai suatu merek?

Sayangnya, manfaat perizinan telah dipertanyakan karena banyak cerita horor muncul. Lisensi tertentu telah mengeksploitasi kekayaan intelektual organisasi dan diperluas ke kategori yang tidak selaras. Sementara lisensi merek, ketika dilakukan dengan buruk, dapat memanifestasikan dirinya dalam penyimpangan, praktik-praktik tersebut tidak boleh dikaitkan dengan pemberian lisensi merek. Ini adalah kejadian langka ketika konsekuensi negatif tumbuh secara langsung dari perjanjian lisensi. Jadi, jangan biarkan pengalaman atau kesalahan orang lain mendikte keputusan untuk memperluas melalui lisensi.

Lisensi merek membangun ekuitas merek. Ini secara langsung terkait dengan platform strategis yang dapat diulang dan terukur. Dengan demikian, perizinan dapat menumbuhkan merek dalam berbagai cara dan tidak membatasi sumber daya perusahaan untuk inisiatif lain yang merupakan inti bisnis. Bersama-sama, perizinan memperkuat signifikansi merek dan memperkuat posisi organisasi di pasar.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: